• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Intip 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Agustus 2022

“Apel, buah jeruk, seledri, wortel dan sayuran hijau termasuk ke dalam makanan yang dapat menunjang kesehatan gigi dan mulut. Nutrisinya dapat melindungi gigi dan jaringan lunak dalam mulut.”

Intip 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan MulutIntip 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Halodoc, Jakarta – Gigi dan mulut dinyatakan sehat jika struktur jaringan gigi dan mulut dapat berfungsi secara optimal. Organ tersebut juga harus terbebas dari rasa sakit dan gangguan kesehatan.

Kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga dengan baik karena memengaruhi kondisi tubuh keseluruhan. Contohnya, saat gigi atau gusi terinfeksi, kuman penyebabnya bisa menyebar ke organ tubuh lewat pembuluh darah.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan sehat. Makanan yang bisa kamu konsumsi termasuk apel, jeruk, seledri, wortel dan sayuran hijau.

1. Apel

Kamu bisa terhindar dari sariawan, gusi berdarah hingga infeksi gusi (periodontitis) berkat kandungan vitamin C dalam buah apel. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen guna membentuk jaringan gusi yang kuat.

Tak sampai di situ saja, mengonsumsi satu apel setiap hari dapat membantu membersihkan plak gigi. Apel meningkatkan produksi air liur yang bisa menetralkan asam dari sisa makanan penyebab gigi berlubang.

2. Jeruk

Jeruk kaya vitamin C dan serat yang dapat memperkuat pembuluh darah dan jaringan pada gusi. Ini dapat menurunkan risiko sariawan, gusi berdarah dan kerusakan jaringan lunak pada mulut.

Vitamin C merupakan antioksidan yang berperan dalam mengurangi peradangan dengan membunuh bakteri penyebabnya. Ini bisa mencegah bau mulut dan membuat napas jadi lebih segar.

Tak hanya itu, vitamin C dalam jeruk dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan gusi akibat radikal bebas dari pemakaian tembakau. Ini bisa dilakukan oleh siapa saja, terutama jika kamu adalah perokok.

3. Seledri

Seledri adalah sayuran beraroma segar dengan rasa lembut dan sedikit pedas. Di dalamnya terkandung antioksidan alami berupa vitamin C dan E.

Seledri mentah bertekstur renyah. Mengunyah seledri mentah dapat merangsang kelenjar untuk memproduksi lebih banyak air liur. Ini berguna untuk menetralkan asam yang dihasilkan bakteri mulut.

Tekstur renyahnya juga dapat membantu menghilangkan plak dan sisa makanan di permukaan dan sela gigi. 

4. Wortel

Vitamin A dan antioksidan dalam wortel meningkatkan produksi air liur. Ini dapat menurunkan risiko gigi berlubang karena air liur membantu membilas asam yang menempel di gigi.

Wortel juga mengandung vitamin C yang membantu menjaga kesehatan gusi. Kandungannya lebih banyak didapatkan jika kamu mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

5. Sayuran Hijau

Bayam, brokoli, dan pakcoy mengandung tinggi kalsium yang dapat membantu membentuk enamel gigi. Enamel adalah lapisan terluar gigi yang berguna untuk membantu memelihara kesehatan gigi.

Sayuran hijau juga mengandung tinggi asam folat dan vitamin B. Kandungan keduanya efektif dalam membantu mengatasi peradangan dan penyakit pada gusi seperti sariawan, radang gusi, dan abses gusi.

Selain mengonsumsi makanan di atas, kesehatan gigi dan mulut dapat dijaga dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari. Lakukan selama dua menit setiap menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan ENAMELOCK, seperti Ciptadent Maxi 12 Plus.

Ciptadent Maxi 12 Plus mengandung fluoride yang mampu mengusir bakteri jahat pada gigi dan kandungan ENAMELOCK yang mampu melindungi gigi dari zat asam penyebab gigi berlubang.

Pasta gigi ini memberi perlindungan selama 12 jam. Jadi, kamu bebas mengonsumsi makanan yang disukai, terutama makanan manis tanpa khawatir masalah pada gigi.

Gigi kuat, gigi sehat dan tak perlu takut lubang dengan Ciptadent Maxi 12 Plus. Kamu bisa mendapatkannya dengan download Halodoc dan cari pasta gigi Ciptadent Maxi 12 Plus di Toko Kesehatan pada aplikasi tersebut. 

Sebelum beli produk Ciptadent, kamu bisa cek website resmi Ciptadent untuk bantu Ciptadent Kuatkan Indonesia di Rumah Kuat Ciptadent dan mendapatkan voucher berkonsultasi dengan dokter gigi dari, Halodoc lho!

Referensi:
University of Rochester Medical Center Rochester. Diakses pada 2022. The Best and Worst Foods for Your Teeth.
University of Illinois. Diakses pada 2022. The Best Foods For A Healthy Smile and Whole Body.