• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip 5 Manfaat Stroberi untuk Ibu Hamil dan Janin
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip 5 Manfaat Stroberi untuk Ibu Hamil dan Janin

Intip 5 Manfaat Stroberi untuk Ibu Hamil dan Janin

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 Agustus 2022

“Buah stroberi memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang diperlukan ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Misalnya merawat kesehatan jantung bumil dan baik untuk fungsi penglihatan janin kelak.”

Intip 5 Manfaat Stroberi untuk Ibu Hamil dan Janin

Halodoc, Jakarta – Ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi beragam buah-buahan yang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Salah satu buah yang harus masuk ke dalam daftar yaitu stroberi. Buah berwarna merah ini memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang diperlukan ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

Buah stroberi mengandung vitamin C. Nutrisi tersebut dapat membantu perkembangan  janin dan membantu ibu menyerap zat besi yang diperlukan dari makanan. Selain itu, buah yang memiliki rasa manis dan asam ini juga sumber karbohidrat yang baik yang dapat menambah energi pada ibu hamil.

Lantas, apa lagi ya manfaat stroberi untuk ibu hamil? Simak ulasan berikut ini!

Manfaat Stroberi untuk Ibu Hamil yang Sayang Dilewatkan

Dengan begitu banyak nutrisi penting yang terkandung di dalamnya, buah stroberi memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya:

1. Merawat Kesehatan Jantung Ibu Hamil

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa stroberi mengandung zat tertentu, yang  mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan mengurangi plak di arteri. Dengan begitu, mengkonsumsi stroberi saat hamil dapat mengurangi kemungkinan bumil mengalami masalah jantung dengan menjaga kesehatannya.

2. Meningkatkan Imunitas Ibu Hamil

Tingkat vitamin C dalam stroberi cukup besar. Ia bekerja untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai infeksi yang dapat terjadi saat hamil.

3. Mengandung Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Janin

Buah stroberi secara alami mengandung asam folat, vitamin C, dan mineral. Semuanya sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan janin yang sehat. Studi menunjukkan bahwa asam folat sebanyak 400 mcg diperlukan untuk mengurangi risiko cacat lahir hingga 50 persen. 

Selain itu, mengonsumsi makanan sumber vitamin C seperti buah stroberi dapat membantu penyerapan zat besi yang lebih baik, untuk membentuk sel darah merah pada janin. Sementara itu mineral yang juga terkandung di dalam stroberi baik untuk sistem kekebalan tubuh ibu dan janin guna mencegah serangan penyakit.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi sebanyak 3 gram stroberi saat hamil dapat menjaga kesehatan pencernaan. Dengan begitu ibu hamil dapat terhindar dari sembelit karena memiliki usus yang sehat.

5. Baik untuk Kesehatan Mata Ibu Hamil dan Janin

Buah stroberi juga banyak mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, khusus kornea dan retina mata. Dengan mengonsumsi buah stroberi saat hamil maka akan memperkuat kinerja kornea dan retina mata ibu, serta melindungi penglihatan janin.

Hal yang Perlu Diwaspadai saat Mengonsumsi Stroberi Selama Hamil

Ibu hamil perlu waspada pada beberapa hal sebelum mengonsumsi stroberi selama kehamilan, seperti:

  • Jika ibu alergi terhadap stroberi, maka sebaiknya hindari buah ini sebab bisa berbahaya bagi kehamilan. Biasanya, alergi stroberi terjadi pada orang yang memiliki alergi serbuk sari. Reaksinya dapat berupa peradangan dan gatal-gatal di tenggorokan atau mulut.
  • Stroberi merupakan salah satu buah yang mengandung pestisida dalam jumlah tinggi. Jadi sebaiknya pilih stroberi organik.

Selalu ingat untuk mencuci buah hingga bersih sebelum dikonsumsi. Jika ibu mengonsumi obat tertentu dan khawatir obat dapat bereaksi dengan stroberi, maka bicarakan pada dokter. 

Ibu juga dapat bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc tentang makanan yang harus dikonsumsi atau dihindari selama kehamilan. Tunggu apalagi? Download aplikasi Halodoc untuk saat-saat diperlukan!

Referensi:
Firstory Parenting. Diakses pada 2022. Eating Strawberries During Pregnancy – Is it Safe?
Mom Junction. Diakses pada 2022. Is It Safe To Eat Strawberry During Pregnancy?