• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip 8 Makanan Sehat yang Baik untuk Mata

Intip 8 Makanan Sehat yang Baik untuk Mata

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Intip 8 Makanan Sehat yang Baik untuk Mata

Mata tidak hanya jendela jiwa, tetapi juga alat indra yang digunakan untuk melihat dan membantu tubuh menjalankan fungsinya secara baik. Menjaga kesehatan mata bisa dimulai dari asupan makanan. Ikan, susu, sayuran hijau, daging-dagingan, adalah jenis makanan sehat untuk mata yang memberikan manfaat kesehatan.”

Halodoc, Jakarta – Mempertahankan diet yang seimbang dan sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan mata dan membantu mengurangi risiko mengalami gangguan mata tertentu. Kamu dapat menghindari gangguan kesehatan dengan mengonsumsi vitamin, nutrisi, dan mineral, yang dikenal sebagai antioksidan. 

Baca juga: Cari Tahu Lebih Dalam Penyakit Mata Digital

Selain antioksidan, kamu juga membutuhkan lutein, zeaksantin vitamin A, C, E, beta karoten, asam lemak omega-3, dan zinc. Yuk, intip makanan sehat untuk mata yang bisa kamu konsumsi di bawah ini!

1. Ikan

Ikan, khususnya salmon, bisa menjadi makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Salmon memiliki asam lemak omega-3 yang dapat berkontribusi pada perkembangan visual dan kesehatan retina di bagian belakang mata. Asam lemak omega-3 juga dapat membantu mencegah mata kering.

2. Telur

Telur adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk kesehatan mata. Kuning telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan zinc, yang semuanya penting untuk kesehatan mata. 

Baca juga: Suka Mengonsumsi Telur? Berikut 5 Kesalahan dalam Memasak Telur

Vitamin A melindungi kornea (permukaan mata). Lutein dan zeaxanthin menurunkan kemungkinan mendapatkan kondisi mata yang serius, seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak. Zink berkontribusi pada kesehatan retina (bagian belakang mata). Zinc juga membantu mata melihat di malam hari.

3. Almond

Seperti kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya, almond juga baik untuk kesehatan mata. Almond mengandung vitamin E yang menjaga molekul tidak stabil yang menargetkan jaringan sehat. Mengonsumsi vitamin E secara teratur dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia serta katarak. Kacang-kacangan dan biji-bijian lain yang mengandung vitamin E, termasuk biji bunga matahari, hazelnut, dan kacang tanah.

4. Produk Susu

Produk susu, seperti susu dan yoghurt juga baik untuk mata. Produk susu ini mengandung vitamin A serta zink. Vitamin A melindungi kornea sementara zink membantu membawa vitamin A dari hati ke mata. Zink penting untuk membantu penglihatan pada malam hari serta pencegahan katarak. Susu dari sapi yang diberi makan rumput memberikan manfaat paling banyak.

Baca juga: Ini 5 Kelebihan Susu Almond Dibanding Susu Lainnya

5. Wortel

Wortel terkenal baik untuk kesehatan mata. Seperti kuning telur, wortel memiliki vitamin A dan juga beta karoten. Vitamin A dan beta karoten membantu kesehatan permukaan mata dan juga dapat membantu mencegah infeksi mata dan kondisi gangguan mata serius lainnya.

6. Kale

Kale dikenal sebagai makanan super oleh banyak orang karena mengandung begitu banyak vitamin, nutrisi, dan mineral penting. Kale mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang juga ditemukan dalam telur dan makanan lainnya. 

Nutrisi ini dapat membantu mencegah kondisi mata yang serius, seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak. Lutein dan zeaxanthin tidak dibuat di dalam tubuh, jadi kamu hanya bisa mendapatkannya melalui makanan. 

7. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C, yang merupakan kunci kesehatan mata. Vitamin C berkontribusi pada kesehatan pembuluh darah di mata yang dapat memerangi perkembangan katarak. Selain itu, dalam kombinasi dengan vitamin dan nutrisi lain, vitamin ini juga dapat menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia.

8. Daging-dagingan

Daging sapi dan ayam mengandung zinc yang baik untuk mata. Zinc berfungsi untuk membawa vitamin A dari hati ke retina, di mana zinc akan digunakan untuk membuat pigmen pelindung melanin. Selain daging, tiram juga memiliki potensi yang sama untuk memberikan manfaat bagi kesehatan mata.

Jika kamu merasa kualitas penglihatan, kamu bisa hubungi dokter di Halodoc. Kamu bisa tanyakan apa yang menjadi penyebabnya dan solusi untuk mengatasinya. Download Halodoc diponselmu sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Best Foods for Healthy Eyes
WebMD. Diakses pada 2021. How to Keep Your Eyes Healthy