24 September 2018

Intip Berbagai Manfaat Kesehatan di Balik Cumi-Cumi

manfaat cumi-cumi

Halodoc, Jakarta – Selain ikan dan udang, makanan laut lainnya yang juga menjadi favorit banyak orang adalah cumi-cumi. Tekstur yang kenyal yang menjadi ciri khasnya serta rasa yang gurih bila diolah dengan bumbu-bumbu yang sedap menjadi alasan para penggemar seafood tergila-gila dengan makanan laut yang satu ini. Enggak hanya dihidangkan dalam bentuk aslinya, sekarang ini camilan ringan yang terbuat dari cumi-cumi juga sedang populer dan banyak digemari. Namun di balik rasanya yang enak, cumi-cumi ternyata juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Yuk, cari tahu apa saja manfaat cumi-cumi di sini.

1. Membangun Otot

Cumi-cumi termasuk salah satu jenis makanan yang kaya akan protein. Maka dari itu banyak manfaat makan cumi yang bisa kamu rasakan. Dalam setiap 100 gram cumi-cumi, terdapat 16 gram protein yang bisa memenuhi 30 persen dari kebutuhan harian pria dewasa. Protein merupakan nutrisi yang berperan penting dalam membangun dan membentuk otot yang sehat. Buat kamu yang sedang diet, protein juga bisa membantu kamu mengontrol nafsu makan. Hal ini karena tubuh membutuhkan beberapa saat untuk mencerna protein, sehingga perut pun akan terasa kenyang lebih lama.   

2. Menurunkan Kolesterol

Cumi-cumi juga sehat untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan lemak dan kalori yang sangat rendah. Total lemak dalam 100 gram cumi-cumi hanya sebanyak 1,2 gram. Itupun sebagian besarnya merupakan lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh. Lemak tak jenuh merupakan nutrisi penting yang perlu kamu masukkan menjadi bagian pola makan sehat sehari-hari. Salah satu asam lemak tak jenuh yang bagus untuk tubuh yang terdapat dalam cumi-cumi adalah omega-3. Berkat kandungan tersebut, manfaat cumi-cumi yang bisa kamu dapatkan, antara lain mengurangi kolesterol tinggi, meningkatkan kolesterol baik, dan menjaga kesehatan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Enggak hanya itu saja, lemak tak jenuh juga berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Nutrisi ini juga diperlukan untuk membantu tubuh menyerap jenis-jenis vitamin yang larut dalam lemak, misalnya vitamin A, D, E, dan K.

3. Sehat bagi Jantung

Selain menurunkan kolesterol, manfaat makan cumi-cumi juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan tembaga dalam cumi-cumi baik untuk metabolisme zat besi dan pembentukan sel darah merah.

4. Memenuhi Kebutuhan Vitamin Harian Tubuh

Karena mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap, mengonsumsi cumi-cumi cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian kamu. Mulai dari vitamin A, B6, B12, C, dan E, sampai mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan sodium, semua ada dalam cumi-cumi. Vitamin dan mineral sangat penting untuk perkembangan dan kesehatan tubuh.

5. Melancarkan Pencernaan

Kandungan vitamin yang lengkap dalam cumi-cumi juga bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan. Beberapa kandungan dalam cumi-cumi yang diperlukan tubuh untuk kesehatan pencernaan dan dapat menambah nafsu makan adalah niasin (vitamin B3) dan riboflavin (vitamin B2).

6. Rendah Merkuri

Bahaya merkuri yang ada dalam beberapa jenis seafood memang membuat banyak orang jadi merasa was-was bila ingin mengonsumsi hidangan laut. Pasalnya, merkuri dapat memberi dampak buruk pada sistem saraf tubuh. Namun, Badan Perlindungan Amerika Serikat (EPA) sudah menyatakan bahwa kandungan merkuri dalam cumi-cumi cukup rendah sehingga aman untuk dikonsumsi.

Aturan Sehat Makan Cumi-cumi

Walaupun kandungan nutrisi dalam cumi-cumi bisa dibilang baik untuk tubuh, tetapi bukan berarti kamu boleh mengonsumsi makanan laut ini secara berlebihan. Pasalnya, cumi-cumi sering diolah dengan cara yang tidak sehat, misalnya digoreng tepung, digoreng dalam minyak yang banyak, dan lain-lain. Hasilnya, kandungan kalori dan lemak dalam cumi-cumi meningkat menjadi dua kali lipat. Kandungan kolesterol dalam cumi-cumi pun cukup tinggi dan sudah bisa memenuhi kebutuhan kolesterol harianmu. Karena itu, mengonsumsi cumi-cumi terlalu banyak malah bisa meningkatkan kolesterol dan kamu berisiko terkena penyakit jantung. Jadi, batasi lah konsumsi cumi-cumi dalam jumlah yang cukup dan olah cumi-cumi dengan cara yang sehat. Dengan begitu kamu baru bisa merasakan manfaat makan cumi-cumi bagi kesehatan tubuh.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar nutrisi makanan tertentu, tanyakan saja kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: