Intip Perawatan Alami Wajah dan Rambut untuk Pesta Natal

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Intip Perawatan Alami Wajah dan Rambut untuk Pesta Natal

Halodoc, Jakarta - Natal selalu datang dengan membawa sukacita di hati setiap orang yang merayakannya. Pesta Natal pun menjadi tradisi yang tak pernah terlewat setiap tahunnya. Tatanan rambut cantik dipadu riasan wajah ciamik menjadi hal yang wajib melekat dalam diri setiap wanita yang ingin tampil maksimal di perayaan Natal. Namun, alih-alih mengandalkan make-up, mengapa tidak coba melakukan perawatan wajah untuk Natal yang alami saja?

Selain praktis karena dapat dilakukan di rumah, kapan dan di mana saja, perawatan alami untuk wajah dan rambut kian diminati lantaran minim akan risiko gangguan kesehatan. Salah satu perawatan alami yang belakangan ini sedang naik daun adalah minyak esensial atau essential oil. Nah, salah satu minyak esensial yang memiliki segudang manfaat untuk wajah dan rambut, yang cocok digunakan sebagai perawatan wajah dan rambut untuk Natal, adalah peppermint oil.

Ya, peppermint oil merupakan salah satu jenis essential oil yang dapat digunakan untuk keperluan medis, aromaterapi, kuliner, hingga perawatan tubuh. Tak heran, minyak ini banyak ditemukan dalam berbagai macam produk kecantikan. Nah, bagi kamu yang ingin melakukan perawatan wajah dan rambut jelang Natal dengan menggunakan peppermint oil, yuk simak beberapa manfaat peppermint oil dan cara menggunakannya berikut ini!

1. Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Peran peppermint oil dalam menjaga kesehatan bibir telah lama diakui dalam dunia kecantikan. Hal ini dibuktikan dengan betapa seringnya minyak esensial ini digunakan sebagai bahan campuran lip balm. Peppermint oil memiliki kemampuan untuk menenangkan, mendinginkan, serta menyembuhkan bibir yang pecah-pecah. Selain itu, minyak ini juga dapat memperlancar peredaran darah pada bibir, sehingga bibir dapat tampak merah alami.

Cara pengaplikasiannya pun mudah, seperti menggunakan lip scrub atau lip balm pada umumnya. Cukup campurkan 12 tetes peppermint oil dengan 3 sendok makan cocoa butter, dan 2 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada bibir dan biarkan meresap selama beberapa menit.

2. Mengurangi dan Mencegah Timbulnya Jerawat

Memiliki jerawat membandel tentu sangat menjengkelkan, bukan? Tenang, peppermint oil bisa menjadi solusinya, lho. Secara alami, peppermint memiliki kandungan antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan pada jerawat, mengontrol sebum pada kulit, sekaligus mengecilkan jerawat.

Bagi kamu yang ingin tampil cantik di pesta Natal tanpa jerawat membandel, kamu bisa membuat racikan 3 tetes peppermint oil, 3 tetes tea tree oil, dan seperempat cangkir aloe vera gel, aduk hingga rata lalu aplikasikan pada wajah secara merata, seperti masker. Jika hanya punya peppermint oil, kamu juga bisa mengaplikasikannya langsung pada area yang berjerawat secara berkala.

3. Mengatasi Kulit Berminyak

Salah satu keunggulan yang dimiliki peppermint oil adalah sifatnya yang cocok dengan jenis kulit apapun. Bahkan, jika digunakan pada kulit berminyak atau kombinasi, peppermint oil dapat cukup berguna untuk mengurangi minyak di kulit, lho. Hal ini dikarenakan peppermint memiliki kandungan astringent, yang berfungsi sebagai pengecil pori-pori, sekaligus mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit.

Untuk menggunakannya, kamu bisa menuangkan peppermint oil pada kapas, lalu usapkan perlahan pada keseluruhan wajah. Setelah itu, lanjutkan dengan penggunaan pelembap dan skin care lainnya. Manfaat ini juga dapat kamu rasakan dengan menggunakannya sebagai masker. Caranya, campurkan 5 mililiter peppermint oil yang sudah diencerkan, dengan parutan timun dan green clay. Aduk hingga merata dan gunakan pada wajah sebanyak 2 kali seminggu.

4. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut

Rambut rontok merupakan salah satu masalah rambut yang cukup banyak dialami wanita, terutama yang berambut panjang. Untungnya, selain menyumbang berbagai manfaat untuk wajah, peppermint oil yang digunakan sebagai perawatan wajah untuk Natal juga dapat meningkatkan aliran darah pada kulit kepala, dan memberikan stimulasi pada folikel rambut untuk mempercepat pertumbuhan rambut

Untuk merasakan khasiat ini, kamu cukup mencampurkan 5 tetes peppermint oil dengan 90 mililiter minyak kelapa, lalu pijatkan campuran ini pada kulit kepala selama 3 menit. Setelah terdistribusi dengan baik pada kulit kepala, diamkan selama 1-2 jam sebelum dibilas menggunakan sampo hingga bersih. Jika digunakan secara rutin, minyak peppermint yang meresap pada kulit kepala dapat menutrisi rambut, memperkuat rambut dari akarnya, sehingga mengatasi masalah rambut rontok yang dialami.

5. Melembapkan Rambut

Selain rontok, kamu yang memiliki masalah dengan rambut kering dan rusak, dapat menggunakan peppermint oil untuk melembapkan rambut secara alami, lho. Minyak ini dapat mengunci kelembapan sehingga rambut akan lebih lembap dan tampak lebih sehat. Untuk menggunakannya, campurkan peppermint oil dengan carrier oil, lalu aplikasikan pada rambut. Bungkus rambut menggunakan shower cap dan handuk hangat selama 20-30 menit agar campuran minyak dapat meresap dengan baik, lalu bilas hingga bersih. kamu juga bisa mengaplikasikan campuran ini pada kulit kepala untuk mendapatkan kulit kepala dan rambut yang lebih ternutrisi.

Itulah sedikit penjelasan tentang jenis-jenis perawatan alami wajah dan rambut dengan menggunakan peppermint oil, yang bisa kamu lakukan untuk menyambut pesta Natal. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!

Baca juga: