• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip Tips dari Negara paling Bahagia di Dunia

Intip Tips dari Negara paling Bahagia di Dunia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Intip Tips dari Negara paling Bahagia di Dunia

Halodoc, Jakarta – Baru-baru ini, laporan daftar negara paling bahagia dirilis dan diumumkan secara luas. Dari survei yang dilakukan tersebut, diketahui Finlandia berada di peringkat pertama alias menjadi negara paling bahagia di dunia. Menariknya, negara ini ternyata sudah 4 tahun berturut-turut dinobatkan sebagai negara paling bahagia. Di peringkat selanjutnya, ada Islandia, Denmark, Swiss, dan Belanda. Lantas, apa rahasia bahagia dari negara-negara tersebut? 

Melansir CNN, ternyata salah satu faktor yang menjadikan penduduk negara tersebut bahagia adalah rasa percaya. Pada 2021, pandemi COVID-19 menjadi salah satu indikator dalam menentukan tingkat kebahagian. Nah, masyarakat yang ada di negara-negara tersebut katanya memiliki rasa saling percaya yang tinggi, termasuk percaya pada pemerintah. Hal itulah yang disebut “melindungi” masyarakat dari pandemi dan membuat bahagia. Selain itu, apa lagi rahasia untuk hidup bahagia? 

Baca juga: Bahagia Kunci Panjang Usia bagi Orang Tua

Rahasia Hidup Bahagia 

Rasa saling percaya disebut menjadi salah satu hal yang penting dan bisa membuat bahagia. Jika rasa percaya menjadi rahasia hidup bahagia di beberapa negara, lantas apa lagi rahasia hidup bahagia lainnya yang bisa coba diterapkan? 

1.Ketahui Hal yang Perlu Dilakukan 

Salah satu kunci hidup bahagia adalah mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan. Selain itu, hindari aktivitas atau sesuatu yang bisa membuat hidup menjadi kurang bahagia. Dengan mengetahui apa yang ingin dilakukan dan manfaatnya, hidup seseorang cenderung akan lebih bahagia. 

2.Kelola Stres 

Mengelola stres dengan baik juga penting dilakukan agar hidup lebih bahagia. Kamu bisa mencoba melakukan beberapa aktivitas untuk menurunkan stres, seperti berolahraga, meditasi, yoga, atau melakukan hal yang disukai. 

Baca juga: 5 Cara Menjadi Bahagia di Masa Sulit

3.Tingkatkan Rasa Percaya Diri 

Rasa percaya diri adalah gambaran perasaan terhadap diri sendiri, termasuk yang berkaitan dengan penampilan. Nah biar lebih bahagia, kamu bisa mencoba untuk meningkatkan rasa percaya diri dan cobalah untuk memperlakukan dan menghargai diri sendiri. 

4.Mengenali Diri Sendiri 

Tidak ada yang bisa mengenali diri lebih baik dari pada diri sendiri. Setelah mengenali diri sendiri dan mengetahui hal yang diinginkan, cobalah untuk melakukan atau memenuhinya agar hidup menjadi lebih bahagia.

5.Buat Kenangan yang Positif 

Selalu mengingat kenangan yang buruk bisa memengaruhi suasana hati dan membuat seseorang rentan merasa tidak bahagia. Maka dari itu, salah satu tips hidup bahagia adalah coba membuat kenangan yang positif. Dengan begitu, ingatan yang positif akan membuat perasaan lebih senang dan baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

6.Terapkan Gaya Hidup Sehat 

Percaya atau tidak, gaya hidup yang dijalani ternyata bisa memengaruhi tingkat kebahagiaan dalam hidup. Tubuh yang sehat dan bugar bisa menunjang aktivitas dan hal ini juga memengaruhi suasana hati menjadi lebih baik. Biar selalu bahagia, cobalah untuk menerapkan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat, batasi asupan minuman beralkohol, serta cukup istirahat di malam hari. Lengkapi gaya hidup sehat dengan konsumsi multivitamin atau suplemen khusus. 

Baca juga: Tingkat Kebahagiaan Seseorang Ternyata Ditentukan Usia

Biar lebih mudah, beli vitamin atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc saja. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu kurang dari satu jam tanpa harus keluar rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

Referensi:
CNN. Diakses pada 2021. This country has just been named the happiest in the world. 
Psychology Today. Diakses pada 2021. How to Be Happy: 23 Ways to Be Happier. 
NHS UK. Diakses pada 2021. How to be happier.