• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Isotretinoin: Obat Khusus untuk Mengatasi Jerawat Parah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Isotretinoin: Obat Khusus untuk Mengatasi Jerawat Parah

Isotretinoin: Obat Khusus untuk Mengatasi Jerawat Parah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 Agustus 2022

“Isotretinoin adalah obat yang digunakan untuk mengobati jerawat kistik parah atau juga dikenal sebagai jerawat nodul. Obat ini diberikan bila obat lain seperti benzoil peroksida, klindamisin, tetrasiklin, atau minosiklin tidak memberikan respons.”

Isotretinoin: Obat Khusus untuk Mengatasi Jerawat ParahIsotretinoin: Obat Khusus untuk Mengatasi Jerawat Parah

Halodoc, Jakarta – Isotretinoin adalah obat khusus yang digunakan untuk mengatasi jenis jerawat nodul yang parah parah. Biasanya  obat ini digunakan setelah obat jerawat lain atau antibiotik tidak berhasil. 

Isotretinoin juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit lainnya sesuai dengan rekomendasi dokter. Isotretinoin tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan ataupun sedang berencana memiliki anak. Informasi selengkapnya mengenai isotretinoin sebagai obat khusus untuk mengatasi jerawat parah, bisa dibaca di sini!

Manfaat Isotretinoin untuk Mengatasi Jerawat Parah

Tadi sudah disinggung bahwa isotretinoin adalah obat yang digunakan untuk mengobati jerawat kistik parah atau juga dikenal sebagai jerawat nodul. Obat ini diberikan bila obat lain seperti benzoil peroksida, klindamisin, tetrasiklin,  atau minosiklin tidak memberikan respons.

Isotretinoin bekerja dengan mengurangi produksi minyak wajah (sebum). Jumlah sebum yang tinggi dapat menyebabkan jerawat parah. Jika tidak diobati, jerawat parah dapat menyebabkan jaringan parut permanen.

Isotretinoin digunakan sesuai dengan resep dan petunjuk dokter. Isotretinoin biasanya diminum dua kali sehari selama 15 – 20 minggu. Sebaiknya obat ini dikonsumsi setelah makan. Makanan membantu meningkatkan penyerapan obat ke dalam aliran darah. 

Jerawat mungkin memburuk selama beberapa hari pertama minum obat ini, dan mungkin perlu waktu hingga 1-2 bulan sebelum kamu melihat manfaat penuh dari obat ini. Jika jerawat parah kembali, pengobatan kedua dapat dimulai setelah kamu berhenti minum obat selama 2 bulan. Isotretinoin tidak direkomendasikan untuk digunakan jangka panjang dan jangan mengambil lebih dari dosis yang dianjurkan.

Efek Samping Isotretinoin, Bibir Kering sampai Gangguan Mood

Efek samping dari mengonsumsi isotretinoin adalah bibir dan mulut kering, pembengkakan kecil pada kelopak mata atau bibir, kulit berkerak, mimisan, sakit perut, atau penipisan rambut. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau malah memburuk, beri tahu dokter sesegera mungkin.

Untuk mengatasi efek samping dari konsumsi isotretinoin bisa dilakukan dengan beberapa cara tergantung dari dampaknya. Untuk meredakan mulut kering, hisap permen tanpa gula atau minum air yang banyak.

Beri tahu dokter jika kamu mengalami efek samping yang serius, termasuk perubahan mental/suasana hati (seperti depresi, kecemasan, pikiran untuk bunuh diri), rasa kesemutan di kulit, nyeri punggung/sendi/otot, tanda-tanda infeksi (seperti sakit tenggorokan yang tidak kunjung hilang, demam), nyeri menelan, kulit telapak tangan/kaki mengelupas.

Isotretinoin mungkin jarang menyebabkan penyakit pankreas (pankreatitis) yang mungkin jarang berakibat fatal. Berhenti minum obat ini dan konsultasikan ke dokter bila kamu mengalami sakit perut parah, mual/muntah yang parah atau tidak berhenti.

Isotretinoin adalah turunan vitamin A yang dikenal sebagai retinoid. Tubuh bisa bereaksi terhadap obat ini mirip dengan bagaimana ia bereaksi terhadap vitamin A. Karena vitamin A dapat menumpuk di jaringan dengan cepat, ini bisa menyebabkan masalah. Ketika kamu mengonsumsi isotretinoin, kamu tidak boleh mengonsumsi suplemen vitamin A.

Isotretinoin tersedia dalam berbagai merek, termasuk Absorica, Amnesteem, Claravis, Myorisan, dan Sotret.  Isotretinoin memang dirancang untuk mengobati jerawat parah dengan menyasar pada:

  • Pori-pori yang tersumbat.
  • Bakteri penyebab jerawat.
  • Peradangan pada kulit.
  • Produksi minyak berlebih.

Itulah informasi mengenai isotretinoin serta bagaimana obat ini bekerja mengatasi jerawat parah. Kalau kamu punya masalah kulit, terutama kulit berjerawat, konsultasikan saja ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Are the Side Effects of Isotretinoin (Accutane) on the Body?
WebMD. Diakses pada 2022. Isotretinoin Capsule: Uses, Side Effects, and More.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Isotretinoin (Oral Route).