Istri dan Anak Sakit, Inilah yang Dapat Dilakukan Ayah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Istri dan Anak Sakit, Inilah yang Dapat Dilakukan Ayah

Halodoc, Jakarta - Ketika satu orang anggota keluarga yang sakit, misalnya anak, ibu dan ayah tentu sangat merasa panik. Lalu bagaimana jika ibu dan anak-anak sakit secara berbarengan? Seperti yang sedang dialami keluarga artis dan sutradara, Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo. Menurut pemberitaan berbagai media, Zaskia beserta keempat anaknya sedang mengalami sakit hingga harus dirawat di rumah sakit. Tentu ini akan menjadi sebuah tantangan bagi ayah. Inilah saatnya peran ayah diuji. 

Mungkin selama ini ayah lebih mengandalkan ibu ketika ayah sedang sakit, dan ingin sekali jika ibu yang merawatnya dan memasakkan makanan khusus. Namun, kini giliran ibu dan anak-anak. Jika ini pertama kalinya, mungkin ayah akan panik dan bingung harus berbuat apa. Tidak perlu bingung, ini yang dapat ayah lakukan untuk merawat ibu dan anak yang sakit berbarengan:

1. Beritahu Semua Orang dan Ambil Cuti

Saat istri dan anak-anak sakit bertepatan dengan hari kerja, maka sebaiknya ayah mengambil cuti. Beritahu semua orang yang kira-kira memiliki kepentingan bahwa ayah sedang fokus merawat istri dan anak yang sedang sakit berbarengan. Ayah tidak perlu khawatir, orang-orang akan memaklumi, pesan, telepon, dan email bisa menunggu. 

Baca juga: Ini Penyebab dan Atasi Kejang Demam pada Anak

2. Rawat Istri dan Anak

Inilah saatnya ayah melakukan apa yang pernah ibu lakukan saat ayah sakit. Pastikan istri dan anak-anak sudah makan dan minum sesuai kebutuhannya, entah itu ayah yang memasaknya atau memesan makanan secara online. Perhatikan pantangan makanan dan nutrisinya. Pastikan mereka beristirahat dengan cukup. Sementara mereka beristirahat, ayah dapat membersihkan rumah, seperti menyapu atau mencuci piring. Karena rumah yang bersih akan membuat istri dan anak yang sakit menjadi lebih nyaman. 

3. Minta Bantuan

Jika ayah merasa kewalahan merawat seorang diri istri dan anak-anak yang sakit berbarengan, cobalah minta bantuan keluarga, kerabat, atau teman. Jangan ragu untuk meminta bantuan orangtua, mertua, kakak-adik, atau bahkan ipar. Jangan memaksakan diri jika ayah tidak sanggup sendiri. Ketika bala bantuan datang, maka ayah adalah “kaptennya”. Ayahlah yang akan mengatur dan orang-orang yang membantu yang akan turun tangan.

Baca juga: Jadi Bapak Rumah Tangga? Kenapa Tidak

4. Hubungi Dokter

Ayah tidak hanya memerlukan bantuan tenaga dari orang-orang terdekat. Tentu ayah juga sangat membutuhkan saran dari dokter mengenai perawatan hingga pengobatan. Ayah juga harus tahu gejala atas penyakit apakah yang sedang dialami oleh istri dan anak-anak.

Untungnya, kini menghubungi dokter bisa sangat praktis hanya dengan Halodoc. Sebelum harus ke rumah sakit, tanyakan terlebih dahulu penyakit apa yang sedang dialami istri dan anak-anak sekarang. Tanyakan pula resep obat yang tepat untuk rawat jalan. Yuk, download aplikasinya sekarang!

5. Jangan Ikut Sakit

Di saat istri dan anak-anak sakit, ayah sebaiknya jaga kesehatan dengan baik supaya tidak ikut sakit. Mungkin memang agak melelahkan ketika harus merawat istri dan anak-anak yang sakit. Itulah pentingnya menjaga rumah selalu bersih. Cucilah tangan sesering mungkin, hindari kontak dekat dan berbagai peralatan makan dengan istri dan anak-anak.

Baca juga: Awas, Demam Tinggi pada Anak Menandai 4 Penyakit Ini

6. Cegah Sakit Sejak Awal

Ayah dapat menjadikan pengalaman ini sebagai pelajaran saat harus merawat beberapa orang yang sakit di rumah. Ingat dan lakukan apa yang berhasil jika ada kemungkinan hal seperti ini terjadi lagi. Namun, hal yang paling penting adalah cegah sakit sejak awal. 

Ketahui apa saja pemicu terjadinya penyakit, apakah faktor cuaca, virus, dan lainnya. Siapkan beberapa suplemen vitamin sebagai penangkal di rumah. Ingatkan setiap anggota keluarga untuk banyak minum. Perhatikan pula kebersihkan tubuh dan area lingkungan rumah. 

Referensi:
Parents. Diakses pada 2020. 'Sick Kids Dad Strong' Ad Shows Being A Father Is A Full-Time Job