Jadi Little Mermaid, Halle Bailey Mesti Jaga Kesehatan Mental

Jadi Little Mermaid, Halle Bailey Mesti Jaga Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta - Semenjak beberapa tahun belakangan, Disney sedang gencar melakukan remake film kartun mereka ke dalam bentuk live action. Berkat kesuksesan Beauty and The Beast, dan Aladdin, Disney akhirnya merambah ke film-film lain kartun lainnya. Melansir Hollywood Reporter, proyek The Little Mermaid versi live action akhirnya menemukan bintang utamanya, Halle Bailey. 

Menurut sang sutradara Rob Marshall, Bailey adalah sosok yang dinilai cukup kompeten dalam memerankan Ariel. Tidak bisa dipungkiri bahwa ia memiliki kemampuan menyanyi yang cukup baik dan memiliki kombinasi karakter yang penuh semangat, baik hati, muda nan polos yang merupakan kualitas intrinsik yang diperlukan untuk memainkan peran ikonik ini. 

Baca Juga: 5 Selebriti yang Bertarung Melawan Depresi 

Ujaran Rasisme untuk Halle Bailey

Meski jadwal pembuatan film baru dilakukan tahun depan, namun komentar negatif terhadap keputusan ini mulai berdatangan. Melihat kolom komentar di Instagram miliknya banyak ditemukan ujaran rasisme untuknya. Banyak di antara penggemar Little Mermaid mengaku tidak setuju dipilihnya Bailey yang berkulit hitam. 

Seperti yang diketahui, selama ini Ariel digambarkan sebagai gadis kulit putih dengan mata biru dan rambut merah.

Terpilihnya Halle yang merupakan wanita kulit hitam ini pun tentunya menimbulkan polemik tersendiri. Sebagian besar penggemar mengklaim jika mereka tidak ingin rasis atau mempermasalahkan warna kulit. Hanya saja, mereka menilai jika Disney mengubah total karakter Ariel dan membuatnya kehilangan identitas.

Baca Juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Meski Sedang Stres 

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Bailey dalam Menanggapi Komentar Rasisme?

Memang bukan kali pertama isu rasisme menjadi polemik di negara-negara Barat. Di Amerika Serikat, masalah-masalah rasial memegang peran kunci dalam kehidupan bernegara. Bahkan meskipun Amerika Serikat pernah memiliki presiden dari keturunan kulit hitam, masalah ini masih tetap saja terjadi. Hal yang disayangkan kali ini menimpa selebriti muda berbakat seperti Halle Bailey, yang dapat mempengaruhi mentalnya. 

Menyampaikan kritik sebaiknya dilakukan dengan cara yang baik, sebab kritik berpengaruh pada mental dan jiwa seseorang, yang juga berpengaruh pada pikiran, semangat, dan masa depannya. Berikut ini adalah beberapa efek kesehatan mental yang bisa terjadi akibat penyampaian kritik yang tidak tepat: 

  • Membuat kecil hati.

  • Membuat tekanan mental.

  • Menimbulkan perselisihan.

  • Mengurangi rasa semangat.

  • Menyebabkan gangguan kecemasan.

Untuk menghindari efek negatif dari ujaran rasisme ini, banyak hal yang bisa dilakukan. Seperti mengikuti trik dari Selena Gomez yang meng-uninstall akun Instagram pribadinya. Menurut Selena, hal ini benar-benar tidak sehat, dan ia secara pribadi untuk orang-orang muda lain yang kerap menghabiskan seluruh waktu mereka menanggapi semua komentar yang dilayangkan padanya. Selena mengaku bahwa ini memengaruhinya dan membuatnya depresi. Hal ini membuatnya merasa tidak baik tentang citra dirinya jadi terpengaruh. 

Sementara itu cara lain yang bisa dilakukan Bailey untuk menjaga kesehatan mental di tengah ujaran kritik pedas untuknya antara lain:

  • Berlatih bersyukur.

  • Meditasi.

  • Menulis jurnal.

  • Rutin olahraga.

  • Travelling.

Baca Juga: Sering ke Pantai Bagus untuk Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya

Kesehatan mental memang memiliki andil besar dalam hidup seseorang, oleh karena itu kita semua harus berhati hati dalam mengkritik. Kritik yang kita sampaikan harus bermakna dan cerdas, bukan yang menghina atau menyalahkan. 

Itulah beberapa beberapa tips untuk meningkatkan kesehatan mental di tengah kritikan. Jika kamu menginginkan saran dari spesialis, kamu juga bisa berdiskusi pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa diskusikan hal ini dengan dokter di Halodoc via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat kamu terima dengan praktis dengan download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga!