• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jaga Asam Urat Normal dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Jaga Asam Urat Normal dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Jaga Asam Urat Normal dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

“Cara menurunkan atau mengontrol kadar asam urat tidak harus melalui konsumsi obat-obatan. Sebab terdapat beberapa makanan yang diduga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Contohnya, makanan yang kaya akan vitamin C, E, dan antioksidan.”

Halodoc, Jakarta – Sudah tahu kalau pengidap asam urat tak boleh asal dalam mengonsumsi makanan? Pasalnya, terdapat makanan yang diduga memicu asam urat, terutama makanan yang banyak mengandung purin. Contohnya, seperti sayur bayam jeroan, atau pula beberapa aneka seafood. 

Kabar baiknya, ada pula beberapa makanan yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kadar asam urat agar tetap normal. Bahkan, makanan-makanan tersebut juga dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Nah, mau tahu apa saja makanan yang dapat menjaga kadar asam urat agar tetap stabil? Berikut ulasan selengkapnya.

Baca juga: Ini Batas Kadar Asam Urat yang Normal Bagi Pria

1. Buah-buahan

Buah-buahan menjadi makanan yang baik dikonsumsi oleh pengidap asam urat. Pengidapnya disarankan untuk mengasup buah-buahan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, kiwi, ceri, lemon, dan tomat.

Menurut penelitian, vitamin C dapat membantu mengurangi  kadar asam urat dalam tubuh, dengan cara menghancurkan asam urat dan mengeluarkannya bersama urine.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam buah apel dan beri juga bermanfaat bagi pengidap asam urat. Buah beri seperti stroberi dan blueberry memiliki sifat antiinflamasi, yang mampu mengendalikan peradangan (inflamasi) pada sendi.

Sementara itu, buah apel mengandung malic acid yang dapat membantu menetralisir asam urat. Menariknya lagi, apel juga bisa mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan ketika asam urat kambuh.

2. Teh Hijau

Teh hijau juga baik dikonsumsi bagi mereka yang mengidap asam urat. Menurut penelitian kandungan antioksidan bernama katekin dalam teh hijau mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh. Menariknya lagi, teh hijau juga bisa mengeluarkan kristal asam urat dan meluruhkan batu dalam ginjal.

Baca juga: Cara Tepat Mencegah Asam Urat Kambuh

3. Kacang Pinto dan Kuaci

Kacang-kacangan seperti pinto dan kuaci juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar asam urat. Kacang pinto banyak mengandung asam folat yang dipercaya efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami. Sama halnya dengan kuaci atau biji bunga matahari, makanan ini juga kaya asam folat.

Hal yang perlu ditegaskan, kacang-kacangan yang aman dikonsumsi oleh pengidap asam urat hanya kacang pinto dan kuaci saja. Sebab, kacang-kacangan lainnya justru bisa memicu naiknya kadar asam urat.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga memiliki keistimewaan dalam menurunkan kadar asam urat. Minyak ini mengandung vitamin E dan antioksidan yang bisa meredakan peradangan. Di samping itu, vitamin E juga memiliki peran vital dalam mengendalikan level asam urat.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.  Menurut penelitian, omega-3 dalam salmon mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Menariknya lagi, jenis ikan rendah asam lemak jenuh, seperti salmon bisa menurunkan asam urat maupun kolesterol dalam tubuh. Ingat, konsumsilah ikan salmon, bukan ikan jenis lainnya. Sebab, beberapa ikan cenderung mengandung purin yang cukup tinggi. 

Baca juga: Idap Hipertensi Berisiko Tinggi Alami Penyakit Asam Urat

Mau tahu makanan lain yang baik dikonsumsi oleh pengidap asam urat, atau cara mengatasi asam urat lainnya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

Kamu juga bisa membeli obat atau vitamin untuk mengatasi asam urat melalui aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu repot keluar rumah. Sangat praktis, bukan? 

Referensi:

US National Library of Medicine – National Institutes of Health. Diakses pada 2021. Effects of Green Tea Extract on Serum Uric Acid and Urate Clearance in Healthy Individuals.
Healthline. Diakses pada 2021. Best Diet for Gout: What to Eat, What to Avoid.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Gout diet: What’s allowed, what’s not.
Verywell Health. Diakses pada 2021. Using Natural Remedies for Gout.
Healthline. Diakses pada 2021. Natural Home Remedies for Gout.