Jaga Kadar Kolesterol, Coba 6 Menu Berbuka Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Kadar Kolesterol, Menu Berbuka, Puasa

Halodoc, Jakarta - Jika seseorang sedang berpuasa, berarti mereka sedang menahan diri dari haus, lapar, serta amarah sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Bagi pengidap kolesterol yang juga menjalani ibadah ini, berikut menu berbuka puasa yang bisa dicoba.

Baca juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Kurma saat Berbuka Puasa

Ini Menu Buka Puasa untuk Jaga Kadar Kolesterol

Pengidap kolesterol disarankan untuk memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi saat berpuasa, guna menghindari peningkatan kolesterol. Ibadah puasa merupakan kegiatan yang banyak memberikan manfaat. Pasalnya, dengan berubahnya pola makan saat berpuasa, maka akan memberi peluang mengurangi penumpukan kolesterol dalam darah. Berikut menu makanan yang bisa kamu konsumsi guna jaga kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Ayam

Ayam tanpa kulit bisa kamu jadikan pilihan saat santap berbuka puasa. Daging ayam sendiri mengandung nutrisi tinggi, seperti vitamin dan mineral. Ayam tanpa kulit bisa dimasukan sebagai menu buka puasa penurun kolesterol. Kamu bisa mengonsumsi ayam tanpa lemak dengan menu makanan kaya gizi lainnya.

  • Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan salah satu makanan penurun kolesterol yang aman dan relatif disukai oleh semua orang. Kacang hijau juga mengandung vitamin, mineral dan beberapa zat lain yang membantu mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh, termasuk penghancuran lemak jenuh dalam darah. Kamu bisa mengonsumsi kacang hijau dengan memasaknya menjadi bubur kacang hijau.

  • Tempe

Tempe merupakan makanan yang mengandung protein lebih tinggi dari protein ikan. Tempe juga kaya akan serat, sehingga bisa dimasukkan juga sebagai menu dalam program penurunan berat badan. Jika kamu bosan dengan menu tempe goreng, kamu bisa mengolahnya menjadi pepes tempe, tempe bacem, tempe orek, atau tumis tempe.

Baca juga: Porsi yang Tepat Saat Berbuka Puasa

  • Tahu

Tahu merupakan ampas dari kacang kedelai yang di dalamnya terkandung protein dan mineral baik. Protein ini bermanfaat sebagai penambah stamina tubuh dan penurun kadar lemak jenuh dalam tubuh. Tahu dapat diolah menjadi aneka menu buka puasa penurun kolesterol yang aman bagi segala usia, seperti pepes tahu, tumis tahu atau perkedel tahu.

  • Beras Merah

Beras merah bisa kamu gunakan sebagai pengganti nasi putih sebagai menu buka puasa penurun kolesterol. Beras merah mengandung rendah kalori, serta mengandung banyak vitamin, mineral, dan protein yang cukup untuk mempertahankan stamina pada siang hari saat berpuasa.

Mengonsumsi beras merah tidak akan meningkatkan kadar gula atau kolesterol dalam darah, jadi aman untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes maupun kolesterol. Namun perlu diingat, ya! Jangan mengkonsumsi beras merah terlalu berlebihan, karena apapun yang dikonsumsi secara berlebihan merupakan kebiasaan yang tidak baik bagi kesehatan pencernaan.

  • Sayur Bayam

Bayam merah atau bayam hijau dapat dijadikan sayur sebagai menu buka puasa penurun kolesterol. Hal ini dikarenakan bayam banyak mengandung zat besi yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Di samping itu, zat pigmen (lutein) dalam bayam terbukti mampu menurunkan dan menghilangkan kolesterol yang menumpuk pada pembuluh arteri.

Baca juga: Dampak Makan Berlebihan Ketika Berbuka Puasa

Agar kadar kolesterol dalam darah tidak melonjak naik kembali, sebaiknya menu buka puasa penurun kolesterol diimbangi dengan asupan gizi lain. Selain bisa mendapatkan tips-tips kesehatan lainnya, kamu juga bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di Halodoc terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!