Jaga Kadar Kolesterol untuk Kesehatan Sistem Endokrin

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Jaga Kadar Kolesterol untuk Kesehatan Sistem Endokrin

Halodoc, Jakarta – Seluruh perkembangan dalam tubuh yang berlangsung secara lambat dipengaruhi oleh sistem endokrin dalam tubuh. Sistem endokrin di dalam tubuh memiliki peran yang cukup penting untuk pertumbuhan sel, tumbuh kembang badan, proses reproduksi, dan metabolisme tubuh. Di dalam sistem endokrin ada berbagai kelenjar dan hormon yang menjadi fondasi dari kerja sistem itu sendiri.

Baca juga: Sistem Endokrin Alami Gangguan, Ini Dua Penyebabnya

Ada beberapa kelenjar di dalam sistem endokrin yang perlu diketahui, seperti:

  1. Kelenjar tiroid;

  2. Kelenjar paratiroid;

  3. Kelenjar pituitary;

  4. Kelenjar adrenal;

  5. Kelenjar pankreas;

  6. Kelenjar reproduksi.

Ketahui Penyebab dan Risiko Terganggunya Sistem Endokrin dalam Tubuh

Gangguan sistem endokrin disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelenjar yang menghasilkan terlalu banyak hormon atau terlalu sedikit hormon endokrin sehingga menyebabkan ketidakseimbangan hormon endokrin. Selain itu, munculnya luka dalam bentuk bintil atau tumor pada sistem endokrin juga memengaruhi kadar hormon dalam tubuh.

Kondisi ini dipicu beberapa faktor, salah satunya adalah peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan rutin pada rumah sakit atau cek ke laboratorium terdekat terhadap kadar kolesterol dalam tubuh. Selain pemeriksaan darah, kamu juga bisa jaga kadar kolesterol agar tetap normal dengan memiliki pola makan yang sehat dan rutin berolahraga.

Tidak hanya kadar peningkatan kadar kolesterol, memiliki riwayat keluarga dengan gangguan sistem endokrin juga meningkatkan seseorang alami kondisi yang serupa. Penyakit autoimun, pola makan yang kurang memerhatikan asupan nutrisi dan gizi, cedera, dan kehamilan menjadi beberapa faktor pemicu yang membuat seseorang alami gangguan sistem endokrin.

Baca juga: Cegah Gangguan Sistem Endokrin dengan 6 Cara Ini

Gangguan Sistem Endokrin Sebabkan Beberapa Penyakit

Gejala yang muncul akibat adanya gangguan sistem endokrin dapat berupa penyakit atau gangguan kesehatan lainnya pada tubuh. Ketahui beberapa penyakit yang umumnya menjadi gejala dari adanya gangguan sistem endokrin, yaitu:

 

1. Diabetes

 

Diabetes menjadi gejala dari gangguan sistem endokrin yang paling umum. Ada beberapa gejala diabetes yang perlu diperhatikan, seperti lebih merasa sering kehausan, mudah lelah, frekuensi buang air kecil bertambah, kenaikan atau penurunan berat badan yang tidak disertai alasan jelas dan adanya gangguan pada penglihatan.

 

2. Akromegali

 

Kondisi ini menjadi gejala lainnya dari gangguan pada sistem endokrin. Akromegali terjadi ketika kelenjar pituitari menghasilkan hormon pertumbuhan secara berlebihan. Seseorang dengan kondisi ini dapat mengalami ukuran bibir, hidung atau lidah yang lebih besar dari ukuran normal, tangan dan kaki yang memiliki ukuran lebih besar, suara yang lebih dalam, penebalan kulit, disfungsi seksual, dan gangguan penglihatan.

 

3. Penyakit Addison

 

Kondisi ini terjadi akibat kerusakan pada kelenjar adrenal yang menjadi salah satu kelenjar dari sistem endokrin. Pengidap penyakit Addison mengalami penurunan produksi kortisol dan aldosterone. Kondisi ini ditandai dengan kondisi kelelahan, diare, penurunan nafsu makan hingga depresi.

Baca juga: Waspada, Ini 6 Komplikasi Gangguan Sistem Endokrin

 

4. Sindrom Cushing

 

Kelebihan kortisol yang diakibatkan gangguan kelenjar adrenal sebabkan seseorang alami sindrom Cushing. Sindrom Cushing ditandai dengan munculnya penumpukan lemak pada tengkuk atau yang dikenal dengan buffalo hump. Selain itu, tanda lain dari sindrom Cushing adalah peningkatan frekuensi buang air kecil, tekanan darah tinggi, perubahan suasana hati, dan mudah marah. 

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan terhadap beberapa penyakit di atas. Tetap menjaga berat badan yang ideal, mengonsumsi makanan sehat, dan rutin berolahraga bisa menjadi beberapa cara untuk mencegah terjadinya gangguan sistem endokrin dalam tubuh. Tidak lupa juga untuk selalu rutin cek kesehatan, ya!

 

Referensi:
Live Science. Diakses pada 2019. Endocrine System
Web MD. Diakses pada 2019. Endocrine Disorders