Jaga Kesehatan, Ini Tekanan Darah Normal bagi Wanita

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Jaga Kesehatan, Ini Tekanan Darah Normal bagi Wanita

Halodoc, Jakarta - Memiliki tingkat tekanan darah yang normal adalah hal yang penting. Tekanan darah berfungsi untuk memaksa darah mengalir di sekitar sistem peredaran darah, sehingga oksigen atau nutrisi bisa dikirim melalui arteri kita ke jaringan dan organ. Nah, tekanan darah yang terlalu tinggi atau rendah bisa memicu bahaya bagi tubuh, sehingga kamu harus menjaga kesehatan agar tetap normal. 

Selain menjalankan gaya hidup sehat, penting untuk mengetahui angka aman pada tekanan darah. Terutama bagi para wanita, karena tekanan darah mereka berbeda dengan pria dan bisa dipengaruhi oleh hormon di dalam tubuhnya. Wanita yang sedang hamil juga umumnya memiliki tekanan darah yang lebih besar karena ada bayi di dalam rahimnya. 

Baca juga: 5 Tanda Orang yang Berpotensi Terkena Hipertensi

Tekanan Darah Normal bagi Wanita

Tekanan darah manusia bekerja menggunakan hukum dasar fisika, yang mana ia mengalir melalui tubuh karena adanya perbedaan tekanan. Tekanan darah adalah yang tertinggi pada awal perjalanannya dari jantung, ketika memasuki aorta dan paling rendah pada akhir perjalanannya di sepanjang cabang arteri yang semakin kecil. Perbedaan tekanan itu yang menyebabkan darah mengalir ke seluruh tubuh.

Perangkat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah adalah sphygmomanometer, terdiri dari gelang karet, manset yang dipompa dengan tangan atau pompa mesin. Setelah manset dipompa cukup untuk menghentikan denyut nadi, pembacaan dilakukan, baik secara elektronik atau dial analog. 

Tekanan darah wanita yang normal berkisar 120/80 mmHg atau lebih rendah. Wanita dengan tekanan darah ini dianggap sehat dan seluruh organ tubuhnya berjalan dengan lancar. Jantung berdetak dengan irama yang tepat dan peredaran darah di dalam tubuh juga berjalan dengan lancar. Apabila tekanan darah wanita sudah mencapai 130/90 mmHg atau di atasnya, maka mereka sudah dikatakan mengalami hipertensi. Untuk itu, perlu dilakukan langkah yang dianjurkan dokter dan ahli kesehatan lain untuk dapat membuat tekanan darah kembali normal. 

Baca juga: Pola Makan Sehat Bisa Jadi Obat Darah Tinggi

Kiat Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Melansir Medical News Today, setiap kenaikan 20/10 mm Hg pada tekanan darah akan menggandakan risiko penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, selalu jaga tekanan darah agar berada dalam tingkat yang normal.  

Jika kamu telah didiagnosis mengidap tekanan darah tinggi, pemberian obat bukan hal mutlak. Pengobatan pada tahap awal yang seharusnya dilakukan melalui perubahan gaya hidup. Nah, beberapa hal ini untuk membantu menjaga tekanan darah yang sehat:

  • Menjaga berat badan yang sehat;

  • Konsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak, atau kamu bisa mengikuti diet yang menyehatkan jantung seperti diet DASH atau Mediterania;

  • Kurangi natrium, atau garam dalam makanan;

  • Lakukan olahraga aerobik secara teratur, seperti jalan cepat, setidaknya selama 30 menit sehari, setiap hari; 

  • Batasi asupan alkohol; 

Kamu juga bisa tanyakan langkah-langkah yang bisa mengurangi risiko terjadinya tekanan darah tinggi melalui chat dengan dokter di Halodoc. Dokter akan selalu siaga memberikan saran kesehatan yang kamu butuhkan.

Itulah informasi mengenai tekanan darah normal wanita yang perlu kamu ketahui. Sekali lagi, pengobatan atau langkah pencegahan utama untuk terhindar dari tekanan darah tinggi adalah pola hidup sehat Selain lebih aman, menerapkan gaya hidup sehat juga menguntungkan kesehatan kamu secara keseluruhan.

Referensi:
Harvard Medical School. Diakses pada 2020. Reading The New Blood Pressure Guidelines.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Is a Normal Blood Pressure?