• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jaga Kesehatan Mental dengan Lakukan Hobi saat PSBB

Jaga Kesehatan Mental dengan Lakukan Hobi saat PSBB

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - PSBB (pembatasan sosial berskala besar) di DKI Jakarta kembali diperketat pada 14 September 2020. Tindakan ini dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai upaya untuk menekan penyebaran COVID-19. Sebelumnya, warga Jakarta sudah menjalani PSBB selama 5 bulan. Kondisi ini tentunya membuat banyak orang yang mulai merasakan jenuh. Kejenuhan yang dibiarkan dapat menyebabkan stres dan mengganggu kesehatan mental.

Mungkin kamu sudah melihat banyak orang yang punya hobi baru selama masa PSBB ini. Jika kamu belum melakukan hobi yang disukai, maka inilah saat yang tepat untuk melakukan hobi lama atau baru. Melakukan kegiatan yang disukai dapat menjaga kesehatan fisik dan mental. Tidak perlu mengikuti hobi-hobi yang sedang tren di media sosial atau hobi dengan budget banyak, lakukan saja hobi versi kamu sendiri. 

Baca juga: Ini Alasan Virus Corona di Indonesia Disebut Berbeda 

Alasan Hobi dapat Menjaga Kesehatan Mental Selama PSBB

Kecemasan, depresi, dan kesepian adalah hal yang banyak dirasakan orang selama masa PSBB. Diperlukan sesuatu yang positif untuk menjaga pikiran agar tenang dan aktif. Menemukan hobi baru atau menjalankan hobi lama yang tidak sempat dilakukan sebelumnya, tampaknya memiliki efek yang positif, khususnya bagi kesehatan mental. 

Mempelajari keterampilan baru mengalihkan fokus dari kecemasan yang mungkin kamu miliki. Saat kamu menikmati suatu hobi, maka lebih mudah untuk menjadi penasaran, belajar dan bermain. Hal ini membuat kamu terhindar dari tingkat stres yang tinggi. Melakukan hobi atau mempelajari keterampilan baru adalah rekomendasi dari Public Health of England, sebagai cara mengelola kesehatan mental sambil mengarantina diri dari COVID-19. 

Baca juga: Ini Penjelasan Sistem Imun yang Kuat Bisa Lawan Virus Corona

Melakukan kegiatan hobi meningkatkan kesejahteraan jiwa dalam tiga cara. Pertama, hobi dapat membantu mengalihkan kekhawatiran. Kedua, hobi membantu kamu menerima atau menilai kembali sesuatu dan mendapatkan perspektif baru. Ketiga, hobi dapat meningkatkan kepercayaan dan harga diri. Orang yang menjalankan hobinya cenderung tidak mengalami suasana hati yang buruk, stres, dan depresi. 

Ada banyak manfaat kesehatan dengan menyisihkan waktu untuk aktivitas yang disukai, di antaranya:

  • Mengurangi Stres

Hobi memberikan kesempatan untuk memiliki “me time” di sisa atau sela-sela waktu bekerja. Menjalankan hobi juga memberi kamu jalan keluar untuk melepaskan stres di hari-hari tertentu. Jadi, kamu bisa meluangkan waktu dari hari sibuk saat WFH (work from home) untuk mulai berkebun, memasak, melukis, bersepeda, atau sekedar menonton film melalui streaming

  • Meningkatkan Kesejahteraan

Terlibat dalam kegiatan kreatif atau membuat tubuh jadi rileks terbukti meningkatkan suasana hati yang positif. Aktivitas kreatif dapat memperluas koneksi saraf di otak. Hal ini juga dikaitkan dengan pelepasan hormon perasaan yang baik seperti dopamin. Menghabiskan sedikitnya dua jam per minggu untuk hobi yang disukai dapat membantu untuk menjalani kehidupan yang lebih positif di tengah pandemi. 

  • Membentuk Koneksi dengan Orang Lain

Kamu tidak perlu merasa kesepian selama masa PSBB. Media sosial dapat membuat kamu tetap bisa terkoneksi dengan komunitas digital tertentu, teman-teman sejawat atau keluarga. Berbagai pengalaman hobi melalui media sosial meningkatkan kualitas koneksi dengan rekan-rekan dan membantu agar kamu tidak merasa terlalu terisolasi. Jadi, apabila kamu menjalankan sebuah hobi, cobalah untuk tetap dapat interaktif misalnya bergabung dalam komunitas digital yang memiliki kesamaan hobi.

Baca juga: Ketahui Quarantine Fatigue, Rasa Lelah Akibat di Rumah Saja

Kamu bisa mengambil sisi positif dari PSBB selama pandemi ini. Jadikan masa-masa ini sebagai waktu untuk melepas lelah dari kehidupan kamu sebelum masa pandemi. Jadikan pula masa-masa ini sebagai petualangan untuk mengekspresikan diri dengan tetap menjaga kesehatan.

Namun, jika kamu masih merasa sulit untuk menerima keadaan ini hingga mengganggu kesehatan mental, maka itu saatnya kamu berdiskusi dengan psikolog melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc agar sehat lebih mudah. 

Referensi:
Connect Health. Diakses pada 2020. Pursuing a hobby can improve your mental health
Queensland Health. Diakses pada 2020. Six healthy habits you should hold on to post-pandemic
Health. Diakses pada 2020. 11 Hobbies to Pick Up During Quarantine