Jaga Kesehatan Mental di Awal Tahun Baru dengan 3 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Jaga Kesehatan Mental di Awal Tahun Baru dengan 3 Cara Ini

Halodoc, Jakarta - 2020 merupakan awal dari dekade baru ini. Tidak ada salahnya untuk meningkatkan sesuatu yang kurang dan mempertahankan hal yang dianggap telah baik. Dengan begitu, rencana yang telah dibuat setelahnya tidak akan terganggu. Salah satu yang harus dipertahankan adalah kesehatan mental.

Hal tersebut karena kesehatan mental dapat memengaruhi banyak aspek kehidupan yang dapat menghambat keseharianmu. Dengan mengawali tahun baru yang segar pasca liburan, kamu telah siap menjalankan semua aktivitas yang ada di depan mata. Maka dari itu, wacana untuk menjaga kesehatan mental memang sangat penting.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental akan mengacu pada faktor emosional, psikologis, dan sosial setiap orang. Hal ini akan memengaruhi perasaan dan cara berpikir, serta tindakan yang diambil dalam suatu situasi. Maka dari itu, hal ini tidak kalah pentingnya dengan kesehatan fisik, walaupun indikatornya sulit ditentukan.

Umumnya, mental seseorang akan terganggu disebabkan oleh perasaan stres, sedih, hingga takut. Hal ini juga berhubungan erat dengan masalah yang terjadi dalam hidup. Jika tidak segera diatasi, gangguan mental kamu juga dapat bertambah parah. Lalu, apabila kamu butuh diagnosis awal, cobalah untuk melakukan pemeriksaan segera.

Dengan begitu, sangat penting menjaga kebugaran fisik dan mental agar pencapaian kamu di tahun baru ini tercapai. Terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Berikut adalah beberapa hal positif yang dapat dilakukan setiap hari agar pikiran kamu tetap sehat:

  1. Pertahankan Hubungan yang Sehat

Salah satu hal yang dapat menyebabkan kesehatan mental terganggu adalah perasaan kesepian dari orang-orang sekitar. Jika seseorang semakin merasa terisolasi dari lingkungannya, perasaan cemas dan tertekan semakin terasa. Rasa sepi dapat memiliki dampak yang mengejutkan pada kesehatan mental dan emosional.

Maka dari itu, salah satu cara terbaiknya adalah dengan selalu menjaga hubungan dengan orang lain. Dengan membangun hubungan interpersonal yang kuat, kamu dapat merasakan banyak hal. Di antaranya adalah merasa bagian dari komunitas, membuat seseorang merasa diterima, dan dapat saling menguatkan di dalam masa sulit.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Meski Sedang Stres

  1. Berolahraga

Olahraga sangat memberi manfaat bagi keseluruhan tubuh manusia, tidak terkecuali untuk menjaga kesehatan mental. Hal tersebut terjadi karena seseorang yang rutin berolahraga dapat meningkatkan kualitas tidur, sehingga merasa lebih rileks dan meningkatkan produksi endorfin pada tubuh yang memengaruhi suasana hati.

Kamu tidak perlu berolahraga dengan intensitas yang tinggi untuk mendapatkan manfaat ini. Cobalah untuk berjalan 30 menit setiap harinya untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan stres yang terjadi. Dengan begitu, perasaan cemas dan depresi benar-benar dapat dihindari.

  1. Cobalah untuk Melakukan Meditasi

Meditasi juga dapat menenangkan pikiran kamu yang baik untuk kesehatan mental. Hal ini dapat memungkinkan kamu untuk fokus pada pikiran. Kamu dapat menerima dampak baik, seperti menurunkan stres, meningkatkan fokus dan memori, serta membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal menjaga kesehatan mental, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan melalui Apps Store atau Play Store.

Baca juga: Muda dan Kritis, Saatnya Jaga Kesehatan Mental

  1. Tulis Semua Hal yang Kamu Syukuri

Perasaan syukur yang kamu tulis setiap merasakannya akan meningkatkan kesehatan mental kamu secara keseluruhan. Selain itu, rasa bahagia juga timbul yang dapat menekan dampak negatif pada pikiran tersebut. Cobalah untuk berterima kasih setiap hari melalui tulisan secara teratur. Jangka panjangnya akan terasa sangat efektif.

Referensi:
Success. Diakses pada 2019. How to Improve Your Mental Health: 9 Keys to Your Well-Being
Psychologytoday. Diakses pada 2019. 9 Ways You Can Improve Your Mental Health Today