• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jaga Pola Makan untuk Mencegah Gigi Berlubang

Jaga Pola Makan untuk Mencegah Gigi Berlubang

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Gigi nyatanya menjadi salah satu bagian tubuh yang paling kuat dan memiliki peran yang cukup penting bagi kehidupan. Secara umum, gigi memiliki manfaat untuk mengunyah makanan yang kamu konsumsi dan juga membantu saat berbicara. Untuk itu, tidak ada salahnya menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari berbagai gangguan yang dapat dialami, salah satunya adalah kondisi gigi berlubang.

Baca juga: Begini Proses Terjadinya Gigi Berlubang

Gigi berlubang menjadi salah satu kondisi di mana gigi mengalami kerusakan sehingga bagian email gigi terkikis dan membentuk sebuah lubang, hingga bagian dentin. Gigi berlubang menjadi masalah yang cukup umum dapat terjadi pada kesehatan gigi. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui cara pencegahan gigi berlubang yang bisa kamu lakukan, salah satunya dengan menjaga pola makan.

Kenali Penyebab Gigi Berlubang

Tidak hanya pada anak-anak, nyatanya orang dewasa pun rentan mengalami kondisi gigi berlubang. Umumnya, gigi berlubang disebabkan adanya penumpukan bakteri pada mulut dan kurangnya menjaga kebersihan serta kesehatan gigi.

Kurangnya menjaga kebersihan gigi dapat menyebabkan munculnya plak pada lapisan terluar gigi. Plak yang tidak diatasi dengan baik nyatanya dapat diubah menjadi asam oleh bakteri yang berada dalam mulut. Asam inilah yang perlahan dapat mengikis lapisan gigi hingga membentuk lubang pada gigi.

Pembentukan asam oleh bakteri nyatanya dapat dipicu oleh beberapa faktor, seperti tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, mengalami gangguan mulut kering, memiliki penyakit asam lambung, pertambahan usia, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan juga jarang menyikat gigi.

Gejala gigi berlubang yang muncul pada tiap pengidap nyatanya juga berbeda-beda. Kondisi ini akan disesuaikan dengan tingkat keparahan dan lokasi gigi yang berlubang. Melansir Mayo Clinic, umumnya pengidap gigi berlubang akan mengalami beberapa gejala, seperti rasa sakit pada gigi yang akan semakin dialami oleh pengidap gigi berlubang saat mengunyah makanan, gigi akan menjadi lebih sensitif, pada gigi yang berlubang nyatanya akan ada bagian yang mengalami perubahan warna, misalnya putih, hitam, atau cokelat.

Baca juga: Sakit karena Gigi Berlubang, Ini Cara Mengatasinya

Pola Makan yang Bisa Mencegah Gigi Berlubang

Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada dokter gigi, baik melalui aplikasi Halodoc maupun bertemu langsung di rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab gejala yang kamu alami. Berbagai jenis pengobatan bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah gigi berlubang, seperti tambal gigi, melakukan crown pada gigi, perawatan saluran akar gigi, hingga mencabut gigi yang sudah berada pada tingkat keparahan yang cukup tinggi.

Untuk itu, lakukan berbagai pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk menghindari masalah gigi berlubang dengan beberapa cara. Melansir American Dental Association, rutin melakukan pemeriksaan pada dokter gigi setiap 6 bulan sekali dan rajin menjaga kebersihan gigi di rumah baik dengan menyikat gigi, menggunakan dental floss, ataupun berkumur dengan obat kumur menjadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah gigi berlubang.

Selain itu, menjaga pola makan bisa kamu lakukan untuk menghindari masalah gigi berlubang. Berikut adalah pola makan yang bisa kamu terapkan agar kamu terhindar dari masalah gigi berlubang.

  1. Hindari kebiasaan ngemil yang sering kamu lakukan. 
  2. Batasi pengonsumsian makanan yang manis atau asam.
  3. Tidak ada salahnya untuk konsumsi buah dan sayuran yang mengandung serat tinggi agar kesehatan gigi tetap terjaga.
  4. Kurangi atau hentikan penggunaan gula atau pemanis buatan saat akan mengonsumsi teh hijau maupun teh hitam.
  5. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi untuk kesehatan tulang dan gigi.
  6. Perbanyak konsumsi air putih. Air putih yang kamu konsumsi setelah makan dapat membantu untuk mengurangi sisa makanan yang dapat menyebabkan berkembangnya bakteri pada mulut serta gigi dan juga agar mulut terhindar dari kondisi mulut kering.
  7. Jika ingin mengonsumsi permen karet, sebaiknya pilihlah yang rendah gula dan memiliki kandungan xylitol di dalamnya.

Baca juga: Membiarkan Gigi Berlubang, Ini Dampaknya

Itulah beberapa pola makan yang bisa kamu lakukan untuk menghindari masalah gigi berlubang. Segera atasi masalah gigi berlubang karena kondisi ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi pada kesehatan, seperti abses gigi, kesulitan mengunyah, hingga gigi patah.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Cavities/Tooth Decay.
American Dental Association. Diakses pada 2020. Cavities.