• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jahe Bantu Meredakan Sakit Maag, Ini Penjelasannya

Jahe Bantu Meredakan Sakit Maag, Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Saat sakit maag menyerang, biasanya seseorang akan mengonsumsi makanan tertentu sebagai pertolongan pertama. Nyatanya, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu meredakan sakit maag, salah satunya jahe. Jahe dan jenis makanan lainnya disebut aman untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat maag karena tidak mengacaukan kondisi lambung. 

Sebaliknya, mengonsumsi jahe malah disebut bisa membantu meredakan gejala sakit maag yang muncul. Mengapa hal ini bisa terjadi? Apa alasan jahe baik dikonsumsi oleh pengidap sakit maag. Jawabannya karena jahe memiliki kandungan zat yang bisa mengurangi risiko sakit maag atau asam lambung naik. Jahe bersifat antiradang sehingga mampu mengatasi masalah pencernaan serta mengobati penyakit asam lambung atau maag

Baca juga: Perhatikan Menu Diet untuk Pengidap Sakit Maag

Jahe dan Makanan Lain untuk Penyakit Maag

Pengidap maag sering mengalami gejala berupa nyeri atau sensasi terbakar pada perut. Biasanya, kondisi ini ditangani dengan konsumsi obat maag dan perubahan gaya hidup. Namun tahukah kamu, gejala maag ternyata juga bisa diredakan dengan mengonsumsi jahe. Bukan tanpa alasan, kandungan yang ada dalam jahe bisa bertindak sebagai anti-inflamasi yang menurunkan risiko munculnya gejala penyakit. 

Meski memiliki manfaat sehat, jahe sebaiknya dikonsumsi secukupnya saja. Jika dikonsumsi secara berlebihan, jahe malah disebut bisa membuat gejala maag menjadi lebih buruk. Jahe juga bisa membantu meredakan perut kembung serta gejala asam lambung naik dan mengalir ke kerongkongan. Jahe juga kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jahe juga mengadung senyawa fenoliknya yang bisa membantu meredakan iritasi serta mengurangi kontraksi lambung. Artinya, konsumsi jahe bisa membantu mengurangi kemungkinan asam lambung naik ke kerongkongan. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki jahe menarik peneliti, terutama terkait dengan refluks asam atau penyakit maag.

Baca juga: 4 Jenis Gangguan Lambung 

Selain itu, jahe juga bisa membantu mengurangi mual, mengurangi nyeri otot, serta mengurangi pembengkakan. Gejala-gejala tersebut bisa muncul sebagai tanda penyakit maag. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat jahe untuk pengidap penyakit maag. Selain jahe, ada beberapa jenis makanan lain yang bisa dikonsumsi untuk membantu meredakan penyakit maag, di antaranya: 

  • Lidah Buaya 

Gejala maag bisa diredakan dengan mengonsumsi lidah buaya. Kamu bisa mengonsumsi lidah buaya yang sudah diolah menjadi minuman atau makanan yang banyak dijual di pasaran.

  • Sayuran Hijau 

Serat yang dimiliki sayuran hijau bisa membantu mengatasi gejala maag. Untuk meredakan gejala penyakit ini, ada beberapa jenis sayur yang bisa dikonsumsi, mulai dari brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus.

  • Daging Tanpa Lemak 

Meski mengidap maag, kamu tetap bisa menikmati daging. Namun, pilih jenis daging tanpa lemak. Pengidap sakit maag disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak karena bisa memperparah gejala penyakit maag. Pilihlah jenis daging tanpa lemak, tanpa kulit, dan diolah dengan cara dipanggang, direbus, dikukus, atau dibakar.

Baca juga: Asam Lambung Mudah Naik karena Hernia Hiatus

Cari tahu lebih lanjut seputar penyakit maag dan apa saja makanan yang dianjurkan dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Health (2019). 13 Foods That Fight Acid Reflux.
Healthline (2019). 7 Foods to Help Your Acid Reflux.
Healthline. Diakses pada 2020. Can You Use Ginger to Treat Acid Reflux?