• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jaket Sauna untuk Olahraga, Ini Tips Menggunakannya

Jaket Sauna untuk Olahraga, Ini Tips Menggunakannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Jaket Sauna untuk Olahraga, Ini Tips Menggunakannya

“Penggunaan jaket sauna memang masih banyak didebatkan para ahli karena jika tidak digunakan dengan benar, ia bisa sebabkan banyak efek samping negatif. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya, kamu wajib tahu tips aman untuk menggunakannya saat berolahraga dan memahami efek yang mungkin terjadi saat memakainya.”

Halodoc, Jakarta – Jaket sauna atau setelan sauna pada dasarnya adalah pakaian olahraga tahan air yang menahan panas dan keringat tubuh saat kamu berolahraga. Jadi ketika kamu berolahraga, panas dan keringat akan menumpuk di dalam jaket sauna yang kamu gunakan. 

Beberapa perusahaan yang menjual pakaian ini menyebutkan ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan. Manfaat tersebut ,misalnya penurunan berat badan dan detoksifikasi melalui keringat. Namun, klaim ini sebenarnya masih belum disetujui oleh para ahli, sebab para ahli menyebutkan bahwa jaket sauna yang digunakan bisa menyebabkan dehidrasi bahkan hipertermia.

Oleh karena itu, cari tahu manfaat sebenarnya dari penggunaan jaket sauna dan tips aman menggunakan jaket sauna saat berolahraga berikut ini! 

Baca juga: Jenis Olahraga Intensitas Tinggi yang Tepat untuk Diet

Manfaat Menggunakan Jaket Sauna saat Olahraga

Mengutip artikel dari Core Training Tips, Lance C. Dalleck, Ph.D., telah menemukan bahwa jaket sauna bisa meningkatkan kinerja atletik secara signifikan. Secara khusus, kamu bisa mulai berkeringat lebih cepat, dan akan mengalami peningkatan volume plasma, serta VO2 maks yang lebih tinggi.

Namun, jika kamu bukan atlet profesional, data ini mungkin tidak berarti banyak, itulah alasan mengapa para ahli lebih menggarisbawahi efek yang terjadi saat menggunakan jaket ini. Seseorang bisa dengan mudah alami dehidrasi dan hipertermia. 

Mereka yang berolahraga dalam jaket sauna ditemukan telah menurunkan 2,6 persen berat badan dan 13,8 persen lemak tubuh, dibandingkan dengan masing-masing 0,9 persen dan 8,3 persen pada mereka yang berolahraga dengan peralatan olahraga biasa. Penggunaan jaket ini juga bisa meningkatkan tingkat metabolisme sehingga penurunan berat badan bisa lebih cepat. 

Baca juga: Cara Mudah untuk Mencegah Tubuh Alami Dehidrasi

Sejauh ini, penelitian mengenai penggunaan jaket sauna memang masih sangat terbatas. Jika kamu tidak terbiasa berolahraga, dan memutuskan untuk melakukan rutinitas HIIT saat mengenakan setelan suana, maka kamu dapat dengan cepat membuat tubuh mengalami hipertermia.

Selain itu, ginjal dan hati adalah detoksifikasi terbaik tubuh. Jadi, berkeringat hanya melepaskan sedikit jejak racun. Jika kamu menggunakan pakaian sauna untuk menurunkan berat badan dengan cepat, ada beberapa risiko serius yang perlu kamu waspadai. 

Menurut sebuah studi tahun 2018, berolahraga dengan pakaian sauna meningkatkan ketegangan fisiologis dan menyebabkan kehilangan keringat yang lebih besar. Kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi dan penyakit terkait panas.

Jika masih belum yakin mengenai penggunaan jaket sauna, kamu bisa tanyakan pada dokter di Halodoc mengenai hal ini. Dokter mungkin punya pendapat dan saran yang bisa kamu ikuti mengenai penggunaan jaket sauna atau tips lain dalam upaya penurunan berat badan.

Baca juga: Keringat Banyak Saat Olahraga Pertanda Sudah Intens?

Tips Menggunakan Jaket Sauna untuk Olahraga

Meski masih banyak perdebatan mengenai penggunaan jaket sauna, tetapi kamu bisa mengikuti tips aman menggunakan jaket sauna saat berolahraga berikut ini:

Pastikan Tetap Nyaman saat Menggunakannya

Jika berkeringat dalam setelan jas sambil melompat-lompat tidak terdengar seperti cara yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan, maka kamu tidak perlu memaksakan diri untuk terus memakai jaket sauna. Namun, sebenarnya saat kamu mengekspos diri ke suhu yang lebih tinggi (seperti di sauna), otak mulai melepaskan serotonin, yakni hormon kebahagiaan. Ini akan berdampak positif pada suasana hati dan pola pikir, dan tidak akan membebani seperti apa yang kamu pikirkan pada awalnya. 

Tetap Harus Terhidrasi

Kamu tidak dapat mengharapkan tubuh akan merasa baik sebagaimana mestinya jika kamu tidak minum cukup air. Pastikan minum segelas air sebelum berolahraga, dan simpan botol air di samping kamu setiap saat. Namun jangan mencoba minum terlalu banyak sekaligus, fokuslah pada jumlah kecil dan sering. 

Tetap Pahami yang Tubuh Rasakan 

Jika kamu berkeringat terlalu banyak, pastikan kamu cukup terhidrasi. Jika kamu mulai merasa pusing atau lemah, hentikan latihan. Kelelahan karena panas bisa menjadi efek samping dari mengenakan jaket sauna, jadi kamu harus yakin bahwa kamu tidak memaksakan diri terlalu keras sekaligus.

Buat Rencana Latihan

Kamu harus membiarkan tubuh beradaptasi untuk berolahraga dengan jaket sauna. Ini berarti memulai secara perlahan. Kamu bisa mencoba melakukan olahraga tiga sampai lima kali seminggu, dan kamu bisa memulainya dengan 10–15 menit, kemudian menambahkan hingga 60 menit selama sekitar satu bulan ke depan.

Jaket sauna, jika digunakan dengan benar, bisa menjadi aksesoris tambahan yang bagus untuk rutinitas latihan apa pun. Pastikan kamu tetap melakukannya dengan aman, dan jangan berharap tubuh bisa segera mengalami penurunan berat badan yang besar hanya dalam semalam.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Core Training Tips. Diakses pada 2021. Exercising With Sauna Suits: What Does The Latest Science Say.
Healthline. Diakses pada 2021. Should I Work Out in a Sauna Suit?
Livestrong. Diakses pada 2021. Work Out in a Sauna Suit.