• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jalan Kaki ke Sekolah, Mampu Tingkatkan Konsentrasi Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jalan Kaki ke Sekolah, Mampu Tingkatkan Konsentrasi Anak

Jalan Kaki ke Sekolah, Mampu Tingkatkan Konsentrasi Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Oktober 2022

“Ada banyak manfaat mengajak anak jalan kaki ke sekolah, salah satunya untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus anak. Jalan kaku juga bisa meningkatkan produksi hormon pada tubuh anak yang membuat suasana hati mereka menjadi lebih baik.”

Jalan Kaki ke Sekolah, Mampu Tingkatkan Konsentrasi AnakJalan Kaki ke Sekolah, Mampu Tingkatkan Konsentrasi Anak

Halodoc, Jakarta – Jika jarak sekolah anak dengan lokasi rumah tidak terlalu jauh, tidak ada salahnya ibu mencoba mengajak anak untuk berjalan kaki ke sekolah. Selain dapat meningkatkan kesehatan fisik anak, berjalan kaki ke sekolah dinilai mampu meningkatkan konsentrasi pada anak.

Bukan itu saja, ada banyak manfaat lainnya yang bisa ibu rasakan ketika rutin mengajak anak berjalan kaki ke sekolah. Yuk, simak ulasannya dalam artikel berikut ini!

Kaitan Jalan Kaki dan Konsentrasi Anak di Sekolah

Banyak orang tua yang mengantarkan anak ke sekolah menggunakan kendaraan atau sepeda agar anak tidak merasakan kelelahan begitu tiba di sekolah. Namun, jika jarak sekolah dan rumah tidak terlalu jauh, tidak ada salahnya ibu mengajak anak untuk berjalan kaki ke sekolah.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan, salah satunya meningkatkan fokus dan kemampuan anak untuk berkonsentrasi. Jalan kaki ke sekolah juga membuat anak melakukan aktivitas secara fisik yang secara umum memiliki beberapa manfaat. 

Hal ini dikaitkan dengan perubahan hormon di dalam tubuh anak. Hormon dopamin, norepinefrin, dan serotonin dalam otak berkembang menjadi lebih baik. Dengan begitu, anak akan merasakan suasana hati yang lebih baik sehingga akan menjadi lebih fokus dan konsentrasi saat berada di sekolah.

Berjalan kaki ke sekolah membuat oksigen dalam tubuh anak dapat meningkat. Hasilnya, anak akan menjadi lebih berenergi untuk menjalani berbagai aktivitas di sekolah. Inilah yang membuat anak menjadi lebih fokus saat belajar.

Bahkan, melansir penelitian dari University of Toronto, anak-anak yang sering berjalan kaki ke sekolah dinilai memiliki kemampuan akademis yang lebih baik dibandingkan dengan anak lain. Selain itu, dengan berjalan kaki anak akan merasa lebih gembira, lebih tenang, dan tidak mengalami stres saat berada di sekolah.

Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk ajak anak datang ke sekolah dengan berjalan kaki. Namun, sebelum berjalan kaki pastikan jarak dan kondisi kesehatan anak. 

Jika anak mengalami berbagai keluhan kesehatan, segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit. Ibu bisa cari tahu lokasi rumah sakit terdekat agar anak bisa segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

Manfaat Lain dari Jalan Kaki untuk Anak

Selain saat anak ke sekolah, ibu juga bisa mengajak anak untuk rutin melakukan jalan kaki sebagai olahraga setiap harinya. Namun, pastikan anak menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman agar kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan.

Nah, ada berbagai manfaat yang bisa ibu rasakan ketika sering mengajak anak berjalan kaki, seperti:

  • Membantu Mengontrol Berat Badan

Jalan kaki bisa membantu ibu untuk mengontrol berat badan anak. Tidak ada salahnya untuk mengajak anak jalan kaki saat memiliki berat badan berlebih. Kondisi yang dikenal juga sebagai obesitas dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan untuk anak saat dewasa. 

Obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, gangguan pernapasan, dan gangguan tidur saat anak beranjak dewasa.

  • Meningkatkan Kekuatan Jantung

Mengajak anak berjalan kaki selama 30 menit setiap hari bisa membantu untuk meningkatkan kekuatan jantung. Hal ini membuat anak akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang dapat dialami jantung.

  • Mengoptimalkan Imun Tubuh

Berjalan kaki secara rutin mampu mengoptimalkan imun tubuh anak. Dengan begitu anak risiko anak mengalami gangguan kesehatan akan menurun.

Itulah berbagai manfaat jalan kaki yang bisa dirasakan oleh anak dan keluarga.

Referensi:
University of Toronto. Diakses pada 2022. Why Walking to School is Better than Driving for Your Kids.
Interactive Health Technology. Diakses pada 2022. 5 Ways Exercise Can Help Your Child Focus On Learning.
Healthline. Diakses pada 2022. What Are the Benefits of Walking?