• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Abaikan 5 Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Jangan Abaikan 5 Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta - Idealnya wanita mengalami menstruasi teratur yaitu 4-5 minggu sekali selama 5-7 hari. Namun, tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama. Ada yang mengalaminya teratur, dan ada yang mengalaminya secara tidak teratur. Pastinya, kondisi ini bisa membuat bingung, terutama pada remaja yang baru saja mengalami menstruasi. Apakah kondisi ini normal terjadi? Ternyata kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut!

Baca juga: Harus Tahu, Masalah Menstruasi yang Enggak Boleh Diabaikan

  • Hormon yang Belum Stabil

Tubuh setiap remaja memang berbeda-beda, termasuk dalam urusan menstruasi. Ada yang langsung rutin setiap bulan sejak menstruasi pertama, tapi ada juga yang berbulan-bulan kemudian baru dapat menstruasi kedua. Tenang saja, itu normal kok untuk remaja pada 2-3 tahun pertama menstruasi tidak lancar. 

Hal ini dikarenakan hormon kamu yang masih belum stabil. Namun, kalau ketidakteraturan menstruasi ini masih terjadi setelah 3 tahun, sebaiknya kamu konsultasi ke dokter, ya! Kamu bisa juga lho tanyakan soal ini pada dokter di Halodoc. Tanpa perlu repot, kamu bisa berkomunikasi dengan dokter kapan dan di mana saja lewat Chat atau Voice/Video Call.

  • Stres

Meski sering kali disepelekan, stres bisa mengacaukan hormon-hormon dalam tubuh, lho. Salah satu hal yang bisa dikacaukan oleh stres adalah estrogen, yaitu hormon yang mengatur siklus menstruasi. Jadi, saat kamu stres dan galau berat, tubuhmu akan menghasilkan hormon kortisol. Hormon ini bisa menekan hormon estrogen dan menghambat jalannya ovulasi dalam tubuh. Akibatnya, siklus menstruasi pun jadi terganggu.

  • Obesitas

Mungkin masih banyak yang menganggap kalau obesitas itu cuma soal penampilan saja. Padahal, obesitas adalah masalah kesehatan yang serius, lho. Dalam jangka panjang, obesitas bisa memicu penyakit-penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, dan kanker. Sementara untuk jangka pendeknya, obesitas bisa jadi penyebab kenapa menstruasimu tidak lancar selama ini. Pasalnya, timbunan lemak dalam tubuh itu bisa mengganggu produksi hormon dalam tubuh.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Penyebab Menstruasi Nggak Lancar

  • Perubahan Berat Badan Secara Drastis

Ternyata, bukan cuma obesitas, kok. Kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis juga bisa berdampak pada siklus menstruasi. Saat berat badanmu naik secara drastis, tubuh bisa memproduksi hormon insulin secara berlebihan yang akan mengganggu siklus menstruasi. Sebaliknya, menstruasi tidak lancar juga dialami oleh mereka yang mengalami penurunan berat badan drastis, karena tubuh kesulitan memproduksi hormon estrogen.

  • Ada Masalah dengan Kelenjar Tiroid

Tiroid adalah kelenjar penting yang ada di leher. Tugas dari kelenjar tiroid adalah menjaga keseimbangan hormon yang berpengaruh besar pada metabolisme tubuh dan juga siklus menstruasi. Saat terjadi gangguan tiroid, otomatis siklus menstruasi juga terganggu. Jadi, saat siklus menstruasimu kacau, diikuti tubuh yang lesu, tidak bersemangat, dan mood yang berantakan terus, bisa jadi hal itu disebabkan oleh masalah pada fungsi tiroid. Kamu harus periksakan diri ke dokter untuk melihat apakah kelenjar tiroid berfungsi secara normal.

Baca juga: Enggak Menstruasi, Ini yang Perlu Diketahui tentang Amenorrhea

Itu dia beberapa penyebab menstruasi menjadi tidak lancar. Sebenarnya masih ada penyebab-penyebab lain seperti penyakit tertentu. Supaya lebih yakin, kamu bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu melalui aplikasi Halodoc. Dengan memeriksakan diri ke dokter, kamu bisa mengetahui kondisi kesehatanmu dan mendapatkan saran penanganan yang tepat.

Artikel telah terbit di DokterGenZ pada Juni 2019