• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Abaikan Efek Kopi bagi Kesehatan Jantung

Jangan Abaikan Efek Kopi bagi Kesehatan Jantung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Kopi merupakan minuman berkafein yang tengah digandrungi banyak orang. Meskipun banyak manfaat kopi yang bisa diambil jika rutin mengonsumsinya, dampak kopi bagi kesehatan jantung juga tidak bisa diabaikan begitu saja, karena seseorang bisa mengalami peningkatan detak jantung setelah mengonsumsinya. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai dampak kopi bagi kesehatan jantung!

Baca juga: Adakah Dampak Negatif Terlalu Sering Minum Kopi?

Apa Saja Dampak Negatif Kopi bagi Kesehatan Jantung?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kopi mengandung stimulan alami karena kafein di dalamnya. Beberapa saat setelah mengonsumsinya, kamu pasti merasakan jika kamu menjadi lebih bersemangat, tidak mengantuk, serta memiliki daya konsentrasi yang tinggi. Hal-hal tersebut dapat terjadi karena efek kafein yang mampu memengaruhi kerja jantung, otak, serta otot-otot dalam tubuh.

Namun, dampak kopi bagi kesehatan jantung juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Saat dikonsumsi dalam waktu dan kondisi tubuh yang tidak memungkinkan, akan terjadi peningkatan denyut jantung yang ditandai dengan dada terasa berdebar-debar. Reaksinya sendiri akan berbeda-beda pada setiap orang. Pada beberapa orang, mereka tidak mengalami peningkatan denyut jantung atau dampak lainnya setelah mengonsumsi kafein.

Dampak kopi bagi kesehatan jantung sendiri tergantung pada seberapa sering dan seberapa banyak kamu mengonsumsi kafein dalam sehari. Jika tidak terbiasa mengonsumsinya, seseorang bisa saja mengalami palpitasi jantung (jantung berdebar) yang dipicu oleh pelepasan hormon norepinefrin yang menghasilkan efek stimulasi mirip dengan hormon adrenalin.

Bukan itu saja, kafein juga dapat meningkatkan jumlah kalsium dalam sel-sel jantung yang mampu memengaruhi aktivitas jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Meski kondisi ini bukanlah kondisi yang berbahaya, jika terjadi secara berulang, kamu perlu memeriksakan diri di rumah sakit terdekat untuk mengetahui kondisi kesehatan jantungmu yang sebenarnya.

Baca juga: Yang Terjadi pada Tubuh Jika Konsumsi Kopi Pagi Hari

Apa Saja Manfaat Kopi bagi Kesehatan Tubuh?

Saat kamu mengonsumsi kopi dalam takaran yang pas, sederet manfaat kopi bisa kamu dapatkan. Untuk memperoleh manfaatnya, sebaiknya kamu mengonsumsi kopi hitam tanpa gula, karena mengandung konsentrasi antioksidan tinggi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Selain mengandung stimulan alami, mengonsumsi kopi secara rutin mampu membuat kamu terjaga meski tubuh terasa lelah. Kopi cocok dikonsumsi bagi seseorang yang tengah mengejar deadline kerja, agar bisa lebih fokus. Berikut manfaat kopi lainnya bagi kesehatan tubuh:

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika dikonsumsi secara rutin, kopi tanpa gula dapat membantu membakar lemak dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Kafein mampu membantu proses pembakaran lemak dengan meningkatkan laju metabolisme tubuh sebesar 3-11 persen.

  • Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat kopi lainnya yaitu membantu meningkatkan daya ingat dengan membantu otak agar tetap aktif. Otak yang tetap aktif akan mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia yang berkaitan dengan rasa lupa. Saat dikonsumsi secara rutin, kopi mampu menurunkan risiko mengidap kedua penyakit tersebut sebanyak 65 persen.

  • Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat kopi selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2. Ingat, kopi yang disarankan adalah kopi yang bebas gula, karena pengidap kondisi ini tidak dapat mengeluarkan cukup insulin dalam tubuh untuk mengolah kelebihan gula. Pengidap diabetes yang mengonsumsi kopi dengan gula akan membuat penumpukan gula dalam darah.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson

Manfaat kopi lainnya yakni menurunkan risiko penyakit parkinson dengan cara meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. Penyakit parkinson akan memengaruhi kerja sel-sel saraf pada otak untuk menghasilkan dopamin, yaitu suatu neurotransmitter yang bertanggung jawab dalam mengirimkan sinyal antara sel-sel saraf otak.

Baca juga: Minum Kopi saat Sakit, Apa Dampaknya?

Meskipun pada beberapa kondisi dampak kopi bagi kesehatan jantung tidak dapat dihindari, tapi sederet manfaat kopi juga bisa kamu rasakan jika mengonsumsinya secara tepat dan tidak berlebihan. Selamat mencoba!

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2020. How does caffeine cause your heart to skip a beat?

Healthline. Diakses pada 2020. 13 Health Benefits of Coffee, Based on Science.