• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Anggap Enteng, Berikut Penyebab Kanker Pankreas
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Anggap Enteng, Berikut Penyebab Kanker Pankreas

Jangan Anggap Enteng, Berikut Penyebab Kanker Pankreas

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Desember 2021
Jangan Anggap Enteng, Berikut Penyebab Kanker Pankreas

“Kanker pankreas menjadi salah satu penyakit yang berbahaya. Sebaiknya ketahui berbagai faktor pemicu penyebab kanker pankreas agar kamu bisa mencegah penyakit ini.”

Halodoc, Jakarta – Pankreas adalah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting untuk memproduksi hormon glukagon serta insulin yang bertugas menjaga kadar gula darah. Organ ini juga berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan, seperti kanker pankreas.

Kanker pankreas dapat dialami oleh siapa saja, tetapi penyakit ini lebih umum dialami oleh kelompok orang yang memasuki usia lanjut. Kanker pankreas menjadi salah satu penyakit yang berbahaya untuk itu kamu perlu waspada terhadap gejalanya dan hindari penyebab kanker pankreas.

Penyebab Kanker Pankreas

Kanker pankreas bermula dari jaringan dalam pankreas. Kanker pankreas terjadi ketika jaringan atau sel pada pankreas mengalami perubahan atau mutasi DNA. Perubahan yang terjadi membuat sel sehat pada pankreas bermutasi menjadi sel abnormal yang pertumbuhannya tidak terkendali.

Sel-sel abnormal yang berkembang dapat membentuk massa atau tumor pada pankreas. Lalu, apa yang menyebabkan perubahan atau mutasi DNA pada sel dalam pankreas? Berikut ini beberapa faktor risiko yang menjadi penyebab kanker pankreas, seperti:

  1.  Usia

Usia lanjut menjadi salah satu faktor risiko kanker pankreas. Umumnya, pengidap kanker pankreas memiliki usia sekitar 45 tahun ke atas. Jadi, sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mendiagnosis penyakit ini sejak dini.

  1. Riwayat Keluarga

Memiliki riwayat keluarga dengan kanker pankreas menjadi faktor yang tidak dapat dikendalikan. 

  1. Kebiasaan Merokok

Bukan hanya menyebabkan gangguan pada kesehatan paru-paru dan jantung, kebiasaan merokok juga meningkatkan risiko kanker pankreas. Untuk menurunkan risiko ini, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok agar kondisi kesehatan tetap optimal.

  1. Mengalami Obesitas

Mengalami obesitas menjadi salah satu pemicu kanker pankreas. Pengidap obesitas memiliki risiko 20 persen lebih besar mengalami penyakit ini dibandingkan orang dengan berat badan normal. Sebaiknya lakukan pola makan sehat dan rutin berolahraga untuk menjaga berat badan tetap normal.

  1. Diabetes

Kanker pankreas menjadi gangguan kesehatan yang rentan dialami oleh pengidap diabetes. Umumnya, penyakit ini dialami oleh pengidap diabetes tipe 2. 

  1. Pengonsumsian Alkohol

Sebaiknya batasi asupan alkohol yang kamu konsumsi. Mengonsumsi alkohol terlalu banyak dapat memicu pankreatitis kronis yang meningkatkan risiko kanker pankreas.

Itulah beberapa penyebab kanker pankreas yang perlu kamu waspadai. Jika kamu memiliki faktor pemicu kanker pankreas, sebaiknya tetap lakukan hidup sehat dan perbanyak mengonsumsi berbagai makanan sehat.

Di awal perkembangannya, kanker pankreas jarang menyebabkan gejala pada pengidapnya. Namun, saat gejala bertambah parah ada beberapa gejala yang kerap dialami oleh pengidap kanker pankreas.

Gejala kanker pankreas dapat menyebabkan penyakit kuning, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, kelelahan terus-menerus, hingga suhu tubuh yang meningkat. Selain itu, kanker pankreas juga bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan yang menyebabkan diare, konstipasi, nyeri pada perut, hingga kembung.

Itulah gejala kanker pankreas yang perlu diperhatikan. Segera lakukan pemeriksaan jika kamu mengalami beberapa gejala yang terkait dengan kanker pankreas. Apalagi jika kamu merasa gangguan kesehatan yang dialami tidak kunjung membaik. 

Kamu bisa langsung bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan begitu kamu bisa mengetahui pemeriksaan apa saja yang perlu dilakukan. Kamu juga bisa membuat janji di rumah sakit terdekat agar pemeriksaan yang perlu dilakukan dapat berjalan dengan baik. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Pancreatic Cancer.
NHS. Diakses pada 2021. Pancreatic Cancer.
American Cancer Society. Diakses pada 2021. Signs and Symptoms of Pancreatic Cancer.
Cleveland Cancer. Diakses pada 2021. Pancreatic Cancer.