Jangan Asal, Ini Cara Pilih Obat Flu untuk Ibu Menyusui

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Jangan Asal, Ini Cara Pilih Obat Flu untuk Ibu Menyusui

Halodoc, Jakarta – Penyakit flu adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Flu, yang dikenal dengan influenza adalah salah satu infeksi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh paparan virus.

Baca juga: Nutrisi yang Diperlukan Ibu Menyusui

Gejala yang dirasakan saat mengalami flu, seperti demam, nyeri otot, sakit kepala, batuk, bersin yang disertai dengan hidung yang meler. Kondisi ini umum terjadi pada siapa saja, termasuk ibu menyusui. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan ketika mengalami penyakit flu, seperti penuhi kebutuhan istirahat ibu agar kesehatan ibu cepat pulih.

Mengonsumsi beberapa jenis obat juga bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan kesehatan seperti flu. Namun, sebaiknya ibu menyusui hindari mengonsumsi sembarang obat untuk mengatasi masalah flu. Pilihlah obat yang hanya mengatasi masalah flu saja. Hindari obat dengan campuran bahan yang lain.

Tidak ada salahnya untuk bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung mengenai penanganan penyakit flu pada ibu hamil. Bertanya langsung pada dokter membantu ibu mengurangi dampak yang mungkin saja terjadi akibat pengonsumsian obat flu secara sembarangan.

Dampak Ibu Menyusui Minum Obat Sembarangan

Ada beberapa dampak yang terjadi ketika ibu minum obat secara sembarangan, seperti menurunnya kualitas ASI atau dampak langsung pada bayi. Hindari obat yang memiliki sifat kerja secara bertahap. Semakin lama obat bekerja dalam tubuh, tentu potensi bayi terpengaruh obat akan semakin besar.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami beberapa gejala yang menjadi tanda dari penyakit influenza. Kondisi flu yang segera diatasi nyatanya dapat menurunkan risiko bayi mengalami kondisi yang serupa.

Baca juga: 4 Gangguan Kesehatan yang Sering Dialami Ibu Menyusui

Bagi ibu yang tidak mau mengonsumsi obat, sebaiknya jangan khawatir. Ada beberapa pilihan bahan alami yang membantu ibu menyembuhkan kondisi flu, seperti:

1. Konsumsi Air Putih Hangat

Penuhi kebutuhan cairan ketika menyusui dan mengalami flu. Tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi air putih hangat. Uap yang dihasilkan dari air hangat membantu untuk melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat.

2. Konsumsi Jahe Hangat

Jahe adalah tanaman obat yang membantu ibu mengatasi masalah flu. Kandungan minyak atsiri, gingerol, mineral dan antioksidan alami dalam jahe membantu mengatasi gejala demam dan flu yang dialami oleh ibu menyusui. Jahe mengandung asam amino dan mineral untuk membantu melancarkan sirkulasi darah.

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin C

Ibu bisa perbanyak mengonsumsi sayur atau buah yang banyak memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Beberapa makanan sumber vitamin C yang mudah ditemui, yaitu buah jeruk, stroberi, brokoli, dan sayur kubis.

4. Madu

Madu berbahaya untuk bayi namun masih dikonsumsi oleh ibu menyusui. Bahkan, ibu mendapatkan banyak manfaat dari madu, salah satunya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan antibakteri dan antioksidan pada madu.

Baca juga: Puting “Tenggelam”? Ini yang Harus Dilakukan Ibu Menyusui

Untuk mencegah penularan, hindari bersin di depan bayi. Jangan ragu untuk gunakan masker selama ibu mengalami flu. Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan diri, khususnya tangan ketika bersama bayi. Ibu menyusui dianjurkan untuk selalu mencuci tangan ketika menyusui atau beraktivitas bersama bayi. Selalu bersihkan payudara ketika menyusui agar bayi terhindar dari virus penyebab flu.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Is It Safe to Take Cold Medicine While Breastfeeding?
NHS. Diakses pada 2019. Can I Take Cough and Cold Remedies While I am Breastfeeding
Healthline. Diakses pada 2019. Natural Flu Remedies