• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Asal, Ini Tips Memilih Sikat Gigi yang Tepat

Jangan Asal, Ini Tips Memilih Sikat Gigi yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Jangan Asal, Ini Tips Memilih Sikat Gigi yang Tepat

“Sikat gigi adalah alat yang digunakan setiap hari untuk membersihkan mulut dan gigi. Sakit gigi digunakan setiap hari, sehingga sangat penting untuk memilih sikat gigi yang tepat. Salah satu indikatornya adalah memilih sikat gigi dengan bulu yang lembut.”

Halodoc, Jakarta – Menyikat gigi adalah salah satu kegiatan yang perlu dilakukan oleh semua orang agar kesehatan mulutnya dapat terjaga. Nah, karena mulut kamu setiap hari berinteraksi dengan sikat gigi, tentunya perlu memilih yang tepat. 

Saat memilih sikat gigi yang tidak tepat, tentu pembersihan gigi tidak maksimal dan mungkin saja malah menimbulkan gangguan. Lalu, apa saja sih kiat-kiat yang bisa dilakukan agar bisa menemukan sikat gigi yang tepat? Ketahui jawabannya di sini!

Baca juga: Cara Sikat Gigi yang Tepat Hindarkan Risiko Kanker Mulut

Cara Memilih Sikat Gigi yang Tepat untuk Digunakan

Memang, menjaga kebersihan mulut sangat penting untuk dilakukan, bukan hanya kesehatan gigi tetapi juga seluruh seluruh bagian mulut. Faktanya, salah satu risiko yang paling besar jika tidak menjaga kesehatan mulut adalah penyakit gusi.

Jika dibiarkan, kondisi ini dapat berkembang menjadi masalah kesehatan yang serius, bahkan penyakit jantung dan diabetes. Jika kamu sudah rutin menjaga kesehatan gigi dengan cara menyikatnya, penting juga untuk mengetahui jenis sikat gigi yang cocok.

Tidak semua orang sadar jika sikat gigi yang digunakan ternyata tidak cocok untuk mulutnya dan tidak membersihkan secara maksimal. Maka dari itu, penting untuk memilih sikat gigi yang tepat dan akan kamu gunakan setiap hari. Berikut beberapa cara memilihnya:

1. Pilih Sikat Gigi dengan Bulu yang Lembut

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk memilih sikat gigi adalah pilih yang menggunakan bulu yang lembut. Setelah itu, kamu harus menyikat gigi dengan cara membuat lingkaran yang memang sering direkomendasikan oleh dokter gigi.

Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan plak atau kotoran yang menempel di antara gigi dan tidak akan melukai gusi serta area sensitif di mulut. Jika kamu menggunakan sikat gigi dengan bulu yang sedang atau bahkan keras, risiko untuk mengalami kerusakan atau gangguan pada gusi lebih tinggi.

Bahkan, pengikisan pada lapisan pelindung email gigi juga dapat terjadi, terlebih jika menggunakan sikat gigi yang keras. Gantilah sikat gigi kamu dengan bulu yang lembut.

Baca juga: Seberapa Sering Baiknya Mengganti Sikat Gigi?

2. Ukuran Sikat Gigi yang Tepat

Kamu juga perlu memastikan untuk menggunakan ukuran sikat gigi yang tepat. Dengan memilih sikat gigi dengan kepala yang tepat, kamu bisa mengakses semua permukaan gigi dengan mudah.

Untuk orang dewasa, direkomendasikan untuk menggunakan sikat gigi dengan kepala yang memiliki lebar 1,25 cm dengan tinggi 2,5 cm. Dengan begitu, efektivitas untuk pembersihan mulut lebih terlihat.

Jika kamu menggunakan kepala sikat gigi yang lebih besar, mungkin saja akan merasa sulit untuk mengarahkannya, terlebih untuk membersihkan area tertentu yang sulit dijangkau, seperti bagian samping dan belakang gigi geraham. Pastikan untuk memilih sikat gigi dengan pegangan yang cukup panjang agar mudah untuk digenggam.

3. Pilih yang Sudah Mendapatkan Rekomendasi Ahli

Saat memilih sikat gigi, pastikan jika pilihan kamu sudah menjalani tes kontrol kualitas yang ketat, terutama untuk efektivitas dan keamanan pembersihan. Pastikan juga untuk meminta rekomendasi dari dokter gigi kamu. Ada dua pilihan sikat gigi, yaitu manual atau listrik yang bisa digunakan. Pilih salah satu yang terbaik sesuai rekomendasi ahli.

Kamu juga bisa melakukan pemesanan untuk pemeriksaan rutin gigi dan bertanya langsung tentang cara memilih sikat gigi yang tepat pada beberapa dokter gigi di rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa dilakukan cukup menggunakan smartphone di tangan.

Baca juga: 6 Kesalahan Orang Saat Menggosok Gigi

Itulah beberapa cara memilih sikat gigi yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan alat pembersih gigi yang sesuai dengan mulut. Ganti sikat gigi secara rutin. American Dental Association menyebutkan, seseorang perlu mengganti sikat gigi kurang lebih setiap tiga bulan.

Jika selama ini kamu merasa tidak nyaman dengan sikat gigi yang digunakan, segera ganti dengan yang sesuai. Bukan hanya membuat mulut dan gigi tidak bersih, beberapa masalah mulut juga dapat terjadi jika terus dibiarkan.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Le Mints. Diakses pada 2021. 5 Tips For Choosing The Right Toothbrush.
Web MD. Diakses pada 2021. Choosing a Toothbrush: The Pros and Cons of Electric and Disposable.