• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Asal Kurus, Ini Pentingnya Konsumsi Serat saat Diet
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Asal Kurus, Ini Pentingnya Konsumsi Serat saat Diet

Jangan Asal Kurus, Ini Pentingnya Konsumsi Serat saat Diet

5 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 26 September 2022

“Tubuh yang kurus ternyata belum tentu sehat. Oleh karena itu, kamu perlu konsumsi serat yang cukup agar terhindar dari penumpukan lemak dan tidak mudah lapar.”

Jangan Asal Kurus, Ini Pentingnya Konsumsi Serat saat DietJangan Asal Kurus, Ini Pentingnya Konsumsi Serat saat Diet

Halodoc, Jakarta – Dalam upaya menurunkan berat badan, kamu mungkin sering dengar anjuran untuk mengurangi porsi makan. Padahal, ada hal yang tak kalah penting, yaitu memperbanyak asupan serat. Pentingnya konsumsi serat saat diet tidak hanya soal penurunan berat badan, tapi juga membuat tubuh jadi lebih sehat dan bugar. 

Serat adalah karbohidrat yang ditemukan dalam makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Tidak seperti karbohidrat lainnya, serat tidak mudah dicerna oleh tubuh, sehingga bisa melewati pencernaan tanpa menyebabkan gula darah naik. 

Lantas, mengapa serat penting untuk penurunan berat badan? Yuk simak penjelasannya!

Ini Pentingnya Konsumsi Serat saat Diet

Serat tidak memiliki sifat pembakar lemak ajaib. Namun, ini bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Caranya dengan membuat kamu merasa kenyang tanpa menambahkan banyak kalori ekstra pada makanan. 

Salah satu alasan pentingnya konsumsi serat saat diet adalah karena serat mampu mencegah kamu cepat lapar. Serat bekerja dengan membantu memenuhi perut, dan merangsang reseptor yang memberi tahu otak bahwa sudah waktunya untuk berhenti makan.

Serat dibagi menjadi dua kategori, yaitu serat tidak larut dan serat larut. Keduanya berbeda dalam cara mereka berinteraksi dengan air dalam tubuh. Serat tidak larut tidak bercampur dengan air dan biasanya bertindak sebagai agen penggembur untuk membantu membentuk tinja dan melewatinya melalui usus. Ini pun dapat membantu mengatasi sembelit.

Sementara serat larut, seperti beta-glukan dan glukomanan, bercampur dengan air untuk membentuk zat kental seperti gel yang memperlambat lambung melepaskan makanan yang dicerna ke dalam usus.

Jenis serat yang penting dikonsumsi saat diet adalah serat larut. Sebab, serat larut tertentu dapat secara signifikan memengaruhi kesehatan dan metabolisme, serta berat badan. 

Makan lebih banyak serat larut juga dapat membantu menghilangkan dan mencegah penambahan lemak perut. Suatu studi pada 2012 yang diterbitkan di jurnal Obesity, mengungkapkan bahwa peningkatan 10 gram asupan serat larut harian dapat menurunkan risiko 3,7 persen untuk mendapatkan lemak perut.

Kurus Juga Harus Sehat

Ada banyak metode diet yang menjanjikan penurunan berat badan dengan cepat. Padahal, yang terpenting adalah memiliki tubuh yang ideal, tapi juga sehat. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan asupan makanan selama diet, agar kamu bisa tetap bugar. 

Salah satu nutrisi penting yang wajib dipenuhi adalah serat. Selain membantu penurunan berat badan, ada banyak alasan pentingnya konsumsi serat saat diet, bagi kesehatan, yaitu:

  • Menormalkan Gerakan Usus

Serat dapat meningkatkan berat dan ukuran tinja dan melembutkannya. Dengan begitu, tinja jadi lebih mudah dikeluarkan, dan kamu bisa terhindar dari sembelit. 

  • Menjaga Kesehatan Usus

Diet tinggi serat dapat menurunkan risiko terkena wasir dan penyakit divertikular. Serat larut juga bisa mendukung keanekaragaman bakteri baik di usus. 

  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Serat larut yang ditemukan dalam kacang-kacangan, gandum, biji rami dan lain-lain, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. 

  • Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Serat, terutama serat larut, dapat memperlambat penyerapan gula dan membantu meningkatkan kadar gula darah. Diet sehat yang mencakup serat tidak larut juga dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Coba Suplemen Serat Silmsure

Mengingat pentingnya konsumsi serat saat diet, jangan sampai kamu kekurangan nutrisi ini, ya! Asupan serat bisa didapat dari makanan, seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

Selain itu, kamu juga bisa memenuhi asupan serat saat diet dengan minum Slimsure. Ini adalah suplemen dan minuman kaya serat  yang bernutrisi dengan formulasi Jepang, dan telah bersertifikat HALAL, BPOM, HACCP, ISO dan GMP. 

Slimsure dapat membantu dalam banyak hal, seperti:

  • Menurunkan berat badan
  • Menjaga berat badan  tetap ideal
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Melancarkan pencernaan
  • Mengikat lemak sekalgus membantu proses pembakaran lemak jenuh
  • Menghindari penumpukan lemak jahat dan risiko berbagai penyakit seperti obesitas, kolesterol, diabetes, jantung dan sebagainya.

Ada dua jenis produk Silimsure yang bisa kamu coba, yaitu Slimsure Block Fat dan Slimsure Burn Fat Capsule. Slimsure Block Fat adalah minuman serbuk yang kaya akan kandungan serat alami dan vitamin C, A, B kompleks dan B6 dengan rasa mixed fruit

Di dalamnya terdapat komposisi seperti Psyllium Husk, yakni serat alami yang bisa mengembang dan menyerap  air dalam usus sehingga melancarkan pergerakan usus serta Inulin yang merupakan serat alami yang dapat larut dan bermanfaat bagi  pencernaan dan kesehatan tubuh. 

Tidak lupa juga terkandung vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan untuk menangkal radikal  bebas, serta bahan bermanfaat lain seperti Ginger extract, pineapple extract, orange extract, banana  extract.

Minuman serbuk ini bekerja dengan menyerap lemak jahat pada makanan yang dikonsumsi, dan didetoks ke usus melalui sistem pencernaan dan dikeluarkan melalui tinja. Suplemen ini aman dikonsumsi oleh ibu menyusui, serta pengidap diabetes dan kolesterol tinggi.

Sementara itu, Slimsure Burn Fat Capsule adalah suplemen berbentuk kapsul yang 2x lebih efektif membantu proses pembakaran lemak jahat baru, maupun lemak jahat yang sudah menimbun dalam darah. 

Slimsure Burn Fat Capsule mengandung serat dan bahan alami seperti Garcinia Cambogia extract, Guazuma Ulmifolia Folium, Curcuma Domestica, dan Murrayae Paniculatae Folium.

Suplemen ini bekerja dengan cara meningkatkan pembakaran kalori dan lemak jahat pada makanan yang dikonsumsi untuk selanjutnya diproses menjadi energi. Selain itu, suplemen ini juga bisa menghambat proses pembentukan jaringan lemak, mengurangi nafsu makan, dan membantu penurunan berat badan.

Nah, berikut ini cara konsumsi suplemen serat Slimsure untuk menjaga dan menurunkan berat badan:

  • Slimsure Block Fat: Untuk menjaga berat badan, minum 1x sehari saat malam sebelum tidur. Untuk ibu menyusui dan pengidap diabetes, minum 2x sehari setelah sarapan atau makan siang dan malam sebelum tidur. Untuk pengidap obesitas dan kolesterol tinggi atau yang ingin menurunkan berat badan, minum 2x sehari 60 menit setelah sarapan atau makan siang dan malam sebelum tidur. 
  • Slimsure Burn Fat Capsule: Untuk pengidap obesitas dan kolesterol tinggi yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan, minum 2x sehari 30 menit sebelum makan.

Nah, itulah pembahasan mengenai pentingnya konsumsi serat saat diet. Jika tertarik mencoba, kamu bisa membeli produk Slimsure melalui aplikasi Halodoc. Caranya, download Halodoc di ponsel, lalu cek toko kesehatan dan cari produk Slimsure dan kebutuhan medis kamu lainnya. 

Referensi:
Obesity. Diakses pada 2022. Lifestyle Factors and 5-Year Abdominal Fat Accumulation in a Minority Cohort: The IRAS Family Study.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Dietary Fiber: Essential For a Healthy Diet.
Healthline. Diakses pada 2022. How Eating Fiber Can Help You Lose Belly Fat.
WebMD. Diakses pada 2022. High-Fiber Diets and Weight Loss.