Jangan Asal Olahraga, Pendinginan Itu Penting!

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Gerakan pendinginan setelah olahraga

Halodoc, Jakarta - Gerakan pendinginan setelah olahraga tidak boleh dianggap remeh. Manfaatnya tidak hanya mencegah cedera, namun juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul setelah berolahraga. Ini karena saat berolahraga, otot-otot di seluruh tubuh akan berubah menjadi hangat karena adanya gerakan dengan kecepatan tinggi. Manfaat pendinginan adalah untuk meningkatkan rentang gerak otot sehingga tidak terjadi peregangan otot dan luka dalam kondisi hangat.

Tidak hanya itu, pendinginan juga bisa mengurangi kelelahan otot, melatih fleksibilitas otot, serta mencegah stres. Lantas, seperti apa gerakan pendinginan setelah olahraga yang bisa dilakukan? Yuk, simak enam di antaranya berikut ini:

1. Peregangan Kupu-kupu

Gerakan pendinginan pertama yang paling mudah adalah peregangan kupu-kupu. Kamu hanya perlu duduk di lantai dan menekuk kedua kaki ke dalam sehingga kedua telapak kaki akan saling berhadapan. Sekilas, gerakan ini terlihat seperti duduk bersila. Setelah itu, tekuk tubuh dengan perlahan ke depan untuk meningkatkan intensitasnya. Tahan gerakan ini hingga 30 detik.

2. Posisi Kepala ke Lutut

Peregangan yang paling umum dilakukan dengan cara duduk dan kaki kanan ditekuk ke dalam sementara kaki kiri tetap lurus. Selanjutnya, tekan telapak kaki kanan ke paha kaki kiri dan tekuk tubuh ke arah kaki kiri hingga posisi kepala menyentuh lutut. Perhatikan agar bahu tetap sejajar dengan permukaan dan tahan posisi ini selama kurang lebih 30 detik, lalu tukar posisi kaki.

3. Peregangan Paha

Proses pendinginan selanjutnya adalah pada bagian paha. Cobalah untuk berdiri tegak terlebih dahulu sambil menarik napas. Selanjutnya, tarik kaki kanan ke belakang menuju bokong dengan menggunakan tangan. Rasakan tarikan di bagian depan paha kanan sambil menjaga keseimbangan tubuh. Usahakan untuk tidak berpegangan pada apapun selama 15 detik, setelah itu tukar kaki.

4. Peregangan Betis

Berdiri tegaklah dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang dengan sejajar punggung. Pastikan kedua kakimu menapak seluruhnya dan menghadap ke depan. Selanjutnya, tekuk kaki kanan depan secara perlahan dan turunkan tubuh sedikit demi sedikit. Cobalah untuk merasakan tarikan di betis bagian belakang kaki kiri dan lakukan gerakan ini selama 15 detik di tiap kaki.

5. Peregangan Hamstring

Masih dengan posisi kaki kanan di bagian depan dan kaki kiri di belakang, cobalah untuk menekuk kaki kiri sementara kaki kanan tetap lurus. Tempatkan tangan di pinggang lalu angkat bagian depan telapak kaki kanan sehingga yang menapak di lantai hanya bagian tumit saja. Tekuk badan sedikit ke arah kaki kanan dengan kaki kiri yang menekuk. Tetap menjaga punggung untuk lurus selama proses pendinginan ini. Ulangi tiap 15 detik pada setiap kaki.

6. Peregangan Low Lunge

Gerakan pendinginan terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah low lunge. Caranya, posisikan lutut kanan di permukaan dan kaki kiri tetap lurus. Letakkan kedua tangan di permukaan lalu tekuk tubuh ke depan hingga 90 derajat. Tahan gerakan ini selama 60 detik sebelum menukar kaki.

Untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat, kamu dapat melengkapi kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin. Kamu dapat memesannya di Halodoc melalui fitur Pharmacy Delivery. Setelah memesan suplemen dan vitamin yang dibutuhkan, kamu hanya perlu menunggu selama satu jam hingga pesanan datang. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang.

Baca juga: