• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Bingung, Ini 3 Tips Memilih Toner Sesuai Jenis Kulit

Jangan Bingung, Ini 3 Tips Memilih Toner Sesuai Jenis Kulit

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Sebagai salah satu rangkaian perawatan wajah, toner adalah salah  satu produk perawatan wajah yang wajib kamu gunakan. Toner sendiri ialah cairan berbasis air dengan konsistensi seperti cuka yang mengandung bahan-bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah kulit tertentu.

Mencuci wajah dengan menggunakan sabun pembersih saja tidak akan cukup untuk mengangkat segala kotoran yang menempel di wajah. Apalagi jika kamu adalah tipe orang yang aktif, maka kotoran akan semakin banyak menempel di wajah. Toner ini akan memaksimalkan pembersihan sisa-sisa riasan wajah dan kotoran yang masih menempel di kulit.

Dengan menggunakan toner, keseimbangan pH pada kulit akan tetap terjaga. Kulit pun menjadi halus, bintik-bintik hitam berkurang dan kuman penyebab jerawat akan lenyap. Selain itu, dengan kulit yang segar dan bersih, produk perawatan-perawatan wajah lain, seperti serum atau pun krim anti penuaan yang akan digunakan setelahnya akan mudah diserap kulit.

Toner wajah yang hendak kamu gunakan pun tidak boleh asal. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya harus sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu. Oleh karena itu, simaklah tips memilih toner yang sesuai dengan jenis kulitmu:

  1. Untuk Kulit Kering

Supaya kulitmu tidak jadi semakin kering, hindarilah toner wajah yang memiliki kandungan alkohol, sebab zat ini hanya akan membuat kulitmu semakin kehilangan kelembapan alaminya dan kesannya menjadi lebih kesat. Gunakanlah toner wajah berbahan losion yang akan membuat kulitmu menjadi lembap, terhidrasi dengan baik, dan menjadikan kulit semakin lembut. Kamu juga bisa pilih toner dengan kandungan geranium dan bunga mawar.

Baca juga: 5 Perawatan Kulit Kering yang Patut Dicoba

  1. Untuk Kulit Berminyak

Karena terdapat banyak minyak di permukaan kulit, para ahli kecantikan menyarankan mereka yang memiliki kulit berminyak untuk menggunakan toner yang mengandung bahan aktif mengontrol minyak. Kamu dapat memilih toner yang memiliki zat Astringent yang terkandung dalam mentimun atau toner yang memiliki kandungan orange blossom, lemon, dan rose. Zat tersebut akan membuat kulit terasa lebih segar dan memperkecil pori-pori.

  1. Untuk Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi ditandai dengan kandungan minyak yang berlebih pada T-zone area (dahi, hidung, dan sekitar pipi), sementara di luar daerah itu, kulitmu akan cenderung kering. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk menggunakan toner yang berbeda. Pilih toner untuk kulit berminyak untuk diaplikasikan pada T-zone, sementara untuk area lainnya kamu dapat menggunakan toner berbahan losion.

Terlepas dari tips memilih toner di atas, berikut ini terdapat beberapa fakta mengenai jenis toner yang perlu kamu ketahui:

  • Penggunaan toner berbahan produk yang mengandung alkohol dalam jangka panjang akan memicu kulit menjadi lebih sensitif dan mengganggu metabolisme kulit. Maka dari itu, pilihlah produk tanpa alkohol.
  • Banyak yang menganggap bahwa air mawar cocok digunakan sebagai toner, padahal kenyataannya tidak seperti itu. Air mawar sebaiknya hanya digunakan sebagai campuran masker atau lulur.   
  • Menggunakan toner dengan bantuan kapas akan membuatnya menjadi tidak maksimal karena toner akan lebih banyak meresap ke dalam kapas. Gunakanlah langsung menggunakan tangan sambil ditepuk-tepuk atau masukan toner ke botol semprot dan semprotkan pada wajah yang bersih.

Baca juga: 10 Manfaat Air Mawar untuk Wajah

Nah, tadi adalah tips memilih toner, untuk tips kesehatan wajah lainnya, kamu bisa menanyakannya langsung pada dokter yang sudah terdaftar dan tepercaya melalui aplikasi Halodoc. Kapan lagi bisa berinteraksi dengan ribuan dokter yang stand by 24/7 untuk menjawab pertanyaan kamu secara gratis? Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga!