• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Diabaikan, 5 Kebiasaan yang Membuat Bibir Kering

Jangan Diabaikan, 5 Kebiasaan yang Membuat Bibir Kering

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Jangan Diabaikan, 5 Kebiasaan yang Membuat Bibir Kering

“Tampilan bibir kering bisa menurunkan rasa percaya diri. Namun, terkadang bibir kering bisa disebabkan kebiasaan kurang sehat yang kamu lakukan sendiri. Contohnya seperti kebiasaan menggigit bibir, kurang minum air putih, hingga suka menjilati bibir bisa menyebabkan bibir kering.”

Halodoc, Jakarta – Para wanita, pasti kamu bete ketika bibir kering dan pecah-pecah. Pasalnya, bibir yang kering dan pecah-pecah pasti bikin lipstik yang dipakai kurang menempel bahkan memperjelas tekstur bibir yang sedang kering. Bibir yang kering dapat mengganggu penampilan, tapi sadarkah kamu kalau kondisi ini disebabkan oleh kebiasaan yang sering kamu lakukan?

Bukan cuma cuaca yang bisa bikin bibir kering kerontang dan pecah-pecah, tetapi kebiasaan yang jarang kamu sadari ini ternyata dapat menjadi penyebabnya, lo! Dikutip dari beberapa sumber, berikut sejumlah kebiasaan yang membuat bibir kering, yaitu: 

Baca Juga: Cara Tepat untuk Merawat Bibir agar Tetap Lembap

1. Menggigit Bibir

Ketika rasa panik, gugup dan cemas melanda terkadang kamu sering melakukan hal tertentu sebagai upaya menyiapkan diri untuk situasi buruk yang bisa terjadi. Selain menggoyang-goyangkan kaki, menggigit bibir juga dilakukan sebagian orang ketika cemas atau gugup. Menggigit bibir juga bisa menjadi kebiasaan, meski orang tersebut sedang tidak gugup. 

Ternyata, kebiasaan buruk ini dapat membuat bibir menjadi kering. Kebiasaan menggigit bibir lama-kelamaan dapat mengiritasi bibir dan memperburuk kondisi bibir karena rentan terluka. Jadi, kalau kamu punya kebiasaan ini, sebaiknya hentikan dan gunakan pelembap agar bibir sehat kembali.

2. Menjilat Bibir

Kebiasaan lain yang sering dilakukan tanpa sadar adalah menjilati bibir. Ketika bibir terasa kering, sebagian orang cenderung menjilati bibirnya. Bukannya bibir lembap, menjilat bibir dapat membuat bikin bibir tambah kering. Pada awalnya, menjilat bibir mungkin terasa melembapkan, namun hal ini hanya bertahan sementara. Air liur justru menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis dan malah mengambil kelembapan alaminya.

Dikutip dari Healthline, air liur mengandung enzim yang berfungsi untuk membantu mencerna makanan. Enzim dalam mulut mengandung senyawa cukup keras sehingga tidak memberikan kelembapan untuk bibir. Terlebih, ketika air liur berkontak dengan udara, maka dapat membuat bibir kembali kering dan mengelupas. 

Baca Juga: Jangan Sembarangan dalam Memilih Pelembap, Ini 3 Tipsnya

3. Jarang Minum Air

Punya kebiasaan malas minum air putih? Sebaiknya, hentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Pasalnya, kurang minum air bisa menyebabkan dehidrasi yang mampu mengacaukan keseimbangan mineral alami dalam tubuh. Selain bikin bibir dan kulit menjadi kering, dehidrasi juga memberikan dampak negatif untuk sistem organ dalam tubuh.

Dehidrasi umumnya ditandai dengan pusing, jarang buang air kecil, sembelit, sakit kepala dan bibir kering atau pecah-pecah. Jika kamu mengalami gejala tersebut, tandanya kamu harus cepat-cepat minum untuk mengisi ulang cairan tubuh yang sudah hilang. 

4.Sering Minum Alkohol

Kebiasaan mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan juga bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Melansir dari Everyday Health, kebanyakan minum alkohol menimbulkan malnutrisi, yaitu proses penyerapan vitamin dalam tubuh terhambat. Akibatnya, kamu tidak mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup. Kurangnya vitamin dan mineral ini yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Kalau kamu punya masalah kecanduan alkohol dan sulit untuk menghentikan kebiasaan ini, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Buat jadwal kunjungan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, kamu tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Baca Juga: Mengatasi Bibir Kering dengan Lip Balm

5. Suka Makan Asin dan Pedas

Makanan asin dan pedas memang bikin nagih. Namun, kebiasaan ini juga bisa bikin bibir kering dan pecah-pecah. Garam yang terkandung dalam makanan asin mampu mengiritasi lapisan kulit bibir dan menyebabkan peradangan. Sama halnya dengan makanan pedas, capsaicin dalam cabai bisa membuat bibir lebih mudah kering dan pecah-pecah.

Cara Mengatasi Bibir Kering

 Jika kamu sudah terlanjur memiliki bibir kering dan pecah-pecah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Cobalah ikuti tips berikut:

  • Gunakan Pelembab Bibir. Gunakan lip balm yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan dan melembabkan. Contohnya petroleum jelly. 
  • Gunakan Pelembab Bibir Alami. Beberapa bahan alami seperti lidah buaya, minyak kelapa, mentimun, dan madu bisa menenangkan dan melembabkan bibir kering. 
  • Eksfoliasi Bibir. Gunakan scrub bibir yang mengandung gula atau soda kue untuk mengelupaskan kulit kering dengan lembut. 
  • Minum Banyak Air Putih. Dehidrasi menjadi penyebab utama bibir pecah-pecah. Sayangnya hal tidak disadari. Jadi pastikan untuk minum banyak air putih agar tubuh tetap terhidrasi. 

 Nah, itulah kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat bibir menjadi kering. Sebaiknya, konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang untuk menjaga kelembapan bibir. Selain itu, tidak ada salahnya untuk memakai lip balm saat beraktivitas.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi :
Healthline. Diakses pada 2021. What Causes Chapped Lips and How to Treat Them.
Everyday Health. Diakses pada 2021. What You Need to Know About Chapped Lips.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Best 6 ways to relieve chapped lips