• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Dibuang, Ini 4 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Dibuang, Ini 4 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan

Jangan Dibuang, Ini 4 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 08 November 2022

“Ampas teh mengandung vitamin C dan E yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Manfaatnya mulai dari meredakan jerawat hingga menyamarkan selulit.”

Jangan Dibuang, Ini 4 Manfaat Ampas Teh untuk KecantikanJangan Dibuang, Ini 4 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Ampas teh bersifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan kulit. Manfaatnya juga didukung oleh kandungan vitamin C dan E di dalamnya.

Salah satu kegunaannya yakni mencerahkan dan menjaga elastisitas kulit. Vitamin E di dalam ampas teh mengandung tinggi antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, termasuk wajah.

Caranya dengan mengoleskan ampas teh sebagai masker ke seluruh wajah dan diamkan semalaman. Lalu bilas di pagi hari. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Ampas Teh Lainnya Bagi Kulit

1. Mencegah Rambut Rusak

mencegah rambut rusak

Ampas teh mampu meningkatkan kesehatan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Caranya dengan mengaplikasikan ampas teh ke seluruh kulit kepala dan pijat secara perlahan. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

2. Meredakan Peradangan Jerawat

meredakan peradangan jerawat

Ampas teh mengandung zat katekin yang bersifat antibakteri. Kandungan tersebut dapat membantu mengatur ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang menjadi penyebab jerawat. Caranya dengan mengoleskan ampas teh ke bagian yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

3. Mengurangi Masalah Kantung Mata

mengurangi masalah kantung mata

Manfaat ampas teh ini terjadi berkat kandungan vitamin K, antioksidan dan tanin. Caranya dengan mendinginkan ampas teh dalam kulkas selama 30 menit. Kemudian, letakkan di bagian kantung mata. Diamkan selama 15 menit, lalu kamu bisa membilasnya dengan air. Lakukan 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Meredakan Bisul

meredakan bisul

Bakteri Staphylococcus aureus adalah penyebab masalah pada kulit yang cukup umum. Untuk mengatasinya, tempelkan ampas teh selama 15 menit pada area bisul dan tunggu sampai kering. Kamu bisa melakukan cara ini selama 2 kali sehari.

Meski menggunakan ampas teh cenderung aman, pemilik alergi perlu melakukan tes terlebih dulu sebelum menggunakan masker kunyit. Cara ini bertujuan untuk meminimalisir risiko reaksi alergi setelah penggunaan.

Kamu bisa melakukan tes alergi dengan mengoleskan sedikit campuran masker di bagian kulit dan kemudian diamkan dalam waktu 24 jam. Jika tidak muncul kemerahan, gatal atau perih, silakan lanjutkan penggunaan.

Jika mengalami reaksi, silakan buat janji medis untuk melakukan pemeriksaan. Selain itu, dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya dengan mendownload Halodoc sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Times of India. Diakses pada 2022. These 6 health benefits of used tea bags will surprise you!
NDTV Food. Diakses pada 2022. How To Use Tea Bags And Tea Leaves For Beauty And Hair.