• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Dibuang, Ini 6 Manfaat Cangkang Telur bagi Tanaman
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Dibuang, Ini 6 Manfaat Cangkang Telur bagi Tanaman

Jangan Dibuang, Ini 6 Manfaat Cangkang Telur bagi Tanaman

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 Desember 2022

“Cangkang telur mengandung kalium, kalsium, fosfor, magnesium dan natrium. Nutrisi tersebut bermanfaat sebagai kompos, pencegah pembusukan tanaman hingga penangkal hama pada tumbuhan.”

Jangan Dibuang, Ini 6 Manfaat Cangkang Telur bagi TanamanJangan Dibuang, Ini 6 Manfaat Cangkang Telur bagi Tanaman

Halodoc, Jakarta – Cangkang telur memang tidak bisa diolah menjadi makanan. Tapi, bahan ini sangat bermanfaat bagi tumbuhan. Di dalamnya mengandung berbagai nutrisi yang bisa digunakan sebagai pupuk alami.

Master Gardeners dari Hamilton County, Tenn, melalui laman SF Gate menyebutkan, cangkang telur terbuat dari kalsium karbonat. Ini merupakan bahan utama yang digunakan dalam kapur pertanian.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Jeff Gilman, seorang penulis buku berjudul The Truth About Garden Remedies, menunjukkan bahwa air rendaman cangkang telur mengandung 4 miligram kalsium dan kalium.

Selain kandungan tersebut, manfaat cangkang telur juga berasal dari fosfor, magnesium dan natrium di dalamnya. Beberapa nutrisi tersebut berperan penting dalam pertumbuhan hingga kesuburan tanaman.

Manfaat Cangkang Telur Bagi Tanaman

1. Pupuk Kompos

Cangkang telur mengandung kalsium yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan dinding sel tanaman. Tanpa asupan tersebut, tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik dan cepat. Caranya, cuci bersih cangkang telur dan keringkan. Kemudian hancurkan dan campurkan dengan kompos.

2. Mencegah Pembusukan Tanaman

Manfaat ini berasal dari kandungan kalsium yang terdapat dalam cangkang telur. Asupan tersebut dapat diserap oleh tanaman sehingga membuatnya tidak mudah busuk. Caranya, cuci dan keringkan cangkang telur. Kemudian haluskan dan masukkan ke dalam lubang tanah sebelum menanam tumbuhan. 

3. Penangkal Hama

Caranya, cuci dan keringkan cangkang telur terlebih dulu. Kemudian hancurkan jadi bagian-bagian besar, lalu tebarkan di sekitar halaman. Cara ini dapat mencegah siput dan cacing merusak tanaman. 

4. Wadah Menyimpan Bening

Manfaat cangkang telur ini dapat diperoleh dengan cara mencuci cangkang telur terlebih dulu, kemudian keringkan. Lalu isi setengah bagian dari cangkang telur dengan tanah dan masukkan benih. Siram dengan sedikit air dan simpan sampai benih siap ditanam di tanah.

5. Penutup Lubang Pot

Pertama-tama, cuci bersih cangkang telur dan pecahkan menjadi bagian-bagian besar. Selanjutnya, gunakan pecahan tersebut untuk menutup lubang atau pot yang rusak. Cangkang ini juga berperan dalam memberikan nutrisi pada tanah di dalam pot guna meningkatkan kesehatan tanaman.

6. Sebagai Pupuk Alami

Menurut American Society of Plant Biologists, kalsium yang terdapat di dalam cangkang telur memberikan efek pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman. Caranya, masukkan bubuk cangkang telur ke dalam wadah air dan diamkan selama beberapa hari. Gunakan air tersebut untuk menyiram tanaman.

7. Penyubur Tanah

Manfaat cangkang telur ini berkat kandungan kalsium di dalamnya. Kegunaannya bisa dirasakan dengan baik pada tanah dengan tingkat keasaman yang tinggi. Caranya, haluskan cangkang telur yang telah dicuci dan dikeringkan. Kemudian campurkan dengan tanah yang digunakan untuk menanam tanaman.

Selain bermanfaat bagi tanaman, cangkang telur juga dapat menyembuhkan infeksi kulit, mengatasi nyeri sendi dan mengurangi rasa asam pada kopi. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa tanya dokter Secara langsung lewat aplikasi Halodoc.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga.

Referensi:
SFGATE. Diakses pada 2022. What Plants Would Benefit From Crushed Eggshells?
The Spruce. Diakses pada 2022. How Eggshells Can Improve Your Garden.