• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Dilewatkan, Ini Manfaat Pemanasan sebelum Olahraga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Dilewatkan, Ini Manfaat Pemanasan sebelum Olahraga

Jangan Dilewatkan, Ini Manfaat Pemanasan sebelum Olahraga

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 Mei 2022

“Ada banyak sekali manfaat pemanasan sebelum berolahraga. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan suhu tubuh dan otot, serta mengurangi risiko cedera.”

Jangan Dilewatkan, Ini Manfaat Pemanasan sebelum Olahraga

Halodoc, Jakarta – Pemanasan adalah proses yang perlu dilakukan sebelum melakukan olahraga, terutama pada intensitas berat. Meski begitu, masih banyak orang yang menyepelekan pemanasan,  dan memutuskan untuk langsung berolahraga.

Lantas, apa saja sih manfaat pemanasan sebelum olahraga yang bisa didapatkan oleh tubuh?

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga yang Perlu Diketahui

Pemanasan adalah proses yang penting sebelum berolahraga dan perlu dilakukan oleh semua orang. Meski terlihat sepele, ternyata hal ini sangat baik untuk mendukung keberhasilan dari latihan. Nah, berikut beberapa manfaat pemanasan sebelum olahraga. 

1. Meningkatkan Suhu Tubuh dan Otot

meningkatkan suhu tubuh dan otot

Salah satu manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah meningkatkan suhu tubuh dan otot sebelum akhirnya aktivitas fisik sebenarnya dilakukan. Saat suhu otot meningkat, oksigen lebih banyak tersedia di bagian tubuh tersebut, sehingga memungkinkan untuk berkontraksi dan rileks. Selain itu, jantung juga lebih siap, artinya tidak tegang dan kaget saat mendapatkan beban saat olahraga.

2. Mengurangi Risiko Cedera

mengurangi risiko cedera

Hal yang paling dihindari selama berolahraga adalah cedera. Nah, salah satu manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah mengurangi risiko terjadinya cedera. Pemanasan dapat meningkatkan elastisitas otot dan membuat pendinginan terjadi lebih efisien. Dengan begitu, lebih sedikit kemungkinan terjadinya cedera selama berolahraga.

3. Mempersiapkan Mental saat Berolahraga

mempersiapkan mental

Manfaat pemanasan sebelum olahraga lainnya adalah mempersiapkan diri secara mental. Saat langsung melakukan latihan tanpa persiapan dapat menyebabkan gagal total, terutama jika berhubungan secara mental. Kamu mungkin lebih mudah menyerah saat olahraga mulai terasa sulit. Maka dari itu, gunakan waktu pemanasan untuk memikirkan manfaat yang didapatkan saat berolahraga dan hal lainnya.

4. Meningkatkan Fleksibilitas

meningkatkan fleksibilitas

Seperti halnya pemanasan, peregangan juga perlu dilakukan. Peregangan dapat meningkatkan aliran darah ke otot-otot sehingga memungkinkan tubuh untuk meningkatkan fleksibilitas dalam jangka pendek hingga jangka panjang. Peregangan dapat mencegah terjadinya cedera akibat olahraga.

Selain pemanasan yang baik, persiapan latihan juga harus dilakukan seperti pemilihan peralatan yang sesuai. Cobalah untuk melakukan pemanasan, seperti joging, bersepeda, atau bahkan melakukan rangkaian gerakan tertentu. Untuk peregangan, cobalah untuk menggunakan alat statis yang melibatkan peregangan pada otot secara perlahan.

Manfaat dari pemanasan tentu terbukti baik untuk tubuh dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Maka dari itu, pastikan untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Sebab, hal ini pun dilakukan oleh semua atlet profesional untuk mempersiapkan tubuh dan pikirannya sebelum bertanding.

Kamu juga bisa lo bertanya pada ahli medis dari Halodoc dengan menggunakan fitur tanya dokter. Dengan download aplikasi Halodoc, interaksi dengan ahlinya bisa dilakukan kapan dan dimana saja sesuai dengan keinginan hanya menggunakan smartphone. Maka dari itu, gunakan segera aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Filathletic. Diakses pada 2022. 5 Reasons Why Warm Up Exercises Are Important.
Web MD. Diakses pada 2022. Benefits of Warm-Up Exercises.