Jangan Diremehkan, Ketahui Penanganan Tangan Keseleo

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Jangan Diremehkan, Ketahui Penanganan Tangan Keseleo

Halodoc, Jakarta – Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan muncul rasa nyeri pada tangan, salah satunya adalah keseleo. Keseleo alias terkilir merupakan cedera pada ligamen, yaitu jaringan yang menghubungkan dua atau lebih tulang pada sendi. Kondisi ini cukup umum terjadi, tapi tidak boleh dianggap remeh.

Keseleo bisa terjadi karena beberapa hal, tapi paling sering disebabkan aktivitas fisik. Penanganan segera perlu dilakukan, apalagi pada keseleo yang disertai dengan bengkak. Pengobatan yang dilakukan bisa membantu menghindari kondisi semakin buruk, agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Munculnya keseleo sering ditandai dengan gejala, seperti nyeri, pembengkakan, dan memar. Keseleo juga menyebabkan ruang gerak bagian tubuh yang terserang menjadi terbatas, dan mungkin saja menimbulkan bunyi khas di sendi. Meski begitu, gejala keseleo yang terjadi bisa saja berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Hal itu tergantung pada tingkat keparahan dan penyebab keseleo.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Keseleo Bisa Berakibat Fatal

Jika dilihat dari tingkat keparahannya, keseleo dibagi ke dalam tidak kelompok. Antara lain:

  • Keseleo Ringan

Biasanya, kondisi ini terjadi karena aktivitas harian tertentu. Pada keseleo ringan, biasanya muncul gejala nyeri, bengkak, atau robekan kecil pada ligamen. Meski begitu, kondisi ini umumnya tidak berdampak pada kestabilan sendi.

  • Keseleo Sendi

Pada tahap ini, keseleo yang terjadi mungkin akan lebih parah dan menyakitkan. Keseleo ringan menyebabkan ligamen robek sebagian yang disertai dengan nyeri hebat. Kondisi ini juga sering menyebabkan pembengkakan yang cukup parah, sehingga memengaruhi kestabilan sendi.

  • Keseleo Berat

Jika mengalami hal ini, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Keseleo berat adalah kondisi yang sama sekali tidak boleh diremehkan dan harus segera ditangani. Pada keseleo berat, ligamen putus dan sendi menjadi tidak stabil. Kondisi ini juga menyebabkan munculnya nyeri bengkak yang sangat parah. Keseleo berat juga bisa menyebabkan kerusakan jaringan di sekitar bagian yang terserang.

Baca juga: Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Keseleo

Mengatasi Keseleo Tangan dengan Tepat

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan keseleo tangan terjadi. Risiko kondisi ini meningkat pada orang yang sering beraktivitas menggunakan tangan, misalnya menulis, mencuci, atau memasak.

Kondisi ini juga bisa terjadi pada orang yang melakukan gerakan berputar saat berolahraga. Keseleo tangan juga bisa terjadi karena terjatuh atau menerapkan teknik latihan yang salah saat berolahraga.

Ada beberapa cara penanganan yang bisa dilakukan saat keseleo menyerang. Mulai dari perawatan pada area yang mengalami cedera, misalnya dengan mengompres, melindungi, dan mengistirahatkan bagian tubuh yang mengalami cedera.

Selain itu, orang yang mengalami keseleo tangan sebaiknya menghindari aktivitas atau olahraga terlalu berat, terutama jenis olahraga yang banyak melibatkan tangan. Meski begitu, hal ini tergantung pada tingkat keparahan cedera. Pada keseleo ringan, umumnya rasa nyeri dan bengkak akan hilang dalam beberapa hari, dan tangan sudah bisa digunakan lagi.

Konsumsi obat tidak dibutuhkan pada kasus keseleo ringan. Hal ini mungkin baru akan diperlukan jika keseleo menyebabkan rasa nyeri yang sangat mengganggu, tapi bisa diatasi dengan konsumsi obat pereda nyeri. Namun, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat tertentu.

Baca juga: Begini Cara Mengobati Bengkak Akibat Keseleo

Sebelum memutuskan konsumsi obat, kamu bisa bertanya terlebih dahulu ke dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips mengatasi keseleo dari dokter terpercaya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!