• Home
  • /
  • Jangan Ditahan, Ini Cara Tepat Melampiaskan Amarah

Jangan Ditahan, Ini Cara Tepat Melampiaskan Amarah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Jangan Ditahan, Ini Cara Tepat Melampiaskan Amarah

Halodoc, Jakarta – Melampiaskan amarah kerap dianggap sebagai hal yang tidak baik. Hampir tidak ada orang yang mau dicap sebagai “tukang marah-marah”. Namun tahukah kamu, ternyata tidak ada salahnya untuk sesekali melampiaskan amarah, tetapi tentu saja hal ini sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Penting mengetahui cara yang tepat untuk melampiaskan amarah. 

Marah adalah hal yang normal, bahkan bisa menjadi hal yang menyehatkan jika dilakukan dengan cara yang tepat. Melampiaskan rasa marah bisa membuat seseorang merasa lebih lega, serta memotivasi agar lebih cermat dalam melakukan suatu tindakan. Hal ini juga bisa membuat seseorang memiliki kontrol diri yang lebih baik. Marah tidak selalu harus dilakukan dengan berteriak sambil mengeluarkan kata-kata kasar. Biar lebih jelas, simak beberapa tips untuk melampiaskan amarah dengan cara yang tepat di bawah ini! 

Baca juga: Begini Cara Mengontrol Amarah dengan Baik

Cara Sehat Melampiaskan Amarah 

Meluapkan amarah baiknya ditujukan untuk menyampaikan hal yang dirasa kurang tepat serta dilakukan untuk memperbaiki keadaan atau hubungan. Sebaliknya, menahan amarah malah bisa menyebabkan peningkatan hormon stres, yaitu adrenalin dan kortisol. Peningkatan hormon ini bisa memicu gangguan kesehatan, seperti meningkatkan risiko infeksi, penyakit kardiovaskular, serta gangguan mental, misalnya depresi. 

Melampiaskan amarah sembarangan bisa melukai perasaan orang lain, tetapi menahannya justru bisa menyakiti diri sendiri. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara yang baik dalam melampiaskan amarah. Hal ini juga perlu dilakukan untuk menghindari dampak negatif yang muncul setelah meluapkan amarah. Berikut beberapa cara yang baik untuk melampiaskan rasa marah: 

  • Memukul Benda 

Saat sedang merasa sangat marah, banyak orang yang terdorong untuk melampiaskannya melalui sebuah pukulan. Boleh saja, tetapi pastikan kamu memilih sasaran yang aman dan tidak akan berbalik melukai diri sendiri. Selain itu, jangan pernah berpikir untuk memukul orang lain saat sedang merasa marah. Jika kamu sering berolahraga, cobalah untuk bermain tenis, badminton, atau basket saat sedang marah. Kamu bisa menyalurkan amarah dengan melakukan hal yang menyehatkan, yaitu berolahraga. 

Baca juga: Emosi Meledak-Ledak, Tanda Mental yang Tidak Stabil?

  • Tuliskan 

Tak jarang, seseorang merasa kesulitan untuk melampiaskan rasa marah secara langsung, entah karena tidak sanggup atau merasa tidak bisa melakukannya. Jika itu yang terjadi, cobalah untuk menuliskan hal-hal yang dirasa mengganggu pada sebuah kertas, bukan menahannya. Tuliskan semua hal yang sedang dirasakan serta yang sedang mengganggu. Kalau memungkinkan, kamu bisa mengirimkan atau menyampaikan surat tersebut pada orang yang bersangkutan, sehingga masalah bisa diselesaikan dengan baik. 

  • Bicarakan 

Sangat wajar untuk merasa marah dan kecewa, tetapi sebaiknya hal itu tidak dipendam sendirian. Cobalah untuk menerjemahkan perasaan yang tengah dialami, kemudian ceritakan hal tersebut pada seseorang, misalnya pada teman atau orangtua. Namun, pastikan untuk memberi waktu sebelum membicarakan hal yang mengganggu dengan orang yang membuat marah. Sebab, hal ini bisa saja akan memicu kemarahan semakin memuncak yang pada akhirnya menyebabkan masalah menjadi lebih rumit. Setelah merasa tenang, baru bicarakan masalah dan temukan solusi. 

  • Lakukan Hobi 

Jika tidak memiliki teman bicara, kamu bisa melampiaskan amarah dengan melakukan hobi, seperti bernyanyi, menari, atau menggambar. Nyatanya, melakukan aktivitas yang menyenangkan bisa membantu mengembalikan mood dan menghilangkan emosi negatif yang tengah dirasakan. 

Baca juga: Jangan Lakukan Ini Saat Marah

Kamu juga bisa berbicara dengan psikolog jika merasa sangat marah dan hal itu mengganggu. Pakai aplikasi Halodoc agar lebih mudah bicara dengan psikolog melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2019. 7 Creative Ways to Express Hot Anger.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Anger management: 10 tips to tame your temper.
Prevention. Diakses pada 2019. 3 Healthy Ways To Express Anger.