Jangan Ditolak Dulu, Inilah Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Jangan Ditolak Dulu, Inilah Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Jengkol merupakan salah satu makanan yang selalu menjadi polemik, karena bau yang dihasilkannya. Tidak sedikit orang yang sangat menyukai makanan ini, tetapi tidak sedikit pula orang yang tidak menyukainya. Meski begitu, makanan ini dapat diolah menjadi makanan yang lezat, bercita rasa khusus, dan juga menggugah selera seseorang yang menyukainya.

Jengkol (archidendron pauciflorum) adalah sejenis kacang-kacangan yang umumnya tumbuh di daerah Asia Tenggara. Di Myanmar, makanan satu ini biasa diolah dengan cara dipanggang, kemudian dimakan bersamaan dengan ikan dan nasi. Nyatanya, jengkol yang dimasak dengan benar tidak akan menimbulkan bau setelahnya.

Meski Menggoda Selera, Sebaiknya Hindari Jengkol Saat Puasa

Manfaat Jengkol bagi Kesehatan

Walaupun kebanyakan orang tidak menyukai jengkol karena bau yang dihasilkannya, ternyata jengkol memang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat jengkol bagi kesehatan yang akan didapatkan oleh seseorang yang mengonsumsinya adalah:

  1. Mencegah Anemia

Salah satu manfaat jengkol bagi kesehatan adalah mencegah anemia. Jengkol kaya akan zat besi yang berperan penting dalam mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah pada tubuh. Jika tubuh seseorang kekurangan zat besi, produksi sel darah pun akan menurun. Dengan begitu pun, pasokan oksigen dan nutrisi pada tubuh juga akan berkurang. Maka dari itu, mengonsumsi jengkol dapat membantu memulihkan tubuh dari serangan anemia.

Kenali 3 Tanda dan Gejala Keracunan Jengkol

  1. Memperkuat Tulang dan Gigi

Manfaat jengkol bagi kesehatan lainnya adalah dapat memperkuat tulang dan gigi. Selain kandungan zat besi dan protein, jengkol juga kaya akan kandungan kalsium dan fosfor. Zat-zat tersebut adalah yang dibutuhkan tubuh untuk membuat tulang dan gigi menjadi lebih kokoh dan mencegah tulang cepat rapuh. Jadi, seseorang yang kerap mengonsumsi jengkol, tulangnya cenderung lebih kuat.

Ikuti 6 Cara Ini & Selamat Tinggal Bau Mulut

  1. Membasmi Radikal Bebas

Membasmi radikal bebas juga dapat menjadi salah satu manfaat jengkol bagi kesehatan. Jengkol mengandung banyak vitamin, yaitu vitamin A, B1, B2, dan C. Kandungan vitamin A dan C yang ada dalam jengkol berperan sebagai zat antioksidan. Zat tersebut ampuh untuk membasmi radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

  1. Mencegah Diabetes

Salah satu manfaat jengkol bagi kesehatan yang sangat diunggulkan adalah dapat mencegah terjadinya diabetes. Hal tersebut karena kandungan dalam jengkol yang tidak ditemukan pada makanan lain, yaitu zat asam jengkolat. Zat ini dapat membentuk kristal yang tidak larut dalam air. Maka dari itu, jengkol tidak direkomendasikan pada seseorang yang mengidap kelainan ginjal.

  1. Mengatasi Sembelit

Manfaat jengkol bagi kesehatan yang lainnya adalah untuk mengatasi sembelit, terutama bagi wanita hamil. Ibu hamil kerap mengalami sembelit. Masalah tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi jengkol. Kandungan serat pada jengkol dapat mengatasi sembelit yang terjadi pada seseorang. Walau begitu, tetaplah mengonsumsi jengkol dalam takaran yang cukup.

  1. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Selain sembelit, manfaat jengkol bagi kesehatan seseorang yang mengonsumsinya adalah mengontrol kadar gula dalam darah. Maka dari itu, jengkol aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes, karena kandungan gula dalam jengkol mudah diurai. Gula yang dikandung dalam jengkol juga dapat diubah menjadi energi, sehingga dapat meningkatkan stamina bagi yang mengonsumsinya.

Itulah beberapa manfaat jengkol bagi kesehatan. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal manfaat jengkol, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter dapat dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat di aplikasi Halodoc, dan pesananmu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!