• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Keliru, Begini Cara Tepat Pakai Retinol untuk Pemula
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Keliru, Begini Cara Tepat Pakai Retinol untuk Pemula

Jangan Keliru, Begini Cara Tepat Pakai Retinol untuk Pemula

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 Agustus 2022

“Retinol menjadi produk perawatan kulit yang sedang menjadi tren di dunia kecantikan akhir-akhir ini. Namun, pemula harus tahu bagaimana cara memakai retinol dengan tepat agar tidak mengalami iritasi.”

Jangan Keliru, Begini Cara Tepat Pakai Retinol untuk PemulaJangan Keliru, Begini Cara Tepat Pakai Retinol untuk Pemula

Halodoc, Jakarta – Retinol merupakan salah satu bahan aktif yang paling sering digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit. Produk ini diklaim mampu membuat kulit tampak lebih bercahaya,  mengurangi pigmentasi, menyembuhkan jerawat, dan menyamarkan garis halus serta kerutan. 

Meski manfaatnya banyak, memilih serum retinol yang tepat untuk kulit bisa dibilang tidak mudah. Tak hanya itu, mengetahui bagaimana cara memakainya yang benar juga tak kalah sulitnya, terutama untuk pemula. Sebab, salah pemakaian retinol bisa membuat kulit mengalami iritasi. 

Mengenal Retinol dan Manfaatnya

Retinol adalah jenis retinoid, turunan vitamin A yang banyak digunakan untuk antipenuaan pada produk perawatan kulit. Ketika digunakan dalam rutinitas perawatan kulit, retinol memiliki kapasitas untuk meningkatkan pergantian sel dan produksi kolagen.

Kulit yang lebih muda mengalami regenerasi antara 4 sampai 6 minggu. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, waktu regenerasi bisa meningkat hingga 12 minggu. Untungnya, bahan-bahan seperti retinol membantu mempercepat pergantian sel yang melambat, sehingga memungkinkan perkembangan sel yang lebih cepat melalui kulit. 

Selain itu, retinol juga membantu pengelupasan alami lapisan atas yang mati dan mendorong sel-sel sehat baru lebih dekat ke permukaan. Bahan ini akan menjaga kulit dari kering, kusam, berpigmen, atau rentan terhadap jerawat. Tak ketinggalan, retinol juga bekerja aktif untuk membantu produk perawatan kulit lain yang kamu pakai menembus kulit dengan lebih baik.

Cara Memakai Retinol untuk Pemula

Tak hanya kulit kering dan kusam, salah pemakaian retinol juga bisa meningkatkan risiko iritasi pada kulit. Supaya hal tersebut tidak terjadi, ketahui bagaimana cara memakai retinol untuk pemula yang tepat:

  1. Pilih Produk yang Tepat

Produk retinol yang tepat tentu bisa mengurangi efek samping pada kulit akibat pemakaian yang tidak tepat. Produk perawatan kulit yang mengandung retinyl palmitate cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif. Retinyl palmitate sendiri merupakan kombinasi dari asam palmitat dan retinol. 

Sementara itu, kalau kamu memiliki jenis kulit berminyak dan rentan berjerawat, sebaiknya pilih produk retinol yang memiliki kandungan adapalene. Sedangkan bagi pemilik kulit normal bisa menggunakan produk retinol murni atau tidak ditambah dengan senyawa atau campuran lainnya.

  1. Hindari Pemakaian Produk Keras Secara Bersamaan

Ahli kecantikan kulit menganjurkan pemakaian retinol dilakukan pada malam hari. Jadi, sebaiknya kamu tidak memakainya bersama dengan produk yang memiliki sifat asam, misalnya produk untuk mengatasi jerawat. Sebab, hal tersebut akan memicu terjadi iritasi atau sensasi terbakar pada kulit. 

  1. Hindari Pemakaian Berlebihan

Cara memakai retinol untuk pemula berikutnya adalah tidak memakai secara berlebihan. Bahkan, retinol sebenarnya hanya digunakan dengan takaran sebesar biji kacang polong. Selain itu, intensitas pemakaiannya juga ditingkatkan secara perlahan. 

Pemakaiannya bisa dimulai sekali dalam waktu satu minggu. Selanjutnya, tingkatkan hingga dua kali dalam satu minggu dengan durasi selama dua minggu. Tingkatkan lagi hingga menjadi tiga kali dalam satu minggu dengan durasi selama tiga minggu. Baru kamu bisa memakai produk ini setiap hari di waktu malam.

  1. Jangan Lupa Memakai Sunscreen

Pemula wajib tahu kalau retinol justru akan membuat kulit kamu memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi terhadap paparan sinar matahari. Jadi, jangan sampai lupa untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 atau lebih setiap pagi. 

Itu tadi cara memakai retinol untuk pemula yang bisa kamu ikuti. Kalau kamu memiliki masalah kulit akibat penggunaan retinol yang keliru, segera lakukan penanganan. Kamu bisa pakai Halodoc untuk tanya jawab dengan dokter atau cek kebutuhan medis. Segera download aplikasi Halodoc di ponselmu, ya!

Referensi:
Lifestyle Asia. Diakses pada 2022. A beginner’s guide to incorporating Retinol in your skincare routine (plus, the best buys).
CNN Indonesia. Diakses pada 2022. Cara Pakai Retinol untuk Pemula, Sembarangan Bisa Iritasi.