• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Konsumsi Ini saat Sarapan Jika Tidak Ingin Badan Lemas

Jangan Konsumsi Ini saat Sarapan Jika Tidak Ingin Badan Lemas

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Sarapan menjadi salah satu kegiatan penting di pagi hari yang tidak boleh dilewatkan. Namun jika salah mengonsumsi makanan, alih-alih memiliki tambahan energi, kamu justru bisa saja merasa lemas. Jika sudah begitu, saat tiba waktu makan siang, kamu akan kalap menyantap makanan apapun di depan mata. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, berikut ini sejumlah makanan pantangan saat sarapan:

Baca juga: Apakah Makanan Kaleng Aman Dikonsumsi Ibu Hamil?

1. Jus Kemasan Siap Saji

Jus kerap dijadikan sebagai pengganti sarapan. Padahal, minuman yang satu ini sangat tidak disarankan karena tinggi akan gula dan karbohidrat. Nutrisi di dalamnya juga tidak seimbang, serta mengandung protein yang akan membuat kamu menjadi lebih lapar di siang hari.

2. Smoothie Siap Saji

Smoothie siap saji biasanya hanya mengandung sedikit buah dan sayuran asli, serta mengandung tinggi gula. Jika dikonsumsi secara berlebihan, alih-alih sehat, kamu bisa saja mengalami kenaikan berat badan signifikan, lho. 

3. Sereal Rendah Serat

Sereal dengan kandungan serat rendah sangat menjadi makanan pantangan saat sarapan selanjutnya. Makanan jenis ini memiliki kandungan karbohidrat dan gula tinggi yang mampu membuat kadar gula darah dalam tubuh meningkat. 

4. Yoghurt Non-Fat

Yoghurt Non-Fat memiliki porsi yang sangat sedikit, sehingga kamu akan menjadi lebih cepat lapar. Kalori yang direkomendasikan untuk sarapan pagi sebanyak 250–400 kalori, tergantung pada berat tubuh, serta intensitas aktivitas harian.

Baca juga: Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Pengidap Wasir

5. Roti Bakar dan Mentega

Roti bakar dan mentega kerap dipilih sebagai makanan untuk sarapan. Padahal, kudapan tersebut menjadi salah satu makanan pantangan saat sarapan. Makanan ini tidak efektif karena akan membuat kamu merasa cepat lapar akibat asupan yang tidak memenuhi kebutuhan tubuh.

6. Kopi

Kopi menjadi salah satu minuman pengganti sarapan yang sering dikonsumsi. Namun, tahukah kamu jika kopi memiliki kandungan tinggi karbohidrat dan gula? Kafein memang dapat meningkatkan energi, tetapi tidak membuat kamu merasa kenyang.

7. Oatmeal Instan

Banyak oatmeal berbagai rasa yang tidak terbuat dari 100 persen gandum alami. Nah, oatmeal jenis ini mengandung tinggi guna serta rendah serat. Sebaiknya, hindari konsumsi makanan ini saat sarapan, ya.

8. Donat

Kandungan tinggi gula, karbohidrat, dan lemak trans dalam donat sangat tidak disarankan jika dikonsumsi saat sarapan. Namun jika tetap ingin mengonsumsinya, barengi dengan makanan mengandung nutrisi lain, seperti kacang-kacangan, segelas susu, atau telur rebus.

9. Sandwich Cepat Saji

Makanan pantangan saat sarapan yang terakhir adalah sandwich cepat saji. Sandwich jenis ini mengandung natrium, pengawet, dan lemak trans yang tidak sehat bagi tubuh. Jika ingin mengonsumsinya, buatlah sendiri menggunakan roti gandum yang diisi dengan sayuran dan keju.

Baca juga: Buah Tomat Dapat Picu Penyakit Asam Urat, Ini Fakta Medisnya

Itulah beberapa makanan pantangan saat sarapan yang sebaiknya kamu hindari. Jika mengalami sejumlah masalah kesehatan akibat mengonsumsi makanan-makanan tersebut, kamu bisa diskusikan hal tersebut dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Huff Post. Diakses pada 2021. 6 Surprising Foods That Make You Tired.
On Health. Diakses pada 2021. The 14 Most Common Causes of Fatigue.
WebMD. Diakses pada 2021. Slideshow: Causes of Fatigue and Sleepiness and How to Fight Them.