11 February 2019

Jangan Langsung ke RS, Pakai BPJS ke Faskes Terdekat

penggunaan bpjs

Halodoc, Jakarta - BPJS Kesehatan merupakan suatu badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. BPJS sendiri menggunakan sistem rujukan berjenjang. Anggota BPJS wajib terlebih dulu meminta rujukan ke fasilitas kesehatan tingkat I (FASKES I) terdekat, seperti puskesmas, klinik, atau dokter sebelum datang ke rumah sakit. Jadi, penggunaan BPJS enggak bisa langsung datang ke rumah sakit, ya! Melainkan datang terlebih dahulu ke FASKES I terdekat untuk mendapatkan surat rujukan.

Baca juga: Pakai BPJS, Ketahui 5 Hal Ini Lebih Dulu

Fasilitas yang Bisa Kamu Dapat Sebagai Peserta BPJS

Jika kamu telah terdaftar sebagai anggota BPJS, kamu berhak mendapatkan pengobatan di fasilitas kesehatan yang telah bekerjasama dengan BPJS. Beberapa fasilitas yang kamu bisa dapatkan dari penggunaan kartu BPJS, antara lain?

  • Pelayanan pemakaian ambulans untuk anggota yang telah mendapat rujukan.

  • Fasilitas persalinan untuk ibu hamil yang melahirkan.

  • Pelayanan gawat darurat dengan menggunakan fasilitas IGD.

  • Pelayanan kesehatan pertama, yaitu Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) dan Rawat Inap Tingkat Pertama (RITP).

  • Pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan, yaitu Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) dan Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL).

Seperti asuransi konvensional, pengobatan anggota BPJS akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak BPJS. Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, jangan lupa untuk membayar iuran rutin bulanan dengan ketetapan sesuai kelas BPJS yang kamu ambil.

Jangan Langsung Ke RS, Pakai BPJS Ke FASKES Terdekat

Ini merupakan salah satu prosedur yang harus dilakukan oleh anggota BPJS Kesehatan saat ingin melakukan pengobatan. Kamu bisa pergi ke FASKES tingkat I terdekat untuk mendapatkan surat rujukan ke rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS. Prosedur penggunaan BPJS, yaitu:

  • Pergi Ke FASKES Tingkat I Terdekat

Sebagai anggota BPJS Kesehatan, kamu bisa mengajukan klaim jika mengalami sakit. Kamu memang enggak bisa langsung datang ke rumah sakit. Namun, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah berobat ke FASKES tingkat I terdekat. FASKES yang dimaksud adalah puskesmas, klinik, atau dokter.

Anggota BPJS Kesehatan bisa juga langsung datang ke rumah sakit apabila butuh penanganan cepat, peralatan yang lengkap, dan keadaan darurat yang dapat menyebabkan kecacatan atau kematian. Jika kondisi ini terjadi, kamu bisa pergi ke rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Baca juga: 8 Istilah Kesehatan yang Perlu Diketahui Orang Awam

  • Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Di FASKES Tingkat I Terdekat

Pada FASKES tingkat I ini, anggota BPJS Kesehatan akan diperiksa dan diobati. Di sini akan diputuskan, apakah anggota BPJS ini akan dirujuk ke rumah sakit atau tidak. Apabila pihak FASKES I tidak dapat menangani karena keterbatasan alat, maka anggota BPJS Kesehatan akan dirujuk ke rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Jangan lupa juga, ketika datang ke rumah sakit kamu harus membawa surat rujukan yang diberikan dari FASKES tingkat I, ya! Karena tanpa adanya surat rujukan ini, klaim kamu akan ditolak, dan pihak BPJS Kesehatan tidak akan menanggung biaya dari pengobatan kamu.

  • Datang Ke RS yang Telah Dirujuk

Jika telah membawa surat rujukan dari FASKES tingkat I, jangan lupa untuk difotokopi. Selanjutnya, kamu harus membawa surat-surat, seperti kartu keluarga, fotokopi KTP yang masih berlaku, dan kartu BPJS asli dan yang telah difotokopi. Kamu juga tidak boleh datang terlambat, karena jika terlambat kamu diharuskan untuk melakukan pengobatan di hari berikutnya.

Baca juga: Begini Cara Cek Kesehatan Pakai BPJS

Nah, ketika kamu sudah melakukan prosedur-prosedur di atas, kamu bisa berobat dan pengobatan kamu sepenuhnya akan ditanggung oleh pihak BPJS Kesehatan, termasuk biaya obat-obatan.

Jika kamu punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!