Jangan Panik, 6 Hal ini Wajar pada Kehamilan Trimester 1

trimester pertama kehamilan, trimester 1

Halodoc, Jakarta – Mual dan muntah yang disertai dengan terlambat datang bulan merupakan gejala umum kehamilan yang sudah banyak diketahui. Biasanya, tanda ini akan mulai terlihat pada masa-masa awal memasuki kehamilan. Bagi wanita muda yang baru pertama kali hamil, perubahan-perubahan yang terjadi mungkin akan terasa aneh.

Namun jangan panik, nyatanya ada banyak hal yang biasa terjadi pada kehamilan di trimester 1. Nah, untuk itu, sangat penting nih mengetahui hal-hal yang wajar terjadi pada kehamilan trimester pertama. Apa saja?

1. Perdarahan

Siapapun pasti akan merasa panik jika melihat darah keluar dari bagian tubuh, terutama pada wanita yang sedang hamil. Namun jangan khawatir, perdarahan dalam jumlah sedikit pada masa awal kehamilan adalah hal yang sebenarnya wajar terjadi. Perdarahan ini merupakan tanda dari embrio yang menempel di lapisan rahim.

Meski wajar, bukan berarti kamu tidak perlu merasa waspada. Terutama jika perdarahan terjadi secara berulang dan disertai dengan rasa nyeri. Apalagi kalau darah yang keluar berwarna merah muda dan sedikit keputihan atau warna merah terang. Jika mengalami hal ini, segera hubungi dokter untuk menghindari dampak negatif dari kehamilan.

2. Kram

Sangat wajar jika wanita mengalami kram pada masa-masa awal kehamilan. Salah satu penyebabnya adalah penyesuaian yang dilakukan tubuh terhadap perubahan. Rasa kram yang terjadi biasanya terasa tidak berbeda jauh seperti saat menjelang haid.

Kram pada awal kehamilan adalah hal yang wajar terjadi, tetapi tidak boleh disepelekan. Sebab, bisa jadi rasa nyeri yang terjadi merupakan tanda adanya kelainan pada kehamilan yang memicu kontraksi dan rasa sakit.

3. Demam

Pernahkah kamu merasa suhu tubuh lebih tinggi saat bangun di pagi hari? Ternyata hal tersebut biasa terjadi pada masa-masa awal kehamilan. Suhu tubuh saat bangun tidur mengalami sedikit peningkatan adalah hal yang wajar dan sering dijadikan tanda kehamilan. Namun sayangnya, demam pada pagi hari tidak melulu bisa dikaitkan dengan kehamilan. Untuk memastikannya, kamu harus menjalani pemeriksaan.

4. Payudara Terasa Nyeri

Tidak perlu terlalu merasa khawatir jika pada suatu hari ibu menemukan payudara terasa nyeri dan membengkak. Sebab, hal tersebut sangat wajar terjadi pada trimester 1 kehamilan. Rasa nyeri di payudara terjadi karena adanya perubahan hormon di awal kehamilan. Perubahan hormon ini juga bisa menyebabkan payudara terasa lebih lunak, sensitif, hingga sakit yang tak tertahankan.

5. Sering Buang Air Kecil

Salah satu gejala dari kehamilan adalah anyang-anyangan alias sering buang air kecil. Nah, kondisi ini ternyata harus “dinikmati” setidaknya hingga akhir trimester 1 kehamilan. Sangat wajar jika ibu hamil menjadi lebih sering buang air kecil, salah satu penyebabnya mungkin karena asupan air yang lebih. Saat hamil, wanita memang dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi air agar mencegah dehidrasi.

6. Perubahan Mood secara Mendadak

Kehamilan trimester 1 juga bisa membuat seorang wanita sering menghadapi mood swing alias perubahan suasana hati secara mendadak. Lagi-lagi, hal ini berkaitan dengan perubahan hormon yang terjadi di tubuh selama masa awal kehamilan. Seringnya perubahan ini membuat seorang wanita menjadi lebih emosional, bahkan lebih cengeng.

Meski terdengar wajar, ibu tidak boleh menyepelekan perubahan-perubahan yang terjadi pada masa kehamilan. Jika ragu dan butuh saran ahli, pakai aplikasi Halodoc saja. Hubungi dokter dan sampaikan keluhan seputar kehamilan melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips menjaga kehamilan dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: