• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Anjing yang Depresi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Anjing yang Depresi

Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Anjing yang Depresi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 01 Desember 2021
Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Anjing yang Depresi

“Mengatasi anjing depresi ternyata tidak sulit. Namun, hal ini perlu dilakukan dengan cara yang bijaksana untuk menghindari risiko gangguan psikologis berkepanjangan pada anjing peliharaan. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengetahui penyebabnya kemudian menentukan terapi yang tepat.

Halodoc, Jakarta – Mengatasi anjing depresi perlu dilakukan dengan cara yang bijaksana. Tujuannya untuk mendorong kembalinya perilaku ceria dan gemar bermain pada hewan peliharaan ini. Seperti diketahui, anjing merupakan hewan yang secara alami memiliki sifat dan perilaku ceria, aktif, suka bermain, dan beberapa lainnya bahkan senang berburu. 

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan depresi pada anjing. Maka dari itu, hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mencari tahu penyebabnya. Sebab, mengatasi anjing depresi umumnya dilakukan dengan cara tertentu tergantung pada penyebabnya. Biar lebih jelas, simak ulasan selengkapnya di artikel berikut ini! 

Beragam Cara Mengatasi Anjing Depresi 

Dalam mengatasi anjing depresi, penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa penyebab kondisi ini terjadi. Pada dasarnya, ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab anjing mengalami gangguan psikologis, termasuk stres dan depresi. Kondisi ini bisa saja terjadi karena anjing peliharaan merasa kesepian, mengalami trauma, serta memiliki rasa takut tersendiri. 

Pada kondisi yang parah, depresi pada anjing peliharaan bahkan bisa membuat hewan ini kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Ada beragam gejala yang bisa dialami oleh anjing dengan gangguan depresi, seperti sering terlihat ketakutan, menjilat mulutnya secara terus-menerus, sering meringkuk atau menyembunyikan diri di antara lengannya, hingga menunjukkan rasa takut dengan menggonggong. 

Jika depresi pada anjing terjadi karena kesepian, cobalah untuk menenangkan dan mengatasinya dengan lebih banyak menghabiskan waktu bersama. Selain itu, kondisi ini juga bisa saja menjadi tanda ada yang tidak beres dengan kondisi kesehatan tubuhnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan adalah memilih makanan dan asupan vitamin harian yang dibutuhkan. 

Cek produk makanan sehat dan vitamin untuk anjing peliharaan di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk memenuhi kebutuhan sehat hewan peliharaan. Dengan layanan antar, pesanan produk kesehatan akan dikirim segera ke rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Hal yang Harus Diperhatikan 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anjing mengalami stres atau depresi. Ini juga bisa dijadikan sebagai cara untuk mengatasi anjing depresi. 

  1. Kenali Penyebabnya 

Seperti dikatakan sebelumnya, mengatasi anjing depresi bisa dilakukan setelah mengetahui penyebabnya. Sebagai pemilik, kamu bisa mencoba untuk memperhatikan tingkah laku anjing, pola makan, serta pola interaksinya untuk mengetahui hal-hal yang bisa menjadi penyebab. 

  1. Mulai Terapi yang Tepat

Setelah mengetahui apa penyebabnya, kamu bisa memilih atau mencari tahu terapi dan latihan yang bisa diberikan untuk anjing peliharaan. Dengan menerapkan terapi yang tepat, rasa takut dan depresi pada hewan ini mungkin akan lebih berkurang. 

  1. Tingkatkan Rasa Percaya Diri 

Saat anjing peliharaan mengalami depresi, sangat penting untuk membuatnya kembali percaya dengan diri sendiri dan orang sekitar. Hal ini nyatanya bisa membantu anjing peliharaan bangkit dari keterpurukan dan rasa depresi. 

  1. Dorong Agar Mandiri 

Cara mengatasi anjing depresi selanjutnya adalah dengan mendorongnya mandiri. Setelah memberikan latihan, terapi, dan membuatnya kembali percaya diri, selanjutnya biarkan anjing melakukannya sendiri. Faktanya, hewan ini memiliki kecerdasan yang cukup tinggi sehingga bisa dengan mudah mengerti apa yang paling dibutuhkannya sendiri. Selain itu, kemampuan adaptasi anjing dengan latihan yang sebelumnya sudah diberikan juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi anjing depresi. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Batter Sea. Diakses pada 2021. DEALING WITH SEPARATION ANXIETY IN DOGS.
Bound Angels. Diakses pada 2021. Desperate Dogs.