• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi BAB Berdarah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi BAB Berdarah

Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi BAB Berdarah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 31 Agustus 2021
Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi BAB Berdarah

BAB berdarah bisa disebabkan oleh banyak faktor, tetapi paling sering terjadi karena ada perdarahan pada saluran atau sistem pencernaan. Pengobatan untuk kondisi ini bisa berbeda-beda, maka dari itu penting untuk mengetahui apa penyebabnya!

Halodoc, Jakarta – BAB berdarah adalah kondisi yang terjadi ketika keluar darah saat buang air besar (BAB). Hal ini tidak boleh dianggap sepele, karena keluarnya darah bisa menjadi tanda ada masalah serius pada saluran pencernaan. Meski begitu jangan khawatir, BAB berdarah bisa diobati. Pengobatan kondisi ini bisa berbeda-beda yang tergantung pada penyebabnya. 

Munculnya darah saat buang air besar bisa menjadi tanda sedang terjadi pendarahan di saluran pencernaan. Kemungkinan besar perdarahan terjadi pada saluran pencernaan bagian bawah, yaitu usus besar, rektum, dan anus. Pemeriksaan lebih lanjut mungkin dibutuhkan untuk mengetahui penyebab BAB berdarah dan membantu menentukan jenis pengobatan yang bisa dilakukan. 

Baca juga: Waspadai 6 Hal Ini Jika Buang Air Besar Berdarah

Pengobatan untuk BAB Berdarah 

BAB berdarah adalah kondisi yang harus diperiksakan untuk segera mendapatkan penanganan medis. Ada banyak faktor yang bisa memicu kondisi ini, sehingga pengobatan yang diberikan pun akan berbeda-beda pula. Pengobatan yang diberikan tergantung pada kondisi medis atau alasan yang mendasari keluarnya darah saat BAB. 

Secara umum, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi BAB berdarah, di antaranya: 

  •  Konsumsi Obat

Salah satu cara mengatasi kondisi ini adalah mengonsumsi obat-obatan yang disesuaikan dengan kondisi dan penyebab BAB berdarah. Setelah melakukan pemeriksaan dan mendiagnosis, dokter biasanya akan meresepkan beberapa jenis obat untuk mengatasi gangguan saat buang air besar. 

  • Operasi 

Pada kondisi tertentu, penyakit ini mungkin harus ditangani dengan prosedur operasi. Tindakan ini biasanya diambil untuk mengatasi BAB berdarah yang disebabkan oleh polip, kanker usus besar, divertikulitis, atau peradangan pada usus. 

Baca juga: BAB Berdarah saat Hamil, Apa Sebabnya?

  • Gaya Hidup Sehat 

Perubahan gaya hidup juga akan disarankan pada pengidap gangguan buang air besar. Untuk mengatasi kondisi ini, disarankan untuk meningkatkan jumlah konsumsi makanan berserat dan banyak minum air putih. 

Warna Darah Sesuai Penyebabnya

Meski masih harus diperiksakan ke rumah sakit, penyebab BAB berdarah mungkin bisa dikenali melalui gejala dan warna darah yang keluar. Ini karena warna dan penampakan darah yang keluar bisa menunjukkan lokasi terjadinya perdarahan di saluran pencernaan. Berikut ini penjelasannya: 

  1. Merah Terang 

Warna darah merah terang bisa menjadi tanda terjadi pendarahan di usus besar, rektum, atau anus. Ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebabnya, seperti wasir, fistula ani, polip usus, kanker usus, infeksi usus, peradangan pada usus, divertikulitis, hingga penyakit menular seksual. 

  1. Merah Tua 

Warna merah gelap atau maroon bisa menjadi tanda pendarahan di usus besar atau usus kecil. Kondisi ini bisa saja muncul akibat penyakit divertikular, tumor usus, serta radang usus besar. 

  1. Hitam 

Waspadai jika BAB berdarah berwarna hitam dan disertai dengan bau tidak sedap. Hal ini bisa menjadi tanda ada pendarahan atau luka di kerongkongan, lambung, atau usus dua belas jari. Beberapa kondisi yang bisa menyebabkannya adalah kanker kerongkongan atau lambung, radang lambung, atau tukak lambung. 

Baca juga: BAB Bercampur Darah Bisa Jadi Tanda Kolitis Ulseratif

BAB berdarah bisa disertai dengan gejala sakit perut, mual dan muntah, lemah, kesulitan bernapas, diare, hingga penurunan kesadaran. Jika muncul gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit untuk penanganan medis mungkin harus segera diberikan. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk mencari dan menemukan daftar rumah sakit terdekat yang bisa dikunjungi. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
NHS UK. Diakses pada 2021. Bleeding from the Bottom (Rectal Bleeding).
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Rectal Bleeding.
Everyday Health. Diakses pada 2021. The Many Shades of Poop and What They Mean.