Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama saat Anak Demam

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
jangan-panik-ini-pertolongan-pertama-saat-anak-demam-halodoc

Halodoc, Jakarta - Ibu tidak perlu khawatir dan panik saat Si Kecil demam. Demam bukanlah sesuatu penyakit yang berbahaya. Perlu Diketahui, bahwa demam pada anak merupakan pertanda jika Si Kecil tengah melawan infeksi tertentu. Meskipun begitu, demam tetap harus diantisipasi dan ditangani dengan baik. Cara efektif turunkan demam anak bukan pada seberapa banyak demam bisa diturunkan, tapi bagaimana Si Kecil merasa nyaman meski sedang demam.

Saat Si Kecil demam, sebaiknya gunakan termometer untuk mengukur suhu tubuh anak, bukan menggunakan perasaan atau perabaan dari tangan orangtua saja. Anak dikatakan demam apabila suhu tubuhnya berada di atas 37,2 derajat celsus saat diukur di ketiak, lebih dari 37,8 derajat Celsius jika diukur di mulut, dan 38 derajat Celsius jika diukur pada dubur. Pada beberapa kasus, demam pada anak bisa mencapai 40 hingga 41 derajat Celsius. Hal ini bisa dipengaruhi banyak hal, misalnya suhu ruangan yang panas, baju yang terlalu tebal dan lain sebagainya. Namun, pada kasus yang umum anak dikatakan demam tinggi apabila suhu tubuhnya sudah mencapat 37,2 derajat Celsius.

Lakukan Hal Ini Jika Anak Demam

Sangat penting menjaga tubuh anak nyaman saat mereka demam. Kebutuhan cairan anak akan meningkat hingga 1,5 kali dari kebutuhan biasanya. Jika Si Kecil kekurangan cairan, demam akan semakin tinggi. Maka itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat anak demam.

Asupan cairan bermanfaat untuk mencegah munculnya panas yang lebih tinggi dan lebih lama. Hindari memberikan minuman yang mengandung kafein, seperti teh, karena akan menyebabkan cairan justru tertarik keluar melalui urin, sehingga Si Kecil jadi makin kekurangan cairan.

Biarkan Si Kecil beristirahat. Semakin banyak beristirahat, maka semakin cepat pula ia sembuh. Perlu diingat, jangan biarkan Si Kecil tidur dengan mengenakan baju berlapis dan selimut tebal saat demam. Sebab, itu malah menyulitkan kulitnya untuk melakukan pertukaran panas dengan udara.

Lebih Praktis dengan Plester Kompres Demam

Saat anak demam, seringkali terjadi drama di rumah karena mood anak jadi rewel dan mudah tantrum. Apalagi bagi new mom yang lebih mudah panik saat anak demam. Namun, ibu enggak perlu khawatir, kini ada cara praktis untuk melakukan pertolongan pertama saat anak demam. Ibu bisa menggunakan Hansaplast Cooling Fever yang jadir dengan karakter Disney frozen & Marvel Avengers yang disukai anak-anak. Desain yang atraktif ini pun bisa membangkitkan mood Si Kecil sehingga ibu pun lebih mudah mengaplikasikan kompres demam saat anak sedang sakit.

Dengan kesejukan yang bertahan hingga 8 jam, Hansaplast Cooling Fever ini bisa membantu meredakan demam pada anak. Enggak hanya itu, kompres demam ini mengandung relaxing aroma wintergreen oil dan peppermint yang memberikan rasa nyaman pada anak.

Apabila panasnya tidak kunjung turun, ibu dapat mengkomunikasikannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan diagnosis dan saran penanganan yang tepat. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.