Jangan Sampai Salah, 5 Cara Pilih Babysitter yang Tepat

memilih babysitter

Halodoc, Jakarta - Memilih babysitter yang pas dan klop dengan anak terkadang memang gampang-gampang susah. Misalnya, ada yang sudah berpengalaman, tapi karena kurang rapi dan bersih, jadi enggan untuk menggunakan jasanya. Lalu, bagaimana sih cara memilih babysitter yang tepat untuk anak?

 

1. Paham Perkembangan Anak

 

Berpengalaman bukanlah satu-satunya syarat yang harus dipertimbangkan saat memilih babysitter. Agar anak tumbuh sehat, cerdas, dan aman, sebaiknya pilihlah babysitter yang paham mengenai perkembangan anak. Misalnya, minimal dirinya tahu kalau bayi mesti banyak diajak bicara supaya senang dan cepat bisa bicara. Contoh lainnya, babysitter juga seharusnya tahu bagaimana menangani anak yang mulai banyak bertanya, bergerak, atau bahkan anak yang tidak mudah diatur.

Baca juga: Trik Menemukan Bakat Dalam Diri Si Kecil)

2. Bersih dan Rapi

 

Ingat, penampilan tentu mencerminkan kepribadian seseorang. Nah, orangtua bisa menilai kebersihan dan kerapihan babysitter dari penampilannya saat pertama kali bertemu. Misalnya, melihat dari kerapihan pakaiannya, kebersihan tubuh (kuku, rambut, kulit) dan sebagainya. Ini karena babysitter juga mesti bersih dan rapi dalam hal merawat anak. Contohnya, membersihkan Si Kecil ketika mengompol atau pup.

 

3. Teman Bermain Anak

 

Saat memilih babysitter, carilah seseorang yang benar-benar bisa menjadi teman bermain anak. Babysitter sebaiknya merupakan orang yang bisa menjadi teman bermain anak yang menyenangkan. Akan lebih bagus lagi bila dirinya kreatif dan mampu menciptakan permainan-permainan yang menarik bagi Si Kecil.

4. Sehat Fisik dan Mental

Jangan lupa, anak kecil apalagi bayi masih rentan terhadap penyakit. Oleh sebab itu, ketika memilih babysitter pastikan mereka sehat secara fisik. Tujuannya jelas, agar anak-anak terhindar dari berbagai penyakit menular. Kamu bisa kok melakukan cek kesehatan untuk calon babysitter. Pastikan pula dirinya sehat secara mental agar bisa mengasuh Si Kecil tanpa hambatan dan gangguan. Kamu tentu enggak mau kan kalau anak diasuh oleh seseorang yang tidak stabil secara emosional? Misalnya, gampang marah, pemurung, dan lain sebagainya.  

Baca juga: 5 Perbedaan Mengasuh Anak Perempuan dan Laki-laki

 

5. Bisa Mendongeng Menyanyi

 

Pilihlah babysitter yang minimal bisa membacakan cerita untuk anak, sehingga bisa mengisi waktu dan bermain dengan mendongeng. Namun, sebaiknya ibu yang tetap bertanggung jawab untuk memilih tema dongengannya. Tujuannya, agar anak mendapatkan dongengan yang bisa mengedukasi sekaligus membuat dirinya terhibur. Akan lebih baik lagi, bila calon babysitter juga bisa menyanyi meski suaranya tak merdu. Pasalnya, menyanyi merupakan salah satu kegiatan yang banyak digemari anak-anak.

Tips Memilih Asisten Rumah Tangga untuk Anak

Bagi kamu yang telah memiliki anak, seharusnya mesti jeli untuk memilih ART.  Lalu, bagaimana tips untuk memilih asisten rumah tangga untuk anak?

1. Gunakan Jaringan Keluarga

Ibu tentu tahu, untuk mencari ART yang bertanggung jawab enggak gampang. Solusi yang tepat ibu bisa meminta bantuan keluarga atau rekan lainnya. Dengan bantuan mereka, ibu bisa menemukan ART yang terbilang “aman”.

2. Teliti Saat Wawancara

Jangan ragu untuk mewawancarai ART yang akan bekerja. Bukan cuma kerjaan kantoran saja, kok yang bisa menerapkan tahapan wawancara bagi para pelamarnya. Ibu bisa menanyakan pengalaman hingga latar belakang dirinya, Nah, saat pertama kali wawancara, perhatikan pula beban kerja yang sekiranya bisa mereka lakukan. Sebab ART enggak ada ubahnya dengan orangtua, sama-sama manusia yang punya kapasitas dan daya yang terbatas.

Baca juga:  Tips Mengasuh Ana Tanpa Babysitter

3. Melalui Jasa Penyalur

Untuk memakai tips ini, ibu perlu cermat memilih jasa penyalur ART. Pastikan cari jasa penyalur yang sudah dipercaya dan terbukti kapasitasnya. Enggak cuma itu, ART yang berasal dari jasa penyalur, umumnya sudah dibekali beberapa keterampilan khusus yang mungkin bisa dimanfaatkan.

Si Kecil punya keluhan kesehatan? Ibu enggak perlu panik, ibu bisa kok bertanya langsung pada melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, ibu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!