• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Sepelekan Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan Mental

Jangan Sepelekan Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Berbagai faktor dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental pada seseorang. Salah satunya adalah penggunaan narkoba. Penggunaan narkoba, baik jangka pendek maupun jangka panjang nyatanya sama-sama memiliki dampak negatif bagi kesehatan mental.

Baca juga: Kecanduan Narkoba Berdampak pada Fungsi Otak, Benarkah?

Berbagai gangguan kesehatan mental dapat dialami oleh pengguna narkoba. Mulai dari depresi, halusinasi, gangguan cemas, hingga paranoia. Lalu, apa yang menyebabkan narkoba begitu berbahaya bagi kesehatan mental? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel ini!

Bahaya Narkoba bagi Kesehatan Mental

Sebaiknya jangan sesekali mencoba untuk menggunakan narkoba jenis apapun. Narkoba sendiri merupakan singkatan dari narkotika dan obat-obatan. Melansir dari Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia, narkotika adalah zat atau obat yang bersifat alamiah, sintetis, atau semi sintetis yang dapat menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang.

Bukan hanya itu, penggunaan narkoba yang berlebihan dapat menyebabkan seseorang mengalami kecanduan. Tentunya kondisi ini dapat menimbulkan berbagai dampak buruk pada kesehatan. Mulai dari gangguan jantung, sistem pernapasan, gangguan fungsi hati, hingga ginjal. Bahkan, tidak jarang penggunaan narkoba dapat menyebabkan overdosis yang mengakibatkan kematian.

Selain itu, penggunaan narkoba juga dinilai dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental, loh. Gangguan kesehatan mental menjadi efek negatif dari penggunaan narkoba jangka panjang. Hal ini disebabkan kandungan pada narkoba yang dapat memicu gangguan pada otak. Baik dalam sistem saraf maupun fungsi otak

Otak merupakan bagian tubuh yang paling kompleks. Hampir seluruh aktivitas yang kamu lakukan akan dipengaruhi oleh otak. Dengan menggunakan narkoba dalam jangka yang panjang, hal ini akan mengganggu cara neuron mengirim, menerima, maupun memproses sinyal melalui neurotransmitter. 

Penggunaan narkoba, seperti marijuana dan heroin dapat mengaktifkan neuron karena struktur kimianya serupa dengan neurotransmitter. Hal ini dapat menyebabkan otak menerima pesan abnormal melalui jaringan.

Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus, ada beberapa gangguan kesehatan mental yang kerap dialami oleh pengguna narkoba. Mulai dari paranoia, depresi, gangguan kecemasan, gangguan panik, dan juga halusinasi.

Baca juga: Pengaruh Kesehatan Mental pada Gangguan Penyalahgunaan Obat-Obatan

Lakukan Ini untuk Mengatasi Kecanduan Narkoba

Bukan hanya gangguan kesehatan fisik dan mental saja, pengguna narkoba umumnya akan mengalami penurunan kualitas hidup. Mulai dari gangguan akademik, hingga produktivitas di kantor. Seorang pengguna narkoba juga sangat rentan mengalami berbagai penyakit, mulai dari HIV, hingga infeksi menular seksual.

Segera kunjungi rumah sakit terdekat ketika kerabat yang menggunakan narkoba mengalami beberapa gejala. Mulai dari nyeri dada, kesulitan bernapas, hingga kemungkinan overdosis. Penanganan tepat tentunya dapat menghindari seseorang dari gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Untuk menghindari kondisi ini, segera lakukan beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kecanduan narkoba. 

1.Pemeriksaan

Pemeriksaan dilakukan oleh dokter dan terapis untuk mengetahui dampak dari kecanduan yang dialami. Setelah dilakukan pemeriksaan, barulah tim dokter dan terapis melakukan rehabilitasi pada pecandu narkoba.

2.Detoksifikasi

Pada proses detoksifikasi, pecandu narkoba akan dipaksa untuk tidak menggunakan narkotika atau obat-obatan jenis apapun. Kondisi ini akan menyebabkan efek samping. Mulai dari mual, hingga nyeri pada seluruh badan. 

Pada proses ini, pecandu narkoba diharapkan banyak mengonsumsi air putih dan makanan yang bergizi. Lama proses ini akan disesuaikan dengan masing-masing individu.

3.Stabilisasi

Tahapan ini diberikan untuk pemulihan jangka panjang. Selain itu, pemulihan secara mental juga akan dilakukan agar tidak kembali menggunakan narkoba.

4.Pengelolaan Aktivitas

Pada tahap ini biasanya pecandu narkoba sudah bisa lepas dari narkoba dan dapat kembali ke kehidupan normal. Dalam tahap ini, peran keluarga dan kerabat dekat sangat dibutuhkan untuk mendukung kehidupan selanjutnya. 

Baca juga: Inilah 3 Penggolongan Narkotika yang Berbahaya

Bahaya narkoba akan mengancam seseorang seumur hidup. Sangat penting memberikan edukasi bahaya narkoba kepada diri sendiri maupun orang lain mengenai dampaknya.

Referensi:
Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia. Diakses pada 2021. 4 Langkah Cara Mengatasi Kecanduan Narkoba.
Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia. Diakses pada 2021. Pengertian Narkoba dan Bahaya Narkoba bagi Kesehatan.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What Are The Effects of Drug Abuse?
National Institute of Drug Abuse. Diakses pada 2021. Health Consequences of Drug Misuse (Mental Health Effects).