• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Terlambat, Ini Cara Efektif Mencegah Osteoporosis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Terlambat, Ini Cara Efektif Mencegah Osteoporosis

Jangan Terlambat, Ini Cara Efektif Mencegah Osteoporosis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Oktober 2022

“Osteoporosis yang tidak kunjung diobati akan menyebabkan komplikasi seperti patah tulang pinggul atau tulang belakang. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara efektif untuk mencegahnya.”

Jangan Terlambat, Ini Cara Efektif Mencegah OsteoporosisJangan Terlambat, Ini Cara Efektif Mencegah Osteoporosis

Halodoc, Jakarta – Penyakit osteoporosis tak hanya dapat menyerang lansia, tetapi juga bisa menyerang siapa saja. Osteoporosis merupakan kondisi pengeroposan tulang yang disebabkan oleh berkurangnya kepadatan tulang. Meski secara umum banyak dialami lansia, tidak menutup kemungkinan orang dewasa maupun remaja untuk terkena penyakit ini.

Banyak di antara pengidap osteoporosis mengalami kondisi ini karena kelalaian dalam menjaga kesehatan tulang. Padahal, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya. Kondisi pengeroposan tulang yang tidak kunjung diobati akan menyebabkan patahnya tulang pinggul atau tulang belakang.

Beberapa Cara Efektif Mencegah Osteoporosis

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan pengeroposan tulang. Seperti berkurangnya produksi hormon, penyakit genetik, dan gaya hidup yang dapat membahayakan kesehatan tulang, semisal jarang berolahraga, merokok, terlalu banyak minum alkohol, soda, dan kafein. Jadi, osteoporosis sebenarnya dapat dicegah dengan gaya hidup sehat yang rutin. 

Nah, berikut adalah beberapa cara mencegah osteoporosis yang dapat dilakukan:

1. Olahraga Rutin

Olahraga teratur dapat membantu mencegah kondisi pengeroposan tulang. Kepadatan dan kekuatan tulang akan meningkat ketika tubuh semakin banyak bergerak dan dilatih. Oleh karena itu, aktivitas fisik sangat disarankan selama masa kanak-kanak dan remaja sebagai tindakan pencegahan untuk menjaga kekuatan tulang di masa depan. 

Lari, aerobik, dan tenis adalah beberapa latihan beban dan ketahanan terbaik untuk mencegah osteoporosis. Anak-anak yang berusia 6 tahun ke atas juga dapat melakukan berbagai kegiatan atletik, seperti lompat tali, olahraga bola, panjat tebing, bulu tangkis, atau menari.

2. Mengonsumsi Kalsium

Orang dengan usia antara 19-50 tahun, serta wanita yang sedang hamil atau menyusui, harus mengonsumsi 1.000 mg kalsium setiap hari. Disarankan juga wanita yang lebih tua mengonsumsi 1.200 mg kalsium setiap hari. Jadi secara umu, setiap orang dewasa setidaknya harus mengonsumsi dosis 1.000-1.200 mg kalsium per hari. 

Kalsium dapat memperkuat tulang dan gigi sehingga dapat mencegah osteoporosis. Jenis makanan dan minuman yang mengandung tinggi kalsium, seperti almond, susu kedelai, tempe, tahu, ikan, teri, dan brokoli.

3. Vitamin D

Vitamin D dapat membantu tubuh menyerap kalsium yang telah dikonsumsi. Dosis vitamin D harian adalah 600 IU (unit internasional) untuk orang dewasa hingga usia 70 dan 800 IU untuk orang di atas 70 tahun. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D tinggi antara lain:

  • Ikan berlemak, seperti salmon, makarel, dan tuna.
  • Hati sapi, keju, dan kuning telur.
  • Makanan yang diperkaya seperti susu, sereal, dan jus jeruk.

Kulit juga secara alami dapat memproduksi vitamin D saat terkena sinar matahari. Kamu bisa berjemur di sinar matahari pagi antara jam 6-9 pagi. Tapi jangan berlebihan, sebab terlalu banyak berjemur di bawah sinar matahari dapat berpeluang memicu kanker kulit.

4. Kurangi Minuman Alkohol, Kafein, dan Rokok

Tindakan pertama untuk mencegah kondisi pengeroposan tulang adalah dengan mengurangi kebiasaan buruk yang tidak menyehatkan, seperti:

  • Merokok. Perokok rata-rata memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah daripada non-perokok.
  • Minum Alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Sebaiknya, kurangi minuman beralkohol atau tidak sama sekali.
  • Minuman Berkafein. Kafein yang berlebihan dapat memengaruhi jumlah kalsium yang diserap tubuh. Sebaiknya, minum tidak lebih dari dua sampai tiga cangkir per hari.

Itulah pembahasan mengenai cara mencegah osteoporosis. Apabila kamu perlu berkonsultasi ke dokter, kamu bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Better Health. Diakses pada 2022. Osteoporosis.
Web MD. Diakses pada 2022. Osteoporosis Prevention: What You Need to Know.