Jangan Tiru 7 Mitos Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kecelakaan, pertolongan pertama pada kecelakaan

Halodoc, Jakarta - Saat melihat kecelakaan, tentu orang-orang di sekitar harus segera melakukan pertolongan secepatnya, agar cedera tidak semakin parah dan membahayakan nyawa para korban. Namun, apakah kamu tahu bahwa sampai saat ini masih banyak yang salah kaprah dalam melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan? Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan di kemudian hari, berikut ini tujuh kesalahan yang kerap kali dilakukan saat melakukan pertolongan pertama.

Baca juga: Waspada Lumpuh Otak yang Dapat Terjadi Akibat Kecelakaan

1. Mencabut Benda dari Bagian Tubuh yang Terkena Luka

Ketika korban kecelakaan mengalami luka tusukan di sekujur tubuhnya, jangan mencabut benda tersebut, ya. Karena jika hal ini kamu lakukan, luka akan semakin bertambah parah, bahkan dapat menyebabkan pendarahan. Hal ini bisa saja membahayakan nyawa korban.

2. Mengolesi Luka dengan Obat Oles atau Salep

Hal yang satu ini pasti sering dilakukan. Namun, tahukah kamu bahwa luka akan lebih cepat sembuh ketika dibiarkan terbuka dan terkena angin? Jika kamu mengolesi obat oles atau salep, luka menjadi susah kering dan lembap. Cara yang benar, yaitu dengan membersihkan luka dengan air dan sabun. Kemudian, tutup luka dengan perban.

3. Mengucek Mata Saat Kemasukan Benda Asing

Mengucek mata saat kelilipan ternyata hal yang keliru, lho. Jika tanganmu sedang dalam keadaan kotor, justru akan memperparah kondisi mata. Jika mata sedang sakit, lebih baik menutup mata dengan kain kasa. Jika mata sakit karena terkena cipratan bahan kimia berbahaya, segera basuh mata dengan air.

4. Memaksa Memuntahkan Sesuatu Saat Keracunan

Memaksakan muntah ketika keracunan merupakan hal yang justru membahayakan bagi korban. Sebaiknya, biarkan korban memuntahkannya sendiri. Setelah itu, kamu dapat langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

Baca juga: Jangan Hanya Merekam, Begini Panduan Menolong Korban Kecelakaan di Jalan

5. Melakukan Pijatan Saat Terkilir

Melakukan pijatan saat terkilir merupakan hal yang berbahaya. Pasalnya, jika korban ternyata mengidap patah tulang, melakukan pijatan justru akan memperparah kondisi. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah mengikat bagian yang terkilir dengan perban atau kain kasa. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tekanan pada bagian yang terkilir. Setelah penanganan dilakukan, jangan lupa untuk segera menemui dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

6. Membalut Kain Hangat Saat Terkilir

Ketika terkilir, biasanya akan muncul pembengkakan pada bagian tubuh yang terkena. Biasanya, orang-orang akan membalut bagian yang terkena dengan kain hangat dengan rasa sakit. Hal tersebut merupakan hal yang salah. Sebaiknya, kompres bagian yang terkena dengan air dingin atau air hangat untuk mengurangi inflamasi dan rasa nyeri akibat terkilir.

7. Memberi Sandaran Lebih Tinggi Saat Pingsan

Memberikan sandaran lebih tinggi saat seseorang sedang pingsan merupakan cara yang salah. Sebaiknya, kamu memberikan tatakan lebih tinggi pada bagian kaki. Selain itu, kamu dapat memberikannya minum untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Bantalan yang lebih tinggi pada area kepala akan memperparah kondisi, bahkan dapat membuat kejang. Jangan lupa untuk membuka kancing baju dan celana untuk membuatnya lebih mudah bernapas.

Baca juga: Cedera Kepala karena Kecelakaan, Haruskah Gunakan MRI?

Ketika terjadi kecelakaan, upayakan untuk tidak panik dan tetap bersikap tenang agar dapat membantu memberikan pertolongan pertama pada korban dengan cepat dan tepat. Lakukan langkah pertolongan pertama dengan maksimal untuk memperkecil risiko terjadinya komplikasi. Jika pertolongan pertama yang kamu lakukan tidak berhasil dan menyebabkan kondisi korban semakin parah, jangan lupa untuk segera memanggil tim medis terdekat.

Referensi:
Very Well Health Diakses pada 2019. 10 Basic First Aid Procedures.
WebMD. Diakses pada 2019. First Aid Tips.