• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Agustus 2022

“Bawang hitam dibuat dari hasil proses fermentasi bawang putih. Jenis bawang ini punya banyak manfaat, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga meningkatkan fungsi otak.”

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Black Garlic untuk KesehatanJarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Bawang hitam atau black garlic sebenarnya merupakan hasil fermentasi dari bawang putih segar yang masih mentah. Setelahnya, bawang akan disimpan pada suhu antara 60 sampai 77 derajat Celsius selama sekitar 30 hingga 90 hari. 

Selama berada pada fase fermentasi, bawang putih akan mengalami perubahan warna menjadi hitam. Tak hanya itu, teksturnya juga lebih kenyal dan lembut, serta rasanya sedikit asam. Masyarakat kerap mengatakan bahwa rasa dari bawang hitam ini mirip dengan permen asam jawa. 

Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan

Bawang hitam diyakini memiliki segudang manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh berkat nutrisi yang dimilikinya. Beberapa manfaat black garlic tersebut di antaranya:

  1. Menunjang Kesehatan Jantung

Bawang hitam memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan yang didapat dari senyawa bioaktif di dalamnya. Kedua sifat ini sangat baik untuk menunjang kesehatan jantung, dengan cara memberikan perlindungan terhadap sel yang berada pada sistem kardiovaskular. 

Selain itu, senyawa tersebut juga berperan sebagai penghambat pembentukan protein dan enzim yang menjadi penyebab peradangan. Tak berbeda dengan bawang putih, black garlic juga membantu menurunkan trigliserida dan kolesterol dalam darah. 

Studi dalam Frontiers in Physiology turut menyebutkan bahwa bawang hitam dapat membantu mengoptimalkan peredaran darah, sekaligus menurunkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan kardiovaskular.

  1. Mencegah Komplikasi Diabetes

Studi lain dalam Molecules menuliskan, bahwa ekstrak black garlic dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, disebutkan pula bahwa makanan sehat ini juga menurunkan trigliserida dan kolesterol. Ini diyakini karena kandungan antioksidan dan senyawa  SAC pada bawang hitam yang terbilang tinggi. 

Kandungan antioksidan pada makanan telah lama dikaitkan dengan penurunan risiko yang berhubungan dengan diabetes, sekaligus mencegah munculnya komplikasi karena masalah kesehatan tersebut. 

  1. Baik untuk Pengidap Asam Lambung

Pengidap asam lambung mungkin dianjurkan untuk tidak mengonsumsi bawang putih mentah. Sebaliknya, bawang hitam justru aman dikonsumsi pada seseorang dengan gangguan asam lambung. Senyawa SAC yang terdapat dalam bawang ini bersifat larut dalam air dan mudah diserap, sehingga membantu proses penyerapan allicin dengan lebih mudah. 

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat black garlic berikutnya adalah membantu mencegah sekaligus sebagai obat alternatif untuk penyakit kanker. Senyawa bioaktif dalam bawang ini bekerja dengan membunuh sel kanker. Senyawa tersebut juga dapat menghambat bertumbuhnya sekaligus menyebarnya sel tumor, menghentikan alur tumbuhnya sel, dan memicu pembentukan protein tertentu untuk membasmi sel kanker.  Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal tersebut. 

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Tak banyak yang tahu kalau bawang hitam juga baik untuk kesehatan otak. Ini berkat kandungan antioksidan yang mencegah peradangan, sebagai dampak dari zat tambahan pada makanan maupun senyawa lain yang memiliki sifat merusak.

Efek ini diyakini memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan kognitif, termasuk memori. Selain itu, otak juga terlindung dari risiko berbagai penyakit serius, seperti penyakit Parkinson, demensia, dan Alzheimer.

Supaya kamu mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, tentunya perlu diimbangi dengan pola hidup dan pola makan sehat. Selain itu, kamu juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Manfaatkan Layanan Janji Medis yang ada di aplikasi Halodoc. Pastikan kamu sudah download aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:
Victoria Health. Diakses pada 2022. The Health Benefits of Black Garlic.
Frontiers in Physiology. Diakses pada 2022. Black Garlic Improves Heart Function in Patients With Coronary Heart Disease by Improving Circulating Antioxidant Levels.
Molecules. Diakses pada 2022. Physicochemical Properties, Biological Activity, Health Benefits, and General Limitations of Aged Black Garlic: A Review.
Medicinal Plants. Diakses pada 2022. Black Garlic and Its Therapeutic Benefits.