• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini 6 Fakta Seputar Vertigo

Jarang Diketahui, Ini 6 Fakta Seputar Vertigo

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Jarang Diketahui, Ini 6 Fakta Seputar Vertigo

Halodoc, Jakarta - Ada banyak jenis sakit kepala yang bisa menyerang seseorang. Namun, mungkin vertigo adalah salah satu yang paling membuat tidak nyaman, bahkan mengganggu aktivitas. Bukan tanpa alasan, sakit kepala ini akan membuat sekeliling terasa seperti berputar. Jika tidak bisa menahannya, pengidap akan kehilangan keseimbangan, terjatuh, bahkan pingsan.

Tingkat keparahan vertigo bisa berbeda pada setiap orang. Namun, sudah pasti, vertigo bisa terjadi sesaat, tetapi juga bisa berlangsung cukup lama. Nah, berikut ini fakta-fakta seputar vertigo yang jarang diketahui orang banyak:

1. Vertigo Bukanlah Penyakit, Melainkan Kumpulan Gejala

Tidak hanya membuat seseorang hilang keseimbangan hingga rentan terjatuh, vertigo juga membuat kamu merasa mual dan ingin muntah. Namun, ternyata vertigo sendiri bukanlah jenis penyakit, melainkan mengacu pada sekumpulan gejala.

Baca juga: Ketahui 2 Perbedaan Sakit Kepala Biasa dan Vertigo

2. Beragam Penyebab Vertigo

Vertigo biasanya terjadi karena adanya gangguan pada telinga bagian dalam yang bertugas sebagai pengatur keseimbangan tubuh. Tidak hanya itu, vertigo juga bisa muncul karena adanya gangguan pada bagian otak tertentu maupun gerakan tubuh.

3. Memiliki Dua Jenis

Vertigo terbagi menjadi dua jenis, yaitu vertigo peripheral dan central. Vertigo peripheral adalah jenis vertigo yang dialami oleh sekitar 60 persen orang yang memiliki masalah di bagian dalam telinga. Sedangkan vertigo central, disebabkan oleh masalah pada otak, Biasanya, bagian otak yang terganggu adalah batang otak atau otak kecil, yaitu bagian otak yang mengontrol keseimbangan.

4. Gejala Vertigo yang Sering Muncul

Gejala vertigo bisa berbeda pula pada setiap orang. Namun, beberapa gejala yang sering muncul, contohnya telinga berdenging, sakit kepala yang terasa seperti berputar, mual dan muntah, dan kehilangan keseimbangan.

Baca juga: Penyakit Vertigo Kambuh, Harus Apa?

5. Bisa Dicegah

Setidaknya, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah munculnya gejala vertigo. Ini termasuk menghindari gerakan secara tiba-tiba agar tidak terjatuh, segera duduk jika vertigo menyerang, atau menghindari gerakan kepala mendongak, berjongkok, atau membungkukkan tubuh secara tiba-tiba.

Tak hanya itu, cara mencegah vertigo juga bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa bantal, agar posisi kepala saat tidur menjadi lebih tinggi dan mengenali dengan baik apa saja pemicu vertigo. 

6. Memiliki Pantangan

Sebenarnya, pembatasan jenis makanan hanya berlaku untuk vertigo yang disebabkan oleh penyakit-penyakit tertentu. Misalnya, vertigo yang disebabkan oleh penyakit Meniere (gangguan pada telinga bagian dalam) dan vertigo yang berkaitan dengan migrain.

Nah, pengidap kedua jenis vertigo ini dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan gula dan garam yang tinggi. Tak hanya itu, mereka juga disarankan untuk menghindari asupan kafein berlebih, membatasi konsumsi alkohol, dan menghindari rokok.

Baca juga: Vertigo Parah Bisa Ganggu Pendengaran, Benarkah?

Meski begitu, kamu tetap perlu memeriksakan diri ke dokter apabila gejala vertigo tak kunjung menghilang. Agar lebih mudah, download dan gunakan aplikasi Halodoc. Tanpa harus keluar rumah, kamu bisa tanya jawab dengan dokter seputar penanganan vertigo. Jika harus membeli suplemen atau obat yang diresepkan oleh dokter, kamu tidak perlu keluar rumah karena bisa lewat aplikasi Halodoc.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Vertigo.
Patient. Diakses pada 2021. Vertigo.