• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Menanam Pohon untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Menanam Pohon untuk Kesehatan

Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Menanam Pohon untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 November 2022

“Ada banyak sekali manfaat dari menanam pohon bagi kesehatan manusia. Beberapa contohnya mendapatkan udara yang lebih bersih, serta menahan suhu panas berlebih.”

Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Menanam Pohon untuk KesehatanJarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Menanam Pohon untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Pohon adalah makhluk hidup yang memungkinkan terjadinya perputaran udara yang ada di area sekitarnya. Daerah yang kekurangan pohon bisa jadi lebih rentan mengalami polusi udara dan lingkungan lainnya.

Berbagai Manfaat Menanam Pohon yang Bisa Dirasakan

1. Membersihkan Udara

Salah satu manfaat dari menanam pohon adalah mampu membersihkan udara. Sebab, pohon dapat menghilangkan jenis polusi udara yang berbahaya bagi paru-paru, yaitu partikel. Ini akibat dari pembakaran bahan bakar fosil, jumlahnya tinggi di kota-kota besar.

Daun dari suatu pohon dapat menyaring polusi berbahaya ini, terutama area yang berdekatan dengan tempat pohon ditanam. Semakin banyak pohon yang ditanam, risiko untuk mengalami penyakit asma dapat mengalami penurunan.

2. Mengurangi Efek Pemanasan Global

Dunia ini semakin panas, merupakan salah satu ancaman terbesar bagi manusia. Kombinasi gas buang kendaraan dengan gelombang panas dapat menimbulkan lonjakan suhu yang berbahaya.

Penanaman pohon pada perkotaan yang terencana dengan baik dapat membantu dalam mengurangi tekanan panas di perkotaan. Bahkan, penurunan suhu pada suatu daerah yang banyak ditanam pohon bisa mencapai 2°C atau bahkan lebih.

3. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Beberapa sumber menyebutkan jika seseorang yang tinggal di area yang banyak pepohonan memiliki kardiovaskular lebih sehat, dibandingkan dengan yang tinggal di area kurang hijau. Hal ini disebabkan pepohonan yang dapat menghilangkan stres, sehingga mendorong seseorang melakukan aktivitas fisik lebih teratur.

4. Meningkatkan Sistem Imunitas

Pohon juga dapat melepaskan zat bermanfaat bagi tubuh, yaitu phytoncides. Bahan kimia ini dilepaskan oleh pepohonan dan tumbuhan, sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik, terutama pada sel pembunuh alami.

5. Menyediakan Sumber Makanan Bergizi

Banyak menanam pohon juga dapat meningkatkan ketahanan pangan, sebab dapat menjadi sumber makanan bergizi yang mudah diakses. Kebun buah di perkotaan yang memang terencana dengan baik dapat menjadi cara efisien untuk memenuhi makanan yang kaya nutrisi secara terjangkau.

6. Mengurangi Tingkat Stres

Saat berada di lingkungan yang asri dan penuh dengan pepohonan, tingkat stres dapat mengalami penurunan. Hal ini terjadi saat sistem saraf parasimpatis secara bertahan mengambil kendali, lalu menurunkan tekanan darah, denyut nadi, serta tingkat kortisol. Sehingga, suasana hati menjadi lebih baik.

Efek positifnya adalah dapat menurunkan tingkat stres, depresi, kecemasan, hingga kabut mental. Maka dari itu, saat berada di lingkungan yang penuh dengan pohon, seseorang kerap merasa bahagia, lebih rileks, dan sehat secara mental juga fisik.

Nah, itulah berbagai manfaat dari menanam pohon yang bisa dirasakan untuk kesehatan. Maka dari itu, cobalah untuk menanamkan berbagai macam tumbuhan dan pepohonan di area rumah, sehingga lebih terasa rindang dan mendapatkan manfaat yang telah disebutkan.

Apabila masih ingin tahu lebih jauh tentang manfaat dari menanam pohon bagi kesehatan, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi dengan ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan terkait akses kesehatan bisa didapatkan kapan dan dimana saja. Makanya, unduh aplikasinya sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
One Tree Planted. Diakses pada 2022. 18 Health Benefits of Trees and Forests.
The Nature Conservancy. Diakses pada 2022. 6 Ways Trees Benefit All of Us.