• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan Tubuh

Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 13 September 2022

“Olahraga bowling ternyata dapat memberikan manfaat menyehatkan bagi tubuh. Salah satu yang bisa dirasakan adalah otot lebih kuat dan kencang, terutama jika melakukannya secara rutin.”

Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan TubuhJarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Bowling adalah salah satu olahraga yang kurang diminati di Indonesia, tetapi terkenal di Amerika Serikat. Olahraga ini menggunakan bola khusus yang digelindingkan untuk menjatuhkan pin yang disediakan.

Meski terlihat sangat sederhana, olahraga ini ternyata dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, manfaatnya bukan hanya pada fisik, tetapi juga untuk mental seseorang. Maka dari itu, olahraga ini dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Manfaat Olahraga Bowling untuk Kesehatan

1. Mengencangkan dan Memperkuat Otot

Bowling dapat membantu dalam melatih otot tubuh bagian bawah. Hal ini karena banyak berjalan menanggung beban bola dari olahraga ini di tangan.

Lalu, saat lengan mengayun untuk melempar bola, peregangan dan pelenturan yang terjadi dapat melatih tendon, ligamen, otot, hingga sendi di area tangan tersebut.

2. Penurunan Berat Badan

Olahraga ini juga dapat membantu dalam penurunan berat badan karena mempercepat metabolisme tubuh. Gerakan konstan dari aktivitas ini dapat membantu dalam membakar lemak berlebih.

Tergantung pada berat badan dan seberapa aktif orang yang melakukannya, bowling dapat membakar 170-300 kalori per permainan. Selain itu, seluruh tubuh bagian atas juga terlatih saat mengangkat dan mengayunkan bola bowling ke bawah.

3. Kesehatan Mental Lebih Baik

Saat rutin bermain bowling, kamu bisa bertemu dengan orang banyak dan memiliki koneksi baru. Cara ini tentu dapat mengurangi rasa kesepian, menurunkan perasaan stres hingga depresi. Hal ini dapat membuat seseorang memiliki umur yang lebih panjang.

4. Mengurangi Risiko Penyakit

Bowling termasuk olahraga yang membuat pelakunya banyak bergerak. Hal ini sangat baik dalam menurunkan risiko dari berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan lainnya.

Selain itu, olahraga ini juga dapat memberikan beberapa manfaat, seperti meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, hingga membuat tubuh mengolah oksigen dengan baik. Maka dari itu, cobalah olahraga ini sesekali jika penasaran.

5. Koordinasi Tangan dan Mata

Saat melempar bola bowling, koordinasi tangan dan mata sangat dibutuhkan agar semua pin bisa jatuh. Kebiasaan ini dapat merangsang tingkat kewaspadaan, konsentrasi, dan strategi taktis. 

Maka dari itu, olahraga ini menjadi pilihan sempurna, terutama bagi seseorang yang ingin mengasah keterampilan motorik dan koordinasi tangan-mata.

6. Jantung yang Lebih Sehat

Bowling dapat membantu kinerja otot jantung yang lebih baik. Selain itu, adrenalin yang dirasakan saat bertanding juga dapat meningkatkan detak jantung. Maka dari itu, bowling sangat baik dalam menjaga jantung agar tetap sehat.

Itulah beberapa manfaat kesehatan dari olahraga bowling yang bisa didapatkan, terutama saat dilakukan secara rutin. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencoba olahraga ini, terutama jika di dekat rumah ada tempat untuk melakukannya.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait manfaat dari bermain bowling, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan, lho. Dengan download aplikasi Halodoc, kemudahan untuk berinteraksi dengan ahli medis bisa dilakukan kapan dan dimana saja sesuai keinginan. Makanya, gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Health Fitness Revolution. Diakses pada 2022. Top 10 Health Benefits of Bowling.
Bowl Canada. Diakses pada 2022. Health Benefits of Bowling.
Capital Bowl. Diakses pada 2022. Health Benefits of Bowling.