• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Minuman Herbal Bagi Kesehatan

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Minuman Herbal Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Minuman Herbal Bagi Kesehatan

“Selain menghangatkan tubuh, kombinasi antara jahe dan serai pada minuman herbal seperti wedang serai dapat memberikan beragam manfaat kesehatan. Salah satu manfaat yang bisa diperoleh adalah mencegah berbagai penyakit berbahaya karena kandungan antioksidan keduanya. Misalnya seperti penyakit jantung, hingga penyakit saraf seperti alzheimer.”

Halodoc, Jakarta – Indonesia terkenal kaya akan rempah dan tanaman obatnya. Misalnya seperti jahe, sereh, kunyit, kayu manis, dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut kerap diolah menjadi minuman herbal yang kaya akan manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu minuman herbal yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia adalah teh atau wedang jahe yang dicampur serai.

Selain rasanya yang lezat, perlu diketahui bahwa campuran bahan dari minuman herbal tersebut memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Penasaran apa saja? Simak infonya di sini!

Baca juga: Dikenal Sebagai Jamu, Ini 4 Manfaat Temulawak bagi Kesehatan

Manfaat Kesehatan yang Dapat Diperoleh

Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe dan serai yang terkandung pada minuman herbal seperti wedang jahe dapat memberikan berbagai manfaat, antara lain:

 1. Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya

Jahe dan serai merupakan rempah yang kaya akan senyawa antioksidan. Antioksidan sendiri adalah senyawa yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang berlebihan, pada tubuh. Pasalnya, radikal bebas dapat memicu terjadinya berbagai penyakit berbahaya. Misalnya seperti penyakit jantung, kanker, atau penyakit saraf seperti alzheimer dan parkinson.

2. Meredakan Rasa Mual

Jahe sudah lama digunakan sebagai obat untuk mengatasi mual, melalui senyawa antibakteri yang dimiliki jahe. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi minuman herbal seperti wedang jahe serai saat merasa mual dan ingin muntah.

3. Menurunkan Berat Badan  

Kandungan serai yang terdapat pada minuman herbal dipercaya dapat membantu tingkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan. Meski begitu, sebagian besar penelitian tentang serai dan penurunan berat badan masih bersifat anekdot, bukan ilmiah. Sebab, serai adalah bahan herbal alami yang bersifat diuretik. Maka dari itu, penelitian akan khasiat serai yang dapat menurunkan berat badan masih diperlukan.

Baca juga: Berbagai Manfaat Sawi untuk Kesehatan

4. Meredakan Nyeri Sendi

Jahe pada minuman herbal seperti wedang jahe dapat membantu meredakan osteoarthritis atau nyeri sendi. Pasalnya, jahe dapat menjadi obat anti inflamasi secara alami, melalui senyawa yang terkandung di dalamnya. Selain itu, jahe juga tak dapat dijadikan sebagai obat dalam bentuk minuman, tetapi juga minyak untuk memijat kekakuan pada sendi yang terasa nyeri.

5. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Dilansir dari Healthline, dalam sebuah studi tahun 2015 terdapat 41 peserta yang mengidap diabetes tipe 2. Setiap orangnya mengonsumsi jahe sebanyak dua gram per hari. Hasilnya, setiap peserta memiliki penurunan kadar gula darah pada tubuhnya.

Alhasil, kandungan jahe pada minuman herbal dapat dijadikan sebagai obat alami diabetes, karena dapat menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, jahe juga dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko komplikasi tambahan akibat diabetes, seperti hipertensi atau penyakit jantung.

6. Meredakan Rasa Nyeri Saat Haid

Jahe dapat meredakan rasa nyeri yang muncul ketika mengalami haid. Sebab, jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat berguna untuk meredakan nyeri pada tubuh. Selain itu, serai juga mengandung zat anti inflamasi, sehingga perpaduan keduanya pada minuman herbal dapat menjadi pereda nyeri yang baik saat haid.

 7. Menyehatkan Pencernaan 

Melansir dari Healthline, secangkir rebusan serai adalah obat alternatif yang bermanfaat untuk mengatasi sakit perut, kram perut, hingga masalah pencernaan lainnya. Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan oleh National Institutes of Health menunjukan bahwa serai juga efektif dalam mengatasi tukak lambung.

Selain itu, jahe juga dipercaya dapat mengatasi dan mencegah terjadinya masalah pencernaan. Pasalnya, ekstrak minyak yang berasal dari jahe dapat mengatasi masalah pencernaan karena kandungan antibakterinya. 

Seperti yang telah diketahui, gangguan pada pencernaan umumnya terjadi akibat bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh. Nah, dengan adanya sifat antibakteri tersebut, maka jahe dapat melawan segala bakteri jahat yang dapat membuat pencernaan terganggu.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari minuman herbal seperti wedang jahe serai. Meski begitu, perlu diketahui bahwa tidak semua orang dapat mengonsumsi bahan-bahan herbal tertentu. Oleh sebab itu, memeriksakan kondisi sebelum mengonsumsi minuman herbal, penting dilakukan.

Baca juga: Rutin Mengonsumsi Jahe? Ini 8 Manfaat yang Bisa Didapat

Selain mengonsumsi minuman herbal, menjaga kesehatan tentu dapat dilakukan dengan beberapa cara lain. Salah satunya adalah memenuhi asupan nutrisi penting yang diperlukan pada tubuh. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat membeli vitamin atau suplemen sesuai kebutuhan. Tanpa perlu mengantri atau menunggu berlama-lama di Apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2021. 11 Proven Health Benefits of Ginger
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Reasons to Drink Lemongrass Tea
NCBI. Diakses pada 2021. Investigation of the Mechanisms Underlying the Gastroprotective Effect of Cymbopogon Citratus Essential Oil